Inovasi Terbaru NVIDIA Ciptakan Breakthrough di Dunia PC dengan Tools AI dan Workstations

Dilengkapi Tensor Core GPU, LLMs

Implementasi AI akan mendukung Indonesia mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, serta menjadikan Indonesia lebih maju dibandingkan negara lain di wilayah Asia Tenggara.

Pemanfaatan AI makin berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang terus diimbangi dengan inovasi teknologi baik dari sisi komputasi maupun software. Pemanfaatan AI secara meluas akan memberikan dampak yang besar bagi setiap elemen kehidupan manusia serta bisnis. Tidak terbatas hanya pada industri gaming dan kreatif saja.

NVIDIA menggelar acara press con sekaligus Media Workshop untuk GeForce RTX™️ 40 SUPER Series. Segenap media undangan turut hadir dapat hands-on alias mencoba secara langsung penggunaan AI pada acara yang berlangsung di Bilangan Cikini, Selasa (30/4).
Adrian Lesmono selaku perwaklilan NVIDIA memaparkan keunggulan AI dan prospek di masa depan. Di sesi selanjutnya, Alva Jonathan, Hardware Technology Reviewer/Professional Overclocker bersama Anjas Maradita, Content Creator and Corporate AI Consultant memberikan testimoni sekaligus demonstrasi test untuk penggunaan teknologi AI NVIDIA.

Menjadi yang terdepan di industri PC selama beberapa dekade, dengan lebih dari 100 juta RTX GPU-nya yang secara nyata telah mendorong lahirnya era AI PC, kini NVIDIA terus menjadi yang terdepan dengan menghadirkan beragam inovasi terbaru yang dirancang untuk makin mengoptimalkan pengalaman penggunaan generative AI melalui perangkat komputasi. Inovasi-inovasi tersebut antara lain adalah akselerasi NVIDIA TensorRT™ pada model Stable Diffusion XL yang populer untuk alur kerja teks-ke-gambar, NVIDIA RTX Remix dengan tools tekstur generative AI, layanan mikro NVIDIA ACE dan lebih banyak gim yang menggunakan teknologi DLSS 3 dengan Frame Generation.

Foto 3 1 06af5

AI Workbench, sebuah toolkit terpadu yang mudah digunakan untuk para pengembang AI, tersedia dalam versi beta. Selain itu, NVIDIA juga menghadirkan TensorRT-LLM (TRTLMM), sebuah open-source library yang mampu mengakselerasi dan mengoptimalkan kinerja inferensi dari model bahasa besar terbaru (LLMs), kini mendukung lebih banyak model yang telah dioptimalkan sebelumnya untuk PC. Diakselerasi oleh TRT-LLM, NVIDIA ChatRTX, inovasi NVIDIA yang memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi dengan beragam data pada Windows PC dan workstations yang didukung oleh NVIDIA RTX. Update terbaru ChatRTX memperluas kemampuan aplikasi ini dengan tambahan fitur dan dukungan untuk model terbaru.

"Generative AI merupakan transisi platform paling signifikan dalam sejarah komputasi dan akan mentransformasi seluruh industri," kata Jensen Huang, Founder dan CEO NVIDIA. "Dengan lebih dari 100 juta PC dan workstation RTX AI, NVIDIA memiliki basis pengguna yang besar bagi para pengembang dan pengguna untuk kebutuhan komputasi yang luas untuk menikmati keajaiban generative AI."

Foto 2 1 24f7f

RTX AI PC dan Workstations
NVIDIA RTX GPU memiliki kemampuan untuk menjalankan beragam aplikasi pada level performa yang tinggi sehingga mampu mengoptimalkan potensi dari generative AI yang tertanam di PC. Tensor Core pada perangkat GPU ini secara luar biasa mampu meningkatkan performa kecepatan AI di berbagai aplikasi yang membutuhkan spesfikasi tinggi untuk bekerja dan bermain.
RTX-Accelerated Generative AI Jadikan Pengalaman Penggunaan PC Makin Mengagumkan
• NVIDIA RTX Remix sebuah platform untuk mengolah gim-gim klasik berbasis RTX. Platform ini telah hadir dalam format beta dan menyediakan tools generative Ai yang mampu memodernisasi tekstur dasar gim klasik, dengan resolusi 4k, menggunakan materi rendering.
• NVIDIA ACE layanan mikro yang meliputi generative AI yang mendukung model percakapan dan animasi, yang memungkinkan developer menambahkan avatar digital yang cerdas dan dinamis ke dalam gim.
• TensorRT mendongkrak kecepatan Stable Diffusion XL (SDXL) Turbo dan model berlatensi konsisten, dua metode popular untuk mengakselerasi Stable Diffusion. TensorRT meningkatkan performa bagi kedua metode tersebut hingga 60% dibandingkan posisi sebelumnya. Versi update dari ekstensi Stable Diffusion WebUI TensorRT telah tersedia, termasuk percepatan untuk SDXL, SDXL Turbo, LCM – LoRA dan memperkuat dukungan bagi LoRA.
• NVIDIA DLSS 3 dengan Frame Generation, yang menggunakan AI untuk meningkatkan frame rate hingga 4x dibandingkan waktu rendering pada umumnya, akan hadir pada 12 dari 14 judul gim baru yang didukung RTX, seperti Horizon Forbidden West, Pax Dei, dan Dragon’s Dogma 2.
• ChatRTX, memudahkan pegiat AI menghubungkan LLM pada PC ke data pribadi mereka menggunakan teknik terkenal di dunia AI, yakni retrieval-augmented generation (RAG). ChatRTX memungkinkan pengguna untuk cepat berinteraksi dengan catatan pribadi, dokumen kerja, dan konten pribadi lainnya. Selain itu, ChatRTX juga dapat digunakan sebagai referensi terbuka bagi suatu project, sehingga developer dapat dengan mudah mengimplementasikan kapabilitas tersebut di dalam aplikasi mereka sendiri.

NVIDIA menjadi yang terdepan dalam implementasi AI. Beberapa milestone pengembangan inovasi NVIDIA guna mendukung implementasi AI dimulai sejak 2006 ketika merilis GPU yang sudah bisa diprogram untuk menjalankan AI. Kemudian, pada 2012, University of Toronto mengklaim VGA NVIDIA dapat menjalankan machine learning. Lalu, pada 2018, NVIDIA merilis GeForce RTX 2080 yang menjadi GPU pertama mendukung implementasi AI di PC.

Untuk menikmati manfaat lebih GeForce RTX™ 40 Series yang mendukung generative AI, silakan kunjungi tautan Marketketplace berikut:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/nvidiageforcelt/etalase/geforce-rtx-40-series-laptop  

Shopee: https://shopee.co.id/nvidiageforcelaptop?shopCollection=246622816#product_list  

Desktop

AGRES KOMPUTER: https://tokopedia.link/JrtDentRcJb  

IMBA PC https://tokopedia.link/uXKNNbeQcJb  

PEMMZ: https://pemmz.com/desktops/by-brands/nvidia-studio-pc/  NVIDIA GeForce Offical Store https://www.tokopedia.com/nvidiageforce/product  https://shopee.co.id/geforce.official  

Ikuti terus berita tekno dan Games dan Esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

NVIDIA Bagikan Manfaat Laptop GeForce RTX 40 Series untuk Kebutuhan STEM, Dengungkan AI Education

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!