Transformasi Free Fire Esports di 2024: Seri Turnamen FFWS akan Hadir di Skala Regional dan Lokal Indonesia

Roadmap Free Fire Esports Global 2024 memperkenalkan turnamen regional baru untuk Asia Tenggara, yaitu FFWS SEA. Seri turnamen FFML akan bertransformasi menjadi FFWS Indonesia yang lebih terintegrasi dengan seri FFWS SEA dan FFWS Global

Garena, developer dan publisher game terkemuka, akan menghadirkan transformasi besar untuk memperkuat ekosistem esports Free Fire mulai tahun depan. Transformasi ini dimulai dengan perluasan branding Free Fire World Series (FFWS) yang akan digunakan dalam turnamen Free Fire skala regional dan lokal Indonesia sebagai bagian dari Roadmap Free Fire Esports Global 2024.

FFWS SEA: Turnamen Regional Baru untuk Asia Tenggara

Mulai tahun depan, Garena akan memperkenalkan turnamen baru bernama FFWS Southeast Asia (SEA) 2024. Turnamen ini akan menjadi kompetisi dengan format liga berskala regional yang mempertemukan tim dari Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Hadirnya kompetisi skala regional ini akan membuat persaingan menjadi lebih sengit dan diharapkan dapat mendorong perkembangan talenta esports di masing-masing negara.

Seri FFWS SEA akan hadir sebanyak dua kali dalam setahun dengan nama FFWS SEA Spring 2024 dan FFWS SEA Fall 2024. Yang terdekat, FFWS SEA Spring 2024 akan hadir pada Maret-Mei 2024. Turnamen ini akan diikuti 18 tim, dengan rincian 15 tim dari Indonesia (5), Thailand (5), dan Vietnam (5), dan 3 tim lainnya dari Malaysia. Kedua turnamen FFWS SEA tersebut akan menjadi ajang kualifikasi menuju FFWS Global 2024, turnamen Free Fire tertinggi berskala dunia pada November 2024.

Untuk FFWS SEA Spring 2024, Indonesia, Thailand, dan Vietnam akan mengirimkan 3 tim lewat jalur direct invitational dan 2 tim dari jalur kualifikasi di masing-masing negara. Sementara itu, Malaysia akan mengirimkan 2 tim undangan langsung dan 1 tim dari kualifikasi FFWS Malaysia Spring 2024 yang sebelumnya bernama MCPS Majors.

FFWS SEA Spring 2024 akan dimulai pada 22 Maret 2024 hingga 26 Mei 2024 dengan total prize pool sebesar US$300.000. Turnamen ini digelar sepanjang enam pekan secara online dan akan ditutup dengan pertandingan offline untuk laga Grand Finals pada 24-26 Mei 2024.

Roadmap Free Fire Esports Indonesia 2024

Transformasi besar juga akan hadir di dalam Roadmap Free Fire Esports Indonesia untuk 2024. Mulai tahun depan, seri turnamen Free Fire Master League (FFML) akan bertransformasi menjadi seri turnamen FFWS Indonesia. FFWS Indonesia akan menjadi turnamen kasta tertinggi Free Fire di Indonesia yang terintegrasi dengan seri FFWS SEA. Dengan kata lain, FFWS Indonesia adalah turnamen kualifikasi bagi tim Indonesia untuk bisa lolos ke FFWS SEA.

FFWS SEA 2024 Roadmap e5699

FFWS Indonesia akan digelar dua kali setahun, yaitu FFWS Indonesia Spring 2024 dan FFWS Indonesia Fall 2024. Mengusung nilai inklusivitas, FFWS Indonesia akan tetap menghadirkan Free Fire Nusantara Series (FFNS) sebagai babak kualifikasi. Hal ini dilakukan untuk melanjutkan semangat dan nilai yang dibawa sejak seri FFML, yaitu untuk memberi kesempatan bagi semua pemain untuk bisa bersaing di panggung esports profesional, baik di dalam negeri maupun di tingkat regional.

Jalan Panjang Menuju FFWS Indonesia Spring 2024

Rangkaian babak kualifikasi menuju FFWS Indonesia Spring 2024 sudah dimulai melalui turnamen Free Fire Nusantara Series (FFNS) 2 yang sedang berlangsung. Turnamen ini membuka berbagai jalur kualifikasi untuk tim profesional maupun komunitas, mulai dari jalur Open Qualifier, City Qualifier, hingga Guild War.

Rangkaian FFNS 2 akan ditutup dengan babak Main Stage yang mempertemukan 18 tim dari semua jalur kualifikasi untuk memperebutkan slot FFWS Indonesia Spring 2024. Adapun, 18 tim di yang akan bertanding di babak Main Stage nanti adalah 12 tim dari City Qualifier, 2 tim Open Qualifier, 2 tim Guild War Qualifier, dan 2 tim Golden Ticket.

Jalur kualifikasi Guild War sudah dimulai sejak 11 November 2023 dan akan berakhir pada 23 November 2023. Sementara itu, jalur Open Qualifier sudah dimulai lebih awal, yakni pada 9-17 Desember 2023. Jalur kualifikasi terakhir, yakni City Qualifier dimulai pada 23 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024. City Qualifier dihelat di 72 kota di Indonesia, yang mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Ikuti terus berita terbaru Free Fire dan berita esports terlengkap di Ligagame Esports! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

EVOS Harvy Rebut Gelar Juara International Female Legends (IFL) 2023

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!