Rumor Nintendo Switch 2: Harga, Jadwal Rilis, Fitur dan Game-Game

Sekitar enam tahun sejak Switch pertama dirilis, dan dua tahun sejak model OLED diluncurkan. Penggemar Nintendo siap untuk konsol baru semakin didorong aliran rumor yang terus-menerus seputar Switch 2, nama yang diberikan oleh media untuk sementara waktu untuk konsol generasi berikutnya Nintendo.

Switch 2 secara luas dianggap sebagai peningkatan dari Switch yang sudah ada daripada desain konsol yang sepenuhnya baru. Ini menjadi konsol terlaris ketiga sepanjang masa, di belakang PlayStation 2 dan Nintendo DS, dan merupakan konsol hybrid pertama yang sukses, jadi mengapa Nintendo mengacaukan hal yang baik?

Sejauh ini, Nintendo belum mengatakan apa pun tentang penerus Switch, jadi semua informasi yang kami miliki saat ini tentang konsol generasi berikutnya ini berasal dari keterangan rahasia dan bocoran yang dapat diandalkan. Oleh karena itu, inilah semua yang telah kami pelajari sejauh ini tentang Switch 2, atau apa pun nama Nintendo untuk konsol generasi berikutnya.

switch 2 744e5

Tanggal rilis dan harga Switch 2
Seperti halnya konsol potensial lainnya, kami tidak dapat mengetahui tanggal rilisnya sampai perusahaan itu sendiri mengumumkan tanggal peluncuran resminya. Namun, rumor baru-baru ini menunjukkan kemungkinan jendela rilis pada musim gugur 2024, pada saat yang sama kita memperkirakan PS5 Pro akan diluncurkan.

Bocoran terbaik mengenai tanggal rilis Switch 2 adalah berkat seorang leaker bernama SoldierDelta. Melalui Discord, SoldierDelta menyampaikan bahwa Switch 2, dengan nama kode internal "NG", mungkin akan tiba pada 24 September 2024. Seharusnya, placeholder rilis sekunder untuk November 2024 juga ada jika tanggal 24 September ternyata terlalu ambisius.

BACA JUGA: Daftar Video Game yang Akan Rilis pada Januari - Maret 2024

Meskipun sebagian besar rumor dan keterangan rahasia tampaknya setuju bahwa musim gugur 2024 sebagai jendela rilis Switch 2 yang paling mungkin, ada beberapa rumor yang menyarankan rilis awal tahun 2024. Sebuah artikel dari firma riset TechInsights tampaknya memperkirakan tanggal rilis pada bulan Maret atau April 2024 mungkin terjadi, dan laporan dari situs investasi Tiongkok MoneyDJ memperkirakan peningkatan penjualan dari penerus Switch yang diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2024.

SoldierDelta juga membagikan kemungkinan harga rilis dalam pesan Discord yang sama dengan prediksi tanggal rilis. Mereka mengatakan ada dua kemungkinan model konsol generasi berikutnya ini, model standar seharga $449 dan opsi digital seharga $400 (atau lebih mungkin, $399). Jika rumor ini benar, konsol generasi berikutnya ini akan menjadi konsol pertama Nintendo yang dirilis sebagai perangkat digital saja.

Mengingat saklar asli dijual seharga $299 dan model OLED dijual seharga $349, perkiraan harga ini sepertinya tidak terlalu mustahil. Jika Switch 2 menerima peningkatan layar OLED serta peningkatan spesifikasi internal, kenaikan harga $100 tampaknya masuk akal, tetapi itu hanya kisaran saja.

Tampilan dan spesifikasi
Dengan kesuksesan layar Switch OLED, banyak yng memprediksi Nintendo akan melengkapi konsol generasi berikutnya dengan layar OLED, bahkan mungkin dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi. Namun, sepertinya perusahaan mungkin memilih panel layar LCD (walaupun layarnya lebih besar 8 inci) untuk menekan biaya, menurut keterangan rahasia game NateTheHate. 

Harga konsol Nintendo selalu terjangkau dibandingkan konsol dari Sony dan Microsoft, jadi sayangnya masuk akal jika Switch generasi berikutnya akan diluncurkan dengan layar LCD. Setelah beberapa saat, atau bahkan saat peluncuran, kemungkinan akan ada model yang lebih mahal dengan layar OLED bagi mereka yang bersedia membayar untuk peningkatan tampilan. Baik Switch 2 diluncurkan dengan layar LCD atau OLED, kami hanya berharap ia mendapat peningkatan kecepatan refresh menjadi 120Hz dari 60Hz.

Switch asli dan model OLED yang ditingkatkan keduanya dilengkapi prosesor Nvidia Custom Tegra, dan kemungkinan besar Nintendo akan mengikuti tren ini di Switch 2. Meskipun belum ada yang dikonfirmasi, rumor melalui Eurogamer menunjukkan bahwa Nintendo mungkin menerima varian khusus dari Switch 2. Bocoran prosesor Nvidia T234.

Menurut rumor system-on-a-chip ini, prosesor T239 didasarkan pada “cluster CPU ARM A78C [octa-core], dipasangkan dengan unit grafis khusus berdasarkan arsitektur Ampere seri RTX 30 Nvidia.” Meskipun kami tidak dapat menebak kekuatan chip atau kecepatan jamnya, kami memiliki gagasan bahwa Switch 2 dapat menyamai kinerja Xbox One dan PlayStation 4, berkat email tahun 2022 antara eksekutif Activision Blizzard (melalui Pengembang Game).

Fitur Switch 2
Kami belum mendengar banyak rumor tentang kemungkinan fitur Switch 2, seperti desain, masa pakai baterai, speaker, atau sensor internal. Namun, inilah tebakan tentang apa yang bisa kita lihat.

Di masa lalu, Nintendo sangat suka mengubah desain antar konsol, tetapi dengan Switch menjadi konsol terlaris ketiga sepanjang masa, mereka mungkin tetap menggunakan desain yang mirip dengan Switch asli. Jika rumor bahwa Switch 2 mungkin memiliki layar 8 inci yang lebih besar benar, kami berharap desain Joy-Con lebih ergonomis untuk sesi genggam yang lama.

Kami juga ingin melihat Joy-Cons yang ditingkatkan menangani masalah drift saat ini. Sepasang Joy-Con seharga $80 yang akhirnya tidak dapat digunakan karena drift adalah keluhan umum pengguna Switch, dan mudah-mudahan, Nintendo telah menemukan solusinya dalam enam tahun terakhir.

Perkiraan masa pakai baterai saat ini pada Switch asli dan Switch OLED adalah 4,5 hingga 9 jam. Untuk game yang lebih menuntut, seperti Breath of the Wild, seringkali membutuhkan waktu lama untuk mencapai 4,5 jam dengan sekali pengisian daya, bahkan ketika kecerahan layar diturunkan sepenuhnya. Dengan internal yang lebih bertenaga, kami mengharapkan baterai yang lebih besar, namun semoga baterai tersebut cukup besar untuk meningkatkan perkiraan masa pakai baterai saat ini juga.

Belum ada rumor yang membahas kemungkinan konektivitas di Switch 2, tetapi untuk streaming atau mengunduh game yang lebih cepat, kami ingin melihat lompatan dari Wi-Fi 5 ke Wi-Fi 6. Demikian pula, model Switch saat ini mendukung Bluetooth 4.1, dan kami Saya berharap konsol generasi berikutnya akan mendukung Bluetooth 5.1.

Penawaran Nintendo Switch 

Terakhir, ada teka-teki kompatibilitas ke belakang. Beberapa rumor menyatakan bahwa konsol generasi berikutnya Nintendo tidak akan kompatibel dengan Switch, sementara banyak rumor lain yang berpendapat bahwa tidak membuat Switch 2 untuk mendukung kompatibilitas ke belakang akan menjadi keputusan yang merugikan dan tidak masuk akal dari Nintendo.

Dalam diskusi Reddit tentang kompatibilitas mundur pada Switch 2, pengguna Sentinel10 menulis, "Dengan pernyataan presiden Nintendo bahwa mereka memerlukan transisi yang mulus ke masa depan, menurut saya kemampuan mundur setidaknya 90% terjamin."

Setidaknya satu contoh dari presiden Nintendo yang mengatakan hal ini adalah pada sesi tanya jawab investor (melalui Ars Technica), di mana dia mengatakan "mengenai transisi dari Nintendo Switch ke mesin generasi berikutnya, kami ingin melakukan semaksimal mungkin agar dapat lancar transisikan pelanggan kami, sambil memanfaatkan Akun Nintendo."

Setidaknya kutipan ini menyiratkan kompatibilitas mundur untuk game digital. Dan jika Switch 2 memang merupakan peningkatan dari Switch asli dan bukan konsol yang sepenuhnya baru, sepertinya bukan keputusan cerdas dari Nintendo untuk melarang pengguna Switch 2 membawa kartu permainan Switch lama mereka saat melakukan peningkatan.

Tentu saja, keputusan bisnis tidak selalu dibuat dengan mempertimbangkan kenyamanan pengguna akhir, jadi kita mungkin salah jika Switch 2 kompatibel dengan game Switch. Tapi sampai kita mendengar yang sebaliknya, kita akan tetap berharap.

Game-Game untuk Switch 2
Ada banyak rumor game yang akan hadir di konsol generasi berikutnya Nintendo, tetapi semuanya sebagian besar berasal dari seorang keterangan rahasia, yang bernama Zippo online. Zippo hanya memiliki reputasi yang baik untuk kebocoran Nintendo yang akurat, jadi ambillah semua ini dengan hati-hati.

Zippo telah memperkirakan judul baru Mario, dengan mengatakan "sedikit birdie memberi tahu saya bahwa judul besar Mario baru yang sedang dikerjakan untuk sistem Nintendo berikutnya akan menggunakan Unreal Engine 4." Karena Nintendo hampir pasti akan merilis game Mario baru untuk konsol generasi berikutnya, bagian menarik dari rumor ini adalah bahwa game tersebut dapat menggunakan Unreal Engine 4. Mengingat betapa suksesnya Super Mario Odyssey di Switch asli, ternyata tidak. gila membayangkan mungkin ada Odyssey 2 yang sedang dikerjakan untuk Switch 2.

Beberapa game lain yang diantisipasi Zippo termasuk judul 2D Donkey Kong baru, game Monster Hunter baru, kemungkinan port Final Fantasy 7 Remake dan Rebirth, game Super Monkey Ball baru, game Pokémon baru, dan mungkin game Far Cry ketujuh. . Tak satu pun dari prediksi ini yang tampak terlalu nyata, tetapi tidak ada yang dikonfirmasi oleh Nintendo.

Mario Kart 8 Deluxe dirilis bersamaan dengan Switch pada tahun 2017, dan Mario Kart 8 yang asli dirilis hampir 10 tahun yang lalu pada tahun 2014. Sudah waktunya untuk game Mario Kart baru, dan akan sangat menyenangkan melihat Mario Kart 9 diluncurkan di Nintendo konsol generasi berikutnya. Demikian pula, dengan peningkatan perangkat keras, kami akan tertarik untuk melihat Baldur's Gate 3 hadir di Switch 2 juga.

Seri game lain yang mungkin akan hadir di Switch 2 adalah Bayonetta Trilogy, seperti yang dikabarkan baru-baru ini. Meskipun bukan entri keempat (bernomor) dalam seri ini, trilogi remaster akan membuka jalan bagi judul keempat berikutnya yang sepenuhnya memanfaatkan perangkat keras baru yang tersedia.

Meskipun kita belum mengetahui apa pun secara pasti sampai kita mendengar langsung dari Nintendo, ada kemungkinan besar Switch 2 akan diluncurkan pada tahun 2024.  

Ikuti terus berita Games dan tekno  terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Shaquille O'Neal Bagikan 1000 PS5 dan Nintendo Switch ke Anak Sekolah

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!