Riot Cabut Keputusan Soal The Guard di Ascension Setelah Tuai Reaksi Keras Komunitas  

by Febry "f0rsak3n" Susan

Riot Games mengumumkan telah menarik kembali keputusannya untuk tidak memberikan kesempatan kepada para pemain The Guard untuk menemukan organisasi baru untuk diwakili di VCT Amerika.

Riot mengumumkan pada tanggal 29 Agustus bahwa VCT Americas akan tetap menjadi liga sepuluh tim pada tahun 2024 setelah The Guard, pemenang turnamen Ascension di wilayah tersebut, “gagal memenuhi tenggat waktu untuk menyetujui Perjanjian Partisipasi Tim.”

valorat the guard 416ba

Leo Faria, Head of Valorant Esports, menjelaskan bahwa membiarkan pemain mencari organisasi lain akan menjadi preseden di mana slot VCT dapat dijual – sesuatu yang ingin dihindari oleh Riot. Pada saat yang sama, pengembang menolak kemungkinan untuk mempromosikan runner-up Ascension M80, dengan menyatakan bahwa “promosi diperoleh dalam game, bukan dari game tersebut.” 

BACA JUGA: Urutan Senjata Valorant Terbaik Yang Sering Digunakan oleh Pro

Sikap Riot mendapat kritik keras dari komunitas dan Asosiasi Pemain Valorant Amerika. Sebuah petisi online dengan cepat mengumpulkan lebih dari 10.000 tanda tangan untuk menuntut agar para pemain The Guard diizinkan untuk menemukan organisasi baru dan bersaing di liga yang telah mereka ikuti dengan susah payah.

Faria menanggapi reaksi tersebut dengan menyatakan bahwa Riot berusaha menemukan “hasil positif bagi para pemain”. Dan kini, sebuah terobosan besar telah tercapai.

Riot membuat keputusan langsung The Guard U-Turn  
Dalam pernyataan yang diposting di X/Twitter, Riot mengumumkan bahwa para pemain The Guard dibebaskan dari kontraknya pada Jumat, 1 September.

Para pemain sekarang dapat mendengarkan proposal individu atau mencoba mencari rumah baru untuk tim, dengan Riot menawarkan mereka kesempatan untuk “menghadirkan organisasi kandidat yang cocok untuk slot Ascend”. 

Di X/Twitter, Faria mengakui bahwa Riot melakukan “kesalahan” dengan keputusan awalnya. “Saya senang kami memiliki kesempatan untuk memperbaiki kesalahan ini dan membiarkan para pemain bermain,” katanya.

Michael ‘neT’ Bernet, salah satu pemain The Guard, berterima kasih kepada komunitas Valorant atas “dukungan luar biasa” yang ditunjukkannya kepada tim. “Ini tidak akan mungkin terjadi tanpa kalian dan saya akan selamanya berterima kasih,” tulisnya. “Dari lubuk hatiku, terima kasih banyak.”

Rekan setimnya Jonah 'JonahP' Pulice menulis bahwa dia sekarang “akhirnya bisa bernapas lagi.” “Jumlah stres dan kecemasan yang terangkat dari pundak saya/kami sungguh luar biasa,” katanya.

Masih belum jelas apakah tim perlu mempertahankan seluruh susunan pemain atau hanya sebagian besar pemain agar memenuhi syarat untuk mendapat tempat. Menurut reporter Win.gg George Geddes, tim akan melakukan perubahan sebelum pengumuman pada 29 Agustus.

 

banner valorant 636d3

Ikuti terus berita terbaru seputar Valorant dan skena esports lainnya di Ligagame Esports! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Riot Games Luncurkan Merch Kolaborasi VALORANT x UNDEFEATED, Wuih Ada Topi Koleksi Nih!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!