Pejabat Ukraina Minta PlayStation dan Xbox untuk Mencabut Dukungan Bisnis Mereka di Rusia

by Jessica Elaine

Invasi yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina merupakan salah satu peristiwa yang cukup mengejutkan. Perang ini berhasil menarik atensi dunia dan mempengaruhi berbagai bidang. Hal ini tak terkecuali bidang entertainment khususnya ranah gamers dan esports

Wakil Perdana Menteri Ukraina bernama Mykhailo Fedorov mengunggah sebuah cuitan di akun Twitternya, yang ditujukan secara langsung untuk PlayStation dan Xbox. Sebagai perwakilan dari Ukraina, ia secara terang-terangan mendesak kedua perusahaan tersebut untuk segera mencabut dukungan bisnis mereka di Rusia. 

Melalui cuitan tersebut, Mykhailo juga turut mengunggah surat terbuka sebagai bentuk respon atas invasi yang terjadi di Ukraina. 

“Anda pasti menyadari apa yang terjadi di Ukraina sekarang. Rusia menyatakan perang bukan untuk Ukraina tetapi untuk semua dunia yang beradab. Jika Anda mendukung nilai-nilai kemanusiaan, Anda harus meninggalkan pasar Rusia!” ungkap Mykhailo. 

Tidak berhenti sampai di situ, Mykhailo juga meminta agar semua pihak penyelenggara turnamen esports melakukan pemblokiran terhadap semua peserta yang berasal dari Rusia. Sama halnya dengan semua event yang rencananya akan diadakan di Rusia, juga diminta untuk segera dibatalkan. Mykhailo yakin bahwa dengan cara ini, rakyat Rusia akan secara proaktif meminta untuk menghentikan agresi militer yang dilakukan oleh negaranya. 

Pada cuitan Twitter Mykhailo yang lain, ia juga turut melakukan tag kepada beberapa developer maupun publisher game. Akun-akun tersebut antara lain EA, Ubisoft, Wargaming, Gameloft, dan Riot Games. Ia secara khusus meminta beberapa perusahaan tersebut untuk menutup kantornya yang berada di Rusia. 

“Saat ini pasukan Rusia sedang membom kota-kota Ukraina dan membunuh orang-orang Ukraina. Tolong bantu kami menghentikan ini. Tutup kantor Anda di Rusia! Tidak ada tempat bagi agresor di peta teknologi global!” ungkap Mykhailo. 

Sejauh ini, TikTok sudah melakukan pemblokiran untuk akses ke media milik pemerintah Rusia. Tidak hanya TikTok, Meta, selaku induk perusahaan Facebook juga sudah memblokir laman milik RT dan Sputnik di Uni Eropa. Adanya pemblokiran ini, membuat para pengguna yang ada di wilayah Uni Eropa tidak bisa mengakses laman Facebook serta Instagram RT Sputnik.

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!