Perbedaan Menarik Antara Runescape vs Runescape Jadul yang Perlu Diketahui

RuneScape adalah MMORPG fantasi yang sudah ada sejak 2001 dan masih terus dikembangkan - versi yang dirilis ulang dari tahun 2013 yang dikenal sebagai Old School RuneScape menerima pembaruan rutin untuk membuat para pemainnya tetap terlibat dan melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam hal ini.

Namun, karena berbagai alasan, tim pengembang terkadang memutuskan untuk membuat versi baru gim ini untuk memenuhi standar modern - versi terbaru, yang saat ini dikenal sebagai RuneScape 3, sedang dikembangkan bersama dengan versi Old School, meskipun ini adalah judul yang terpisah.

Tentu saja, memiliki dua game RuneScape yang berbeda menimbulkan beberapa pertanyaan - mana yang harus Anda mainkan? Manakah game yang lebih baik? Apa perbedaan di antara keduanya?

ss d1df12b95079aa271302db38e39e03ed552ae267.1920x1080 8dfbe


Hari ini kami akan mencoba membahas secara singkat perbedaan terpenting yang harus kamu ketahui sebelum terjun ke dunia fantasi RuneScape. Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat apa yang membuat masing-masing dari kedua game ini lebih menonjol jika dibandingkan dengan yang lain.

RuneScape 3 vs RuneScape Jadul

Saat membandingkan konten yang tersedia di OSRS vs RS3, tidak banyak yang bisa dikatakan - RuneScape 3 jauh di depan dan bahkan tidak mendekati. Meskipun kedua game ini diperbarui secara teratur, pembaruan untuk Old School RuneScape dilakukan melalui jajak pendapat, yang berarti pembaruan harus disetujui oleh mayoritas pemain sebelum ditayangkan - dan ini sedikit memperlambat prosesnya.
RS3 jelas merupakan anak yang lebih dicintai dari keduanya dalam hal ini, jadi jika kamu mencari game yang menawarkan lebih banyak hal untuk dialami selama perjalanan Anda, Anda harus memilih RS3.

Transaksi mikro
Transaksi mikro juga membedakan kedua game ini satu sama lain. Meskipun transaksi mikro ada di kedua game, mereka jauh lebih umum di RS3. Transaksi mikro Old School RuneScape terbatas pada apa yang disebut obligasi yang dapat digunakan untuk memperpanjang keanggotaan premium. Obligasi dapat diperdagangkan dengan pemain lain seperti item biasa, yang berarti Anda dapat membelinya dengan OSRS GP, sehingga hampir tidak dianggap sebagai bayar untuk menang.

Fitur ini memungkinkan pemain pada dasarnya mendapatkan keanggotaan mereka dengan memainkan game dan berdagang dengan pemain lain, menjadikan emas OSRS aset berharga tidak hanya untuk kemajuan dalam game tetapi juga untuk mempertahankan akses ke konten premium.

Di sisi lain, RuneScape 3 memiliki berbagai transaksi mikro yang tersedia. Meskipun orang-orang memperdebatkan apakah gim ini bayar-untuk-menang atau tidak, tidak diragukan lagi gim ini termasuk dalam kategori bayar-untuk-maju-lebih-cepat, yang tidak disukai semua orang. Yang paling penting, beberapa opsi kenyamanan terkunci di balik transaksi mikro, yaitu ruang penyimpanan, preset, atau bilah aksi.

Well, kamu tidak membutuhkannya untuk menikmati permainan, tetapi setelah beberapa saat, permainan ini akan terasa seperti makan sup dengan garpu - Anda dapat melakukannya, tetapi mengapa Anda melakukannya?

Untuk pemain yang ingin melewati batasan ini tanpa membeli langsung dari game, memperdagangkan RS3 gold di pasar sekunder untuk obligasi atau item menawarkan solusi, meskipun ini adalah praktik yang memiliki pertimbangan dan risikonya sendiri.

Selain itu, ada banyak pilihan kostum yang tersedia sebagai transaksi mikro di RuneScape 3 dan beberapa orang menganggapnya sebagai sesuatu yang mengganggu dan merusak imersi, tetapi di sisi lain, kostum-kostum ini memungkinkanmu menyesuaikan karakter hingga ke tingkat yang tidak dapat dicapai di OSRS.

Pertempuran
Pertarungan kemungkinan besar merupakan salah satu perbedaan terbesar antara RuneScape 3 dan Old School Runescape - RuneScape 3 jauh lebih sederhana dalam hal ini. RuneScape 3 memiliki pertarungan yang lebih interaktif di mana kamu harus menekan banyak tombol untuk melakukan skill dan aksi lainnya. Anda harus memperhatikan apa yang terjadi di layar dan bertindak sesuai dengan itu, sementara di Old School semuanya kurang lebih otomatis dan tidak menyisakan terlalu banyak ruang untuk mengeksekusi strategi yang lebih canggih.
Memilih game RuneScape terbaik berdasarkan sistem pertarungannya saja tidak akan adil karena kedua pendekatan tersebut memiliki pro dan kontra - terserah Anda untuk memilih antara gaya yang lebih sederhana atau gaya yang memberikan lebih banyak kebebasan dan penyesuaian.

Misi
Sebagian besar quest Old School RuneScape tersedia di RuneScape 3, meskipun beberapa diubah untuk membuat permainan menjadi lebih menarik bagi para pemain. Dengan demikian, RS3 memiliki lebih banyak misi daripada OSRS dan kualitasnya sangat tinggi - bagi sebagian pemain, misi adalah bagian terbaik dari RS3.
Selain itu, banyak misi RS3 yang disuarakan, yang menambah lapisan imersi ekstra pada permainan

Grafik
Mari kita mulai dengan apa yang Anda lihat saat memasuki permainan. Perbedaan gaya visualnya sangat jelas dan langsung terlihat, dan tidak ada ruang untuk berdebat - RuneScape 3 memiliki grafis yang lebih canggih dan lebih halus. Ini memiliki lebih banyak detail, pencahayaan yang lebih baik, dan bayangan yang terlihat. Teksturnya memiliki resolusi yang lebih tinggi dan dunia juga ditampilkan pada jarak yang lebih jauh yang menciptakan pengalaman yang lebih mendalam.
Dengan demikian, sebagian orang mungkin masih lebih menyukai tampilan aslinya, tetapi itu masalah preferensi pribadi.

Runescape Classic Login 35599

Ada juga kekurangannya. Meskipun RuneScape 3 terlihat lebih halus secara umum, terkadang tidak konsisten - bagian dunia yang berbeda diperbarui ke gaya visual baru dengan kecepatan yang berbeda. Artinya, area yang kurang populer sering kali diberi prioritas lebih rendah sehingga mereka diperbarui lebih lama - jika ada. Jadi, pemain memiliki beberapa area yang terlihat segar dan menarik, dan kemudian memiliki beberapa area yang tidak terlihat terlalu jauh berbeda dari RuneScape aslinya. Sebaliknya, RuneScape Jadul terlihat lebih ketinggalan zaman, tetapi tampilannya kurang lebih sama di mana-mana. Ini lebih konsisten, yang ironisnya, dapat menghasilkan pengalaman yang lebih menyenangkan.

Perbedaan gaya visual membuat Old School RuneScape berpotensi menjadi gim yang lebih baik untuk dimainkan jika Anda menggunakan sistem kelas bawah, tetapi karena pengoptimalan yang buruk, Anda akan membutuhkan PC yang cukup kuat untuk menjalankan gim pada 60 FPS yang stabil. Ini juga merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan untuk pemain seluler - RuneScape 3 membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

PvP dan PvM
RuneScape 3 membuat Player vs Monster jauh lebih baik daripada Old School RuneScape. Ada lebih banyak konten dan lebih banyak variasi, dan pertarungan yang lebih baik juga memainkan peran besar dalam hal itu. Ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan dan lebih banyak pengalaman. Tidak terlalu membosankan dan secara umum lebih menyenangkan.

PvP, di sisi lain, adalah cerita yang sama sekali berbeda - di sini OSRS adalah pemenangnya. Old School RuneScape memiliki komunitas PvP yang jauh lebih aktif yang membuatnya lebih mudah untuk bertarung.
Namun, yang lebih penting lagi, alasan mengapa PvP di sini dianggap lebih baik, ironisnya, adalah apa yang membuat PvM lebih baik di RS3 - sistem pertarungan yang baru. Hanya saja, sistem ini tidak cocok untuk permainan PvP, sehingga OSRS dengan pertarungannya yang lebih sederhana lebih unggul di sini.

Game Progress (Tingkat kemajuan)
Kenaikan level dan keterampilan jauh lebih cepat di RuneScape 3 yang membuatnya menjadi game yang lebih ramah untuk dimainkan. Old School Runescape membutuhkan lebih banyak waktu dan kesabaran untuk bermain dan mencapai hasil yang memuaskan. OSRS tidak disebut jadul tanpa alasan, karena begitulah sebagian besar MMORPG lama di masa lalu - sangat berat sampai-sampai terkadang dianggap sebagai pekerjaan sampingan. Ini adalah permainan yang jauh lebih lambat yang mengharuskan pemain untuk lebih berhati-hati dan penuh pertimbangan saat membuat pilihan karena dapat memengaruhi gameplay mereka.

Pilihan yang buruk dapat secara langsung diterjemahkan menjadi waktu yang jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan pemain lain, dan akan tetap seperti itu untuk sementara waktu sampai kamu memperbaiki kesalahan.

Dengan demikian, jika kamu punya banyak waktu luang untuk bermain video game, mungkin akan lebih menikmati Old School RuneScape, karena semua yang dicapai di sana terasa jauh lebih bermakna. Di sisi lain, jika kamu lebih suka bermain game kasual, RS3 mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan.

Playerbase
Yang ini cukup menarik. Orang akan berpikir bahwa game yang lebih baru seharusnya memiliki lebih banyak pemain karena game ini masih segar dan membuat semuanya menarik lagi, sehingga lebih banyak pemain yang tertarik untuk mulai bermain. Namun, kenyataannya tidak demikian - Old School RuneScape dengan mudah mengalahkan RS3 dalam hal ini.

Hal ini mungkin dapat dijelaskan oleh fakta bahwa orang-orang tidak ingin beralih - mereka telah menginvestasikan ratusan atau bahkan ribuan jam ke dalam akun Old School RuneScape mereka, jadi mengapa mereka ingin membuang semua itu dan memulai dari awal?

Selain itu, RuneScape adalah gim yang cukup tua dan terlihat ketinggalan zaman, bahkan dalam versi RS3, sehingga sangat sulit bagi perusahaan untuk menarik perhatian pemain baru. Kedua game ini sebagian besar bergantung pada komunitas veteran yang sudah mapan yang telah bermain RS selama bertahun-tahun yang dapat menjelaskan mengapa Old School RuneScape memiliki basis pemain yang lebih besar.

Kesimpulan
RuneScape 3 dan Old School RuneScape menjadi sangat berbeda sehingga sulit untuk merekomendasikan satu game di atas yang lain. Keduanya memiliki beberapa kesamaan, tetapi perbedaannya terlihat jelas dan membedakan kedua game ini satu sama lain, yang membuat pilihan akhir lebih merupakan preferensi pribadi daripada kebenaran objektif.

Kedua game ini memiliki fitur uniknya masing-masing yang mungkin dianggap penting bagi sebagian orang untuk dapat menikmati pengalamannya. RS3 adalah versi modern yang lebih kasual dari MMORPG klasik, sementara OSRS memberikan pemainnya permainan yang lebih menantang yang tetap setia pada formula MMO jadul.

Mudah-mudahan, sekarang kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara RuneScape 3 dan Old School RuneScape, yang seharusnya membuat pilihan lebih mudah. Pilihlah salah satu yang menurut kalian paling sesuai dengan kebutuhan dan nikmati waktu.

Ikuti terus berita Games dan tekno  terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Guide Last Epoch Panduan Memecah (Disintegrate ) Runemaster

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!