Bocoran Spesifikasi Asus ROG Ally PC Gaming Genggam Pesaing Steam Deck

Spesifikasi Asus ROG Ally PC

banner asus f730e

Pada April 2023, Asus mengumumkan produk terbarunya, ROG Ally, sebuah PC gaming genggam (handheld gaming PC) yang bakal menyaingi Steam Deck besutan Valve. Awalnya tak sedikit yang menganggapnya hanyalah lelucon April Mop, namun sumber resmi Asus dan para data miner kemudian membagikan penampakan dan konsepnya. Meski spesifikasinya belum dikonfirmasi secara resmi, beberapa informasi sudah tersebar.

ROG Ally memiliki layar IPS LCD 7 inci dengan resolusi 1920x1080 dan refresh rate 120 Hz, yang lebih baik dibanding Steam Deck yang hanya memiliki resolusi 1280x800 dengan refresh rate 60 Hz. Kabarnya, ROG Ally akan menggunakan prosesor AMD custom yang lebih powerful dan juga lebih kalem dibandingkan Steam Deck.

Untuk penyimpampanan, ROG Ally dilengkapi dengan slot SSD M.2 yang bisa di-upgrade dan slot microSD untuk ekspansi penyimpanan. ROG Ally juga bisa di-dock dan dihubungkan dengan ROG XG, sebuah external GPU device untuk meningkatkan kemampuan gaming, namun membuatnya tidak lagi portabel.

BACA JUGA: ASUS Online Store Kenalkan Fitur Baru: Beli Online, Ambil di Toko

Bocoran Asus ROG Ally APU dan Benchmark

Asus ROG Ally telah bocor lebih jauh. Setelah tahu nama APU yang digunakan pada sistem, sekarang, kami baru saja mendapatkan beberapa data tentang apa yang dapat diharapkan dari PC genggam muktahir dari Asus.

Pesaing seperti Valve's Steam Deck dan Ayaneo 2 yang bertenaga sepertinya tidak akan cocok dengan kekuatan Asus ROG Ally, yang juga menggunakan prosesor AMD Ryzen dan grafis Radeon. Bocoran baru-baru ini diposting oleh Benchleaks melalui Twitter menampilkan hasil untuk prosesor Ryzen Z1 Extreme milik ROG Ally.

Selain itu, dalam daftar tersebut, kita juga dapat melihat bahwa sistem yang diperbandingkan memang Asus ROG Ally, setelah memeriksa model tersebut di bawah bagian "Informasi Sistem" dari Geekbench.

Bocoran itu memberi kita beberapa wawasan tentang seluk beluk APU, yang menampilkan 8 inti dan 16 utas, serta frekuensi dasar 3,3 GHz, yang ditingkatkan hingga 5 GHz.

Ini membuat kami tersenyum, karena itu adalah kecepatan clock yang sangat cepat untuk konsol portabel. Kami bertanya-tanya seberapa baik chip didinginkan. ROG Ally memang menggunakan solusi cerdik dengan pengaturan dua kipas, tetapi kinerja termal masih harus dilihat.

Kami juga mendapatkan beberapa informasi lebih lanjut dan konfirmasi bahwa ini berfungsi dengan arsitektur CPU "Phoenix". Ryzen Z1 dikabarkan merupakan versi khusus dari Ryzen 7 7840U.

Asus ROG Ally berhasil mencapai skor OpenCL 35498 di Geekbench 5.4.6. Ini sekitar peningkatan kinerja 11% jika dibandingkan dengan perangkat yang berjalan pada Ryzen 6800U generasi sebelumnya, seperti Ayaneo 2.

Kami belum mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa lagi yang harus Anda harapkan dari perangkat ini, tetapi sampai saat itu, itu mungkin hanya salah satu konsol genggam yang lebih kuat yang pernah dibuat. 

ligagame asus banner 7bd56

Ikuti terus berita GAMES dan Esports dan di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian

Baca selanjutnya:

Valve Mengembangkan Headset VR Baru untuk Steam Deck

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


Β© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!