Super Teliti! Pengguna Ini Temukan Bagian Aneh di EULA Steam

by Febry "f0rsak3n" Susan

Seorang pengguna Steam menemukan bagian yang tak biasa saat menelusuri perjanjian lisensi untuk game indie di etalase populer Valve. Ia kemudian membagikan screenshot bagian EULA yang tidak biasa tersebut. Meskipun para pemain PC telah terbiasa -hingga enggan menelusuri perjanjian lisensi yang panjang sebelum dapat menginstal dan memainkan game di Steam, persyaratan yang ditetapkan oleh pengembang platformer indie membuat beberapa gamer menggaruk-garuk kepala.

Pengguna Steam yang bermata elang memperhatikan beberapa bahasa yang sangat tidak biasa dan memprihatinkan yang tersembunyi dalam perjanjian lisensi game Steam.

Sejak pertama diluncurkan pada tahun 2003 sebagai cara bagi pengembang untuk memiliki kontrol yang lebih besar dalam merilis pembaruan dan tambalan untuk gamenya, platform Steam Valve telah berkembang untuk mendominasi distribusi digital dari judul-judul PC. Terlepas dari upaya berulang kali oleh penerbit EA untuk membangun etalase digitalnya sendiri, dan aliran game gratis yang stabil ditawarkan dari Epic Games Store saingannya, belum ada perusahaan yang mampu menandingi jangkauan layanan populer Valve. Seperti yang telah menjadi umum bahkan di banyak game konsol dalam beberapa tahun terakhir, pengguna Steam harus menyetujui perjanjian lisensi yang terkadang memberatkan untuk game yang dibeli di platform sebelum mereka diizinkan untuk menginstalnya.

BACA JUGA: Konami Jadwalkan Rilis KABOOM! SUPER BOMBERMAN R2 September 2023

Dalam postingan baru di subreddit r/Steam, pengguna PSY-FI64 membagikan tangkapan layar dari istilah tidak biasa yang mereka temukan dalam perjanjian lisensi untuk game indie Arclight Beat. Dijelaskan di halaman tokonya sebagai "platformer 3D berbasis ritme minimalis", perjanjian lisensi untuk Arclight Beat menyertakan bahasa yang membuat banyak Redditor berhenti sejenak setelah membaca cetakan kecilnya. Selain pernyataan biasa yang membebaskan pengembang dan penerbit dari tanggung jawab pemain, EULA untuk Arclight Beat di Steam juga menyatakan bahwa penerbit DigiPen tidak memberikan jaminan "bahwa perangkat lunak bebas dari program berbahaya" seperti "virus, program trojan horse, worm , makro dan sejenisnya.‚ÄĚ

ūü§®(arclight beat) oleh u/PSY-FI64 di Steam
Meskipun tidak jarang pemain menemukan beberapa hal aneh di Steam, biasanya konten game yang ditawarkan daripada ketentuan penggunaan hukumnya yang membuat pemain berhenti. Beberapa Redditor bertanya-tanya apakah EULA yang tidak biasa mungkin telah disalin dan ditempel dari perjanjian yang digunakan untuk situs freeware, yang tidak menawarkan jenis perlindungan yang sama terhadap perangkat lunak berbahaya seperti yang disediakan Valve di Steam.

Akun lain bercanda bahwa membaca peringatan dengan kata-kata yang tidak menyenangkan itu seperti "tersandung sereal 'bebas asbes' di lorong sarapan." Mencoba menemukan beberapa penjelasan untuk ketentuan perjanjian, tanggapan lain menunjukkan bahwa, karena DigiPen adalah sekolah desain game, bahasa tersebut kemungkinan dimasukkan sebagai cara untuk melindungi sekolah jika ada siswa yang merilis proyek yang menyertakan konten berbahaya. kode.

Terlepas dari bahasa yang tidak biasa yang disertakan dalam EULA-nya, tidak mungkin pengguna Steam yang tertarik untuk mencoba platform musik Arclight Beat untuk diri mereka sendiri harus khawatir mesin mereka akan terinfeksi virus. Meskipun pemain yang lebih memilih untuk berbuat salah di sisi hati-hati mungkin masih ingin menunda menginstal game di perangkat genggam Steam Deck baru mereka.

Ikuti terus berita GAMES dan Esports dan di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya: 

Dokumen Rahasia Perang Ukraina Bocor di Discord Minecraft, Pentagon Turun Tangan

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!