Demam Game Palworld Melanda Dunia Picu Trend Handheld Gaming, Asyik di Steam Deck dan Asus ROG Ally?

by Kwee Tek Hoay

Sepekan dirilis di Steam, Palworld dengan cepat menjadi game indie pertama yang populer di tahun 2024. Meski dirilis di PC dan Xbox, game ini tentu mengasyikan dimainkan di perangkat genggam seperti Steam Deck atau Rog Ally. Palworld mungkin bukan game penangkap monster tradisional seperti Pokemon, Nexomon, TemTem, dan lainnya namun tetap sesuai dengan tradisi game-game ini dirilis untuk sistem perangkat genggam seperti Nintendo Switch dan 3DS.

Dirilis pada 19 Januari 2024, Palworld telah meroket ke puncak grafik jumlah pemain Steam dengan puncak lebih dari 1,3 juta pemain. Dan itu belum termasuk pemain PC Game Pass atau Xbox. Sangat sedikit game yang mencapai tingkat popularitas ini, jadi tidak dapat dikatakan bahwa Palworld telah menjadi fenomena tersendiri, seperti Baldur’s Gate 3 dan Cyberpunk 2077 sebelumnya.

Dengan berbagai cara yang tersedia untuk memainkan game tersebut, beberapa pemain mempertanyakan cara terbaik untuk memainkan game tersebut. Saat ini tersedia di Xbox Game Pass di PC dan Konsol, serta Steam dalam akses awal.

Artinya, meski game ini terbilang baru, para pemain tetap bisa memainkannya saat bepergian. Dengan hype yang sedang berkembang dan perangkat genggam yang sudah menunggu, saya sangat menantikan akhir pekan. Setelah menghabiskan 13 jam bersama Palworld di Ayaneo KUN, memainkan game ini di sistem portabel adalah hal yang sangat wajar.

Palworld sangat cocok untuk perangkat genggam seperti Steam Deck dan ROG Ally
Ada banyak alasan mengapa Palworld cocok untuk perangkat genggam, namun alasan terbesarnya adalah kinerjanya. Dengan pengembangan selama lebih dari tiga tahun sejauh ini, pengembang Pocket Pair telah mengoptimalkan game ini dengan cukup baik di versi Steam dan PC Game Pass.

Pada perangkat genggam seperti Steam Deck, ROG Ally, atau Ayaneo KUN seperti yang selama ini saya gunakan, hal ini berarti menggunakan lebih sedikit daya untuk mempertahankan FPS yang solid. Dengan daya yang lebih kecil, masa pakai baterai lebih lama — artinya Anda dapat bermain game lebih lama saat bepergian.

Dari sejumlah laporan menyebutkan game Palworld berjalan pada 40fps yang stabil di Steam Deck, yang setara dengan sebagian besar game di perangkat genggam Valve yang populer. Satu-satunya kelemahan dari hal ini tergantung pada versi Steam kecuali kamu ingin melakukan dual boot Windows 11, sehingga banyak dari mereka yang ingin menggunakan langganan PC Game Pass mereka. Jadi, pengguna perangkat genggam Windows mungkin memiliki sedikit keunggulan, terutama jika tidak ingin mengeluarkan uang ekstra untuk membeli game tersebut jika Anda sudah berlangganan Game Pass.

ROG Ally dan Ayaneo KUN keduanya merupakan perangkat genggam berbasis Windows 11 dengan prosesor AMD Ryzen 7 7840U dan menjalankan Palworld pada 50 hingga 60 FPS yang solid. Karena berbasis Windows, keduanya memiliki akses mudah ke aplikasi Xbox, dan oleh karena itu pemilik dapat memainkan game populer hanya dengan berlangganan mereka.

Semua perangkat genggam populer di pasaran saat ini memiliki tombol kembali yang dapat diprogram, dan game kerajinan bertahan hidup seperti Palworld adalah contoh utama mengapa tombol ini begitu populer. Player dapat memprogram tombol untuk bertindak sebagai makro untuk beberapa penekanan tombol lainnya atau hanya satu kali saja. Saat memainkannya dengan Ayaneo KUN, pengguna paling sering menggunakan tombol kembali untuk memudahkan akses ke inventaris dan peta global.

Kamu dapat menggunakannya untuk apa saja di dalam game, termasuk menyerang, melompat, dan bahkan melempar Pal Sphere Anda (walaupun Anda mungkin melakukannya secara tidak sengaja).

Tidak ada yang lebih baik daripada menyelami dunia, menangkap monster, dan menjelajahi dunia mereka yang penuh warna tanpa terikat pada TV besar atau di meja seperti PC gaming. Palworld dengan sempurna mewarisi warisan game-game ini, menawarkan banyak mekanik yang menarik, dan dunia yang luas untuk dijelajahi.

Warisan ini dipadukan dengan seberapa baik game ini berjalan pada sistem seperti Steam Deck, yang membuat saya berpikir bahwa memainkan Palworld dengan perangkat portabel adalah cara sempurna untuk menikmati game tersebut. Gimana menurut ligagamers?

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya:

Palworld Game yang Happening.- Viral Gabungkan Unsur Pokemon Scarlet dan Violet Mechanic

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!