Mengenal Doni Pratama Sakti, Atlet PES Efootball yang Terus Berprestasi!

Doni Pratama Sakti

Doni Pratama Sakti merupakan atlet Esports yang sudah lama berkiprah di scene PES / efootball. Prestasi pemuda asal Lampung tersebut memang patut dibanggakan. Berawal dari hobi dan iseng mengikuti turnamen "tarkam", Doni telah mengukir berbagai prestasi di kejuaraan game franchise sepak bola buatan Konami ini. Teranyar, Doni berhasil membawa Indonesia juara di ajang eJ League Thailand SEA Championship 2022. 

Nah, kali ini kita akan sedikit mengulas sedikit perjalanan dan pengalaman Doni Pratama sebagai atlet esports PES (sekarang efootball). Doni memang suka dengan sepak bola, selain bermain dengan teman-teman, ia pun bermain game Winning Eleven sejak dirinya berumur enam tahun.

Gemar menonton pertandingan sepak bola berlanjut dalam mengatur strategi serta kemampuannya di PES. Setelah mendapat info soal turnamen PES, ia pun menjajal kemampuannya di kompetisi antar kampung (tarkam) yang diadakan di daerah kota kelahirannya, Lampung.

Pada Februari 2019, Doni mengikuti Kualifikasi Liga1PES di Surabaya. Berkat kemampuannya, Doni pun berhasil mewakili Regional Jawa Timur menjadi Finalis Liga1PES tingkat Nasional. Ia pun memantapkan langkahnya sebagai atlet esports. 

Namun, seiring bertambahnya umur, Doni juga harus menjalani realit hidup pragmatis yang membawanya bekerja sebagai pegawai di sebuah perkantoran. Di sisi lain,  esports terus berkembang dan PES masuk menjadi cabang resmi di Piala Presiden Esports 2020. Doni pun bersemangat untuk meraih lebih banyak prestasi, namun niatnya sempat ditentang oleh kedua orangtuanya.

pes ppe 2022 doni wido 35f14

Dengan berbagai jalan dan menjelaskan soal esports, Doni akhirnya berhasil mendapat restu dari orangtuanya. Ibundanya pun memberikan selamat ketika Doni berhasil memenangkan pertandingan Final Regional Barat PES Piala Presiden Esports.  

BACA JUGA: Elga Cahya (El Gacor) Bawa Indonesia Raih Juara eFootball di IESF World Esports Championship 2022 Bali

Selain keluarga, Doni tak lupa berterima kasih kepada Raditya Haria Yuangga selaku owner di tim pertamanya, Toyib Epsorts dan juga Richard Permana selaku manajer serta owner dari NXL Esports sebagai salah satu sosok yang paling berjasa dalam kemenangannya di Final Regional Barat.

Prestasi Doni di Piala Presiden Esports ternyata terpantau ileh organisasi asal Thailand. Ia kemudian berkiprah di Thai e-League Pro 2020, kompetisi eSports yang diikuti oleh tim sepak bola di Liga Thailand. Doni merantau bersama dengan salah satu pemain bintang PES asal Indonesia, yakni Setia Widianto. Keduanya tampil membela Port FC di Thai e-League Pro 2020 untuk game 1v1 serta 3v3.

Thai e-League Pro 2020 memiliki regulasi untuk menggunakan pemain non-Thailand. Selain Indonesia, cukup banyak pemain PES asal Vietnam yang juga meniti karir di Negeri Gajah Putih. Kompetisi Thai e-League Pro 2020 bisa dibilang kompetisi yang setara dengan level internasional. 

Sepanjang kiprahnya, Doni telah mengikuti banyak kompetisi mulai dari tingkat komunitas, lokal hingga nasional. Inilah beberapa turnamen dan hasil yang pernah dicapai Doni:

doni pratama 3 8e70a

Pes2019 Kualifikasi regional Surabaya Road to Nasional (Champion)
Pes2019 National PES league finalist ( best of 8)
Pes2019 Competion at Mall Tidar Surabaya (champion)
Pes2019 Competion at WTC emall surabaya ( champion )
Pes2019 Eyesdano Competion at warkop at Asix Surabaya ( Champion )
Pes2019 Competion at Yamaha Sunday Race Sentul ( Champion )
Pes2019 Gresik Esports League (Runner up)
Pes2019 Bagoes Esports Competition in Bali (champion)
Pes2020 Axis esports season3 Malaysia ( 2nd Runner up )
Pes2020 Competion Lippo Plaza Batu Malang ( Champion )
Pes2020 Competion Pasarpedia Lampung ( Champion and 2, 3 )
Pes2020 final Piala Presiden regional barat ( champion )
Pes2020 Piala Presiden (grand final) 
Event Nasional IGL Indonesia Gaming League (juara 3)
APL Malaysia season 3 PES 2019/20 (runner up).

Belum lama ini Doni juga berhasi menjadi juara di turnamen efootball Glance e-soccer yang digelar Ligagame.tv pada November silam. Selanjutnya, Doni berlaga di Thailand Series e J League. 

Ikuti terus berita terbaru Gamesesports dan Turnamen di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

iklan ligagame indopride be545

Baca selanjutnya:

Harumkan Nama Bangsa, Doni Juara eJ League Thailand SEA Championship 2022

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!