Monster VGA, NVIDIA RTX 3090 Ti akan Rilis Akhir Maret!

by Jessica Elaine

Melihat kondisi saat ini akibat pandemi, salah satunya seperti krisis stok chip yang masih melanda, banyak gamer yang mungkin enggan untuk melakukan upgrade pada PC-nya. Terutama dari segi komponen kartu grafis. Namun, kabar gembiranya NVIDIA tetap akan merilis VGA gahar miliknya pada akhir Maret. Yes, RTX 3090 Ti akan hadir dalam waktu dekat!

Melansir dari Videocardz, NVIDIA akan merilis RTX 3090 Ti pada 29 Maret mendatang. Pada tanggal yang sama, berbagai macam outlet media serta influencer juga akan melakukan review untuk GPU tersebut. 

Bahkan, bagi para gamer yang sudah tidak sabar untuk memiliki kartu grafis tersebut, mereka bisa langsung membelinya di hari yang sama. Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui pasti harga yang akan ditawarkan oleh NVIDIA untuk GPU tersebut. Namun, bisa diprediksi harganya tidak akan murah. Mengingat bahwa sebelumnya, RTX 3090 dijual dengan biaya sebesar $1,499. 

Sebelumnya, kabar perilisan untuk RTX 3090 Ti ini memang sudah pernah muncul. Prediksi awalnya adalah akan dirilis pada 27 Januari. Kemudian, entah apa yang terjadi, tanggal perilisan tersebut mengalami delay yang cukup lama yaitu sekitar dua bulan. 

BACA JUGA: Terlacak! GPU Nvidia Hasil Curian Tahun Lalu Dijual Pengecer di Vietnam

Dalam laporan resmi, NVIDIA tidak menjelaskan secara rinci alasan di balik tertundanya tanggal perilisan untuk RTX 3090 Ti. Tetapi, jika melihat rumor yang beredar, terdapat masalah pada memory GDDR6X tepat sebelum pengiriman dilakukan. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tanggal perilisan tersebut tertunda. 

Terkait dengan spesifikasi yang ditawarkan dari kartu grafis tersebut, NVIDIA tidak main-main dalam menghadirkan produk andalannya. Kartu grafis flagship ini memang didesain untuk memainkan game yang kekinian. 

ndLrPkZEEzY79mSmEmdLtb 25f70

GPU ini akan memiliki CUDA Cores sebanyak 10752, dengan VRAM sebesar 24GB GDDR6X, serta memory clock sebesar 21Gbps. Sementara untuk base clock berada pada besaran 1560 MHz, dan untuk boost clock bisa mencapai hingga 1860MHz. 

Meskipun demikian, sebagai kartu grafis dengan performa yang tinggi, RTX 3090 Ti akan memakan daya yang sangat besar. Hadir dengan TDP 450W, yaitu 100W lebih besar dibandingkan dengan kartu grafis flagship sebelumnya, yaitu RTX 3090. 

Gimana Ligagamers pada tertarik untuk beli gak nih? Oh ya! Sebelum membeli, perlu diingat bahwa ada kemungkinan harga untuk RTX 3090 Ti di Indonesia akan lebih tinggi, jika dibandingkan dengan harga yang diumumkan. Hal ini dikarenakan permintaan GPU di Indonesia yang cukup tinggi.

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!