Valve Konfirmasi Steam Deck 2, Bocoran dan Rumor Spesifikasi: Bakal Upgrade GPU!

Steam Deck 2 dari Valve mungkin sedang dalam pengerjaan, dan spesifikasi yang dikabarkan mengungkapkan bahwa perangkat tersebut mungkin memiliki layar OLED serta peningkatan GPU besar-besaran. Rumor terbaru tidak menyebutkan kapasitas RAM, namun hal ini memberi beberapa indikasi kecepatan transfer, dengan Steam Deck 2 diduga menggunakan RAM LPDDR5X yang berjalan pada 8533 MT/s. 

Steam Deck menjadi kesuksesan terbesar Valve di segemen hardware, dan penerusnya mungkin sedang dalam pengerjaan. Steam Deck 2 dianggap masih jauh. Namun, salah satu pengguna di forum Chiphell (melalui NoteBookCheck) mengaku mengetahui apa yang mendukung perangkat genggam Valve generasi berikutnya.

Dengan semua rumor tersebut, anggap saja rumor tersebut tidak terlalu penting, karena meskipun rumor spesifikasi ini penting, segalanya masih bisa berubah, dan perangkat kerasnya mungkin belum selesai. Postingan aslinya bahkan menyebutnya sebagai gosip. Tapi, ini pertama kalinya kami mendengar tentang perangkat genggam.

Steam Deck Portal in hand scaled 92d7a

Rumornya mengklaim bahwa APU tersebut akan didasarkan pada prosesor AMD Zen 4 Hawk Point, dan akan menggunakan GPU 16CU. Ini akan menjadi dua kali lipat dari delapan unit komputasi Steam Deck saat ini, yang dapat menawarkan peningkatan daya yang signifikan untuk perangkat genggam. Saat ini tidak ada indikasi ukuran penyimpanan untuk perangkat genggam generasi berikutnya yang disebutkan dalam rumor tersebut. Mungkin arsitektur RDNA 4 AMD yang memberi daya pada chip tersebut, seperti bagaimana Steam Deck mendapat akses sedikit lebih awal ke RDNA 2 ketika debutnya.

Hal ini membuat Steam Deck memiliki keunggulan dibandingkan pesaing seperti Ayaneo, karena tidak ada solusi siap pakai yang dapat bersaing dengan chip khusus Valve.


Steam Deck 2 siap untuk mendapatkan peningkatan resolusi besar, hingga 900p. Mengingat rumor hanya menyatakan 900p, kami berasumsi perangkat genggam ini akan mempertahankan rasio aspek 16:10 dan menjadi 1440 x 900. Anda juga dapat mengharapkan layar OLED, serta kecepatan refresh 90Hz yang menarik. Valve mungkin hanya menguji air dengan Deck OLED saat ini untuk menemukan cara mengoptimalkan sistem untuk Steam Deck 2 yang tak terelakkan.

Kapan Steam Deck 2 bisa dirilis?
Mengingat Steam Deck OLED baru saja dirilis, masuk akal untuk berasumsi bahwa Valve tidak ingin merilis perangkat genggam baru secepat ini. Mengingat dugaan spesifikasi ini,  Steam Deck 2 diperkirakan akan dikirimkan paling cepat pada akhir tahun 2025, dengan kemungkinan besar pada tahun 2026. Rumornya menyebutkan bahwa Steam Deck 2 akan dikirimkan pada Q3/4 tahun 2026.

Poster tersebut mencatat bahwa mengingat spesifikasi yang ditingkatkan secara keseluruhan, Steam Deck 2 mungkin berharga lebih mahal daripada perangkat genggam aslinya. Namun hal ini masih harus dilihat. Zen 4 akan lebih tua karena AMD mempersiapkan Zen 5 untuk tahun 2024, tetapi sifat khusus dari chip dan semua peningkatan yang ada dapat menaikkan harga.

Sekali lagi, perlu diingat bahwa ini masih rumor, yang berarti bahwa ini mungkin melenceng, tetapi jika spesifikasi yang dispekulasikan ini benar, Steam Deck 2 bisa menjadi perangkat genggam gaming mengerikan yang akan datang.

Ikuti terus berita tekno dan Games dan Esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Akankah Call of Duty Modern Warfare 3 Meluncur di Steam Deck?

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!