China Pecat Pejabat Terkait Undang-Undang Baru Video Game yang Kontroversial

by Visahat

Tiongkok memberhentikan seorang pejabat yang berperan dalam undang-undang perjudian terbaru di negara tersebut, yang mempunyai konsekuensi finansial yang besar.

Tiongkok telah memecat pejabat pemerintah yang mengawasi regulasi video game, hal ini menandakan adanya potensi penolakan terhadap undang-undang game yang kontroversial baru-baru ini.
Pengumuman undang-undang game tersebut memicu aksi jual senilai $80 miliar di pasar game Tiongkok dalam waktu 24 jam.
Peraturan yang diusulkan ini dapat diubah karena dampak negatifnya terhadap industri game Tiongkok dan dorongan pemerintah untuk berinvestasi di sektor swasta.
Tiongkok memecat seorang pejabat yang membantu mengawasi regulasi industri video game besar di negara tersebut, menyusul pengumuman undang-undang game baru yang kontroversial pada bulan Desember. Undang-undang ini bertujuan untuk membatasi pengeluaran untuk video game, terutama dengan menindak praktik transaksi mikro.

china gaming street e2d45

Reuters melaporkan bahwa Feng Shixin dicopot dari jabatannya, menurut berbagai sumber. Feng adalah kepala penerbitan Departemen Publisitas Partai Komunis, yang memainkan peran utama dalam mengatur sektor video game Tiongkok.
Pemerintah Tiongkok belum secara resmi mengumumkan kepergian Feng. Sumber Reuters mengklaim bahwa pemecatan Feng terkait dengan kontroversi seputar undang-undang perjudian baru di Tiongkok. Langkah ini mungkin mewakili upaya pemerintah Tiongkok untuk mengubah undang-undang baru ini, yang belum diterapkan.

BACA JUGA: Transaksi Judi Online Lebih Dari 200 Triliun!! Banyak Streamer Mobile Legends Indonesia Terlibat

Tiongkok meluncurkan undang-undang perjudiann yang kontroversial pada tanggal 22 Desember, yang menyebabkan aksi jual besar-besaran senilai $80 miliar di pasar perjudian Tiongkok dalam waktu 24 jam. Hal ini menyebabkan saham perusahaan game terbesar di Tiongkok, Tencent, anjlok sebanyak 16%, dan perusahaan game terbesar berikutnya, NetEase, anjlok sebanyak 25%. Tampaknya peraturan-peraturan ini dan dampak keuangannya yang sangat besar mungkin telah mengacaukan pemerintahan Tiongkok dan tingkat industri terkemuka, karena para pembuat kebijakan telah mengumumkan bahwa mereka akan mengubah undang-undang ini dengan mendengarkan masukan dari masyarakat. Tampaknya negara ini telah mengambil langkah pertama dalam menentang peraturan baru ini.

 a group of young people in masks playing video games 9da5c


Meskipun undang-undang ini dimaksudkan untuk membantu mencegah kecanduan game di kalangan generasi muda Tiongkok, penurunan nilai industri game secara besar-besaran akibat pengumuman tersebut mungkin telah menghalangi pemerintah untuk menindaklanjutinya. Karena perlambatan perekonomian Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Tiongkok berupaya mendorong investasi di sektor swasta, namun hal ini justru bertentangan dengan undang-undang baru ini. Sektor video game Tiongkok melaporkan penurunan untuk pertama kalinya pada tahun 2023, sehingga usulan peraturan ini mungkin terjadi pada saat yang sangat buruk.

Namun, pemerintah Tiongkok sudah tidak asing lagi dalam menerapkan undang-undang perjudian dalam upaya melindungi generasi mudanya, sehingga undang-undang ini mungkin masih diterapkan, hanya sedikit diubah agar tidak terlalu ekstrem. Undang-undang yang diterapkan pada tahun 2021 membatasi mereka yang berusia di bawah 18 tahun untuk bermain game online hingga tiga jam per minggu. Selain itu, anak di bawah umur tidak boleh bermain antara pukul 22.00 hingga 08.00, dan hanya dapat bermain pada hari Jumat, akhir pekan, dan hari libur nasional. Undang-undang ekstrem ini dimaksudkan untuk mengekang masalah kecanduan game yang tampaknya parah di Tiongkok, dan pemerintah mengklaim bahwa undang-undang tersebut telah berhasil sejauh ini.

Ikuti terus berita Games dan tekno  terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Redeem Code Honkai: Star Rail Januari 2024, Baru dan Aktif!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!