Mobile Legends Bang-Bang Tidak Jadi Diblokir Kominfo, PUBG Mobile Gimana?

by Felixerra

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia saat ini sedang giat-giatnya menggalakkan regulasi kepada para penyelenggara aplikasi dan situs yang digunakan masyarakat Indonesia untuk mendaftarkan aplikasi mereka ke dalam Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang digagas oleh Kominfo. Himbauan ini tidaklah main-main, mengingat ancaman yang diberikan oleh Kominfo adalah pemblokiran pada aplikasi yang tidak terdata di dalam PSE Lingkup Privat Kominfo.

Aplikasi yang masuk ke dalam sasaran Kominfo ada banyak, termasuk ke dalamnya WhatsApp, YouTube, Google, Facebook, dan lain-lain. Bahkan, termasuk ke dalam game sekalipun perlu untuk mendaftarkan diri ke dalam sistem PSE gagasan Kominfo.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019, PSE adalah setiap orang, penyelenggara negara, Badan Usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluair dirinya dan/atau keperluan pihak lain.

Dilansir dari UP Station, PSE terbagi menjadi dua jenis, dibedakan berdasarkan lingkupnya. Adapun dua jenis PSE, yakni PSE Lingkup Publik dan Lingkup Privat. Perbedaannya terletak pada penyelenggara, di mana PSE Lingkup Publik diselenggarakan oleh instansi negara, sementara PSE Lingkup Privat diselenggarakan oleh pribadi atau swasta.

KOMINFOBLOKIRaWA 41e6e

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghimbau perusahaan untuk mendaftarkan aplikasi mereka masing-masing selambat-lambatnya ke PSE pada tanggal 20 Juli, 2022.

Tidak ada alasan bagi para perusahaan untuk menunda-nunda pendaftaran, sebab menurut Johnny, proses pendaftaran ke dalam PSE sangatlah mudah.

"Pendaftaran mudah karena itu dilakukan melalui OSS atau online single submission. Jadi, tidak ada alasan hambatan administrasi,” kata Johnny kepada wartawan, dikutip dari CNN Indonesia.

Sampai detik ini, sudah ada beberapa aplikasi nama besar yang telah terdaftar. Termasuk ke dalamnya, game-game Hoyoverse, seperti Genshin Impact dan Honkai Impact. Sama halnya dengan Genshin, game Moonton (Mobile Legends: Bang Bang dan Mobile Legends Adventure) pun mulai hari kemarin resmi terdata di dalam PSE Lingkup Privat.

mlbb_ce7ee.jpeg

Namun sayangnya, berdasarkan hasil pantauan UP Station kemarin, nama dari game PUBG Mobile berlum termasuk ke dalam PSE Lingkup Privat. Dengan kata lain, PUBG Mobile membutuhkan satu hari lagi sebelum akhirnya PUBG Mobile terancam blokir oleh Kominfo.

Berdasarkan hasil pantauan pada hari kemarin pun, nama dari aplikasi besar buatan Google (Google, YouTube) dan Meta (Facebook, WhatsApp, Instagram) belum terdaftar di PSE Kominfo. Sangat disayangkan bila semua aplikasi tersebut masih belum mendaftarkan diri mereka ke Kominfo pada hari esok, sebab kita akan kehilangan akses ke aplikasi yang sangat bermanfaat dan menyenangkan bagi masyarakat.

Nah, gimana menurut ligagamers? Apakah kamu berpikir bahwa kebijakan Kominfo ini merepotkan atau diperlukan? Tuliskan komentar kalian di bawah, guys!

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!