Setelah Jadi Air Media dan Online Shop, TikTok Bidik Gaming Hub Gamers

by Justhin YUAN

TikTok ingin menjadi top of mind bagi para gamers. Bagaimana rencana mereka melakukannya?  TikTok telah menjadi air media universal. Jika di awal kehadirannya TikTok identik sebagai tempat anak muda - Gen Z- membuat konten video, sebagai platform konten video, TikTok memiliki beberapa fitur yang membuatnya unggul atau lebih dari sekedear channel video atau live stream biasa. 

Yup, dari hal-hal remeh, iseng belaka, rekaman hingga video tutorial dari ahli, pengguna dapat menyimak video buatan creator lain ataupun juga membuat konten sendiri. TikTok mempermudahnya. Tak heran, setelah sukses menarik Gen Z, TikTok juga mulai menarik atensi Generasi Milenials dan seterusnya. 

Dari yang spesifik hingga yang umum, selalu ada sesuatu untuk dibagikan dan dibicarakan. Pengguna pun menciptakan sub culture-nya sendiri dengan hype dan poularitas (masih ingat dengan trend Citayam Fashion Week di Sudirman?).  

Dua tahun pandemi, generasi muda dininabobokan dengan tag "rebahan" seiring kebijakan lock down dan pembatasan mobilitas. Game sebagai konten terbukti memiliki ceruk dalam dan besar. Hal paling menyenangkan dari memposting konten di TikTok meskipun niche tertentu namun jangkauan audience-nya tidak pernah dibatasi. Artinya ketika sebuah konten game tidak hanya diudarakan kepada pengguna yang “bermain game”. Justru, konten itu bisa jadi ditawarkan kepada yang sama sekali tidak relate atau interest. Di sinilah, kata "algoritma" mulai familiar di telinga masyarakat. \

BACA JUGA: TikTok Bakal Perkaya Konten Posting Teks, Ancam Twitter dan Threads?

TikTok dan social media menjadi powerful karena menyentuh langsung kepada end user. Hal ini tentu juga terkait dengan pengguna TikTok dan demografi kekikinian yang menyambut Gen Milenials dan Gen Z. Tagar atau hastag game telah ditonton lebih dari 500 miliar kali, sementara #gamer ditonton lebih dari 200 miliar kali. Selain mengunggah video yang sudah direkam sebelumnya, streaming langsung kini menjadi hal biasa. 

TikTok menjadi platform multi dimensi bagi game. Selain “pengalaman gameplay interaktif tradisional”, konten kreator jugaa menyertakan banyak meme, cosplay, highlight streaming, panduan, dan bahkan refleksi tentang apa artinya menjadi seorang gamer.

Dilansir dari OneEsports, Maayan Kotler, Head of APAC Gaming, Global Business Solutions menyatakan, "Satu hal yang telah dilakukan TikTok dengan sangat baik adalah kami mencoba untuk tidak terpaku pada definisi tradisional tentang apa itu gaming,” kata Langer kepada ONE Esports. “Game telah berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saya pikir TikTok telah mendorong tren dan pergerakan tersebut," ujarnya dalam wawancara di Tokyo Game Show 2023. 

Sementara Langer Lee, Global Head of Gaming Content menambahkan, “Satu hal yang telah dilakukan TikTok dengan sangat baik adalah kami mencoba untuk tidak terpaku pada definisi tradisional tentang apa itu gaming,” kata Langer kepada ONE Esports. “Permainan telah berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saya pikir TikTok telah mendorong tren dan pergerakan tersebut.”

“Hal ini mewakili kelompok khusus dalam komunitas game kami yang belum memiliki suara di platform lain. Memiliki platform tersebut penting bagi komunitas-komunitas ini,” kata Langer. “Menurut saya, ini cukup mengharukan dan berdampak.”

COPY Template Blog Banners 1080 608 px 55 474e6

Pada akhirnya, tujuan TikTok adalah menjadi top of mind di segmen konten game .Tidak lagi hanya terbatas pada platform seperti Facebook dan Twitch, kompetisi esports juga disiarkan langsung di TikTok yang berfokus pada perangkat seluler.

Meskipun sebagian besar konten di platform ini dibuat oleh pengguna, perusahaan ini secara bersamaan bekerja sama dengan pembuat dan penerbit (PUBLISHER) untuk menciptakan program yang berdampak dalam upaya mereka untuk menjadi yang terbaik.

Well, akankah TikTok menjadi platform gaming wahid pilihan favorit gamers? Tampaknya hal itu masih perlu diuji. Setiap platform pasti memiliki kebijakan masing-masing, termasuk insentif untuk para konten kreator, afiliator hingga tentunya klien yang bekerja sama. 

Ikuti terus berita tekno dan PC peripheral terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

TikTok Southeast Asia Impact Forum Bahas DAMPAK SOSIAL TERHADAP KOMUNITAS GAMING DAN ESPORTS DI INDONESIA

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!