Disney's Mickey Mouse Akan Masuk Domain Publik di 2024, Tapi Terbatas

by Visahat

Setiap tahun, sejumlah karya berlisensi hak cipta dan kekayaan intelektual baru menjadi domain publik, sehingga dapat digunakan oleh siapa saja. Namun lebih dari biasanya, peserta tahun ini mencakup beberapa karakter paling terkenal dalam sejarah, termasuk Mickey Mouse. Dengan sedikitnya Mickey yang masuk ke domain publik, Disney akan kehilangan sedikit kendali gambar yang sangat penting, namun hanya versi paling awal dari maskot tikusnya yang menjadi permainan yang adil.

Menurut undang-undang hak cipta Amerika Serikat yang agak aneh, karya yang pertama kali dirilis pada tahun 1928 akan masuk domain publik tahun ini. 

MICKEY DAN MINNIE MOUSE
Maskot Disney akhirnya masuk ke domain publik dengan peringatan 76 tahun kemunculan pertama Steamboat Willie, Mickey dan Minnie. Setelah beberapa dekade undang-undang perpanjangan hak cipta (yang dilobi oleh Disney sendiri), hak cipta atas kemunculan awal Mickey Mouse akhirnya siap habis masa berlakunya pada tahun 2024, artinya siapa pun dapat menggunakan Mickey spesifik tersebut dalam karya kreatif mereka.

PSDMIMO EC003.0 a5624

Meskipun berakhirnya masa berlaku hak cipta merupakan berita besar, hal ini tidak memberikan kebebasan kepada masyarakat. Versi karakter yang masuk ke domain publik hanya versi dari Steamboat Willie. Apa sebenarnya yang membedakan versi karakter tersebut versus versi yang lebih modern adalah masalah yang harus diserahkan kepada pengacara Disney dan pengadilan untuk memutuskannya.

Tigger
Mickey bukanlah satu-satunya yang dibuka untuk umum tahun depan. IP ternama lainnya yakni Winnie the Pooh masuk ke domain publik beberapa tahun yang lalu, belum semua temannya di Hutan Seratus Acre bisa diajak bicara. Tapi sekarang The House at Pooh Corner (yang sejujurnya terdengar seperti judul horor) memasuki domain publik, begitu pula Tigger, karakter paling terkenal yang diperkenalkan di dalamnya.

tigger dcc2b

Di antara karya-karya terkenal namun kurang terkenal yang memasuki domain publik di Amerika Serikat pada tahun 2024 adalah beberapa film dan buku; ini hanya sedikit pilihan.

Baca selanjutnya:

“Stumble Guys” Tambahkan Lintasan Baru yang Terinspirasi dari Game Klasik Tetris

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!