Ajang Kompetitif Antar Sekolah di Garena Youth Championship 2023!

by Febry "f0rsak3n" Susan

Garena Youth Championship (GYC) 2023 hadirkan turnamen esports Free Fire pelajar tingkat SMP dan SMA, in-game event menarik dan edukatifRangkaian Garena Youth Championship berlangsung 72 kota pada Juli-Oktober 2023 untuk mendorong positive gaming experience

Garena, developer dan publisher game terkemuka, akan menggelar Garena Youth Championship (GYC) 2023 yang berisi rangkaian turnamen Free Fire untuk pelajar tingkat SMP dan SMA dengan hadiah total dana pendidikan Rp200 juta dan beasiswa kuliah. Sebagai bagian dari inisiatif Garena Goes to School (GGTS) sejak 2017, keseruan GYC 2023 akan menghadirkan berbagai kolaborasi serta in-game event menarik dan edukatif untuk mengajak Survivors membanggakan sekolah mereka lewat prestasi di dunia game dan akademik.

 “Melalui GYC 2023, Garena ingin mengajak para pemain, terutama yang masih berada di bangku sekolah untuk berprestasi baik di dunia game dan esports maupun dunia akademik. Dengan misi menghadirkan positive gaming experience, Garena percaya kedua hal tersebut dapat berjalan beriringan dan saling melengkapi. Semoga inisiatif ini dapat menginspirasi lebih banyak Survivors untuk menjadi yang terbaik di sekolah dan juga di medan pertempuran Free Fire,” ungkap Hans Saleh, Country Head Garena Indonesia.

 

GYC 2023: Turnamen Esports Pelajar di 72 Kota

GYC 2023 merupakan turnamen esports Free Fire khusus pelajar SMP, SMA, dan sederajat. Setiap tim dapat mewakili sekolah mereka di turnamen ini dengan jumlah maksimum dua per sekolah. Untuk mendaftar dan bisa berkompetisi seluruh anggota tim diharuskan memenuhi syarat nilai rapor minimum tertentu. Dengan aturan itu, GYC 2023 menjadi turnamen esports pertama di Indonesia yang menggunakan nilai rapor sebagai syarat. Info lengkap dan tata cara pendaftaran dapat diakses di sini: https://linktr.ee/gyc2023.

GYC 2023 hadir 72 kota, mulai dari Medan, Jakarta, Samarinda, Makassar, hingga Jayapura. Turnamen ini diawali dengan babak City Qualifier sepanjang 6 pekan mulai 22-23 Juli 2023. Sebanyak 144 tim yang lolos dari babak tersebut, akan berlanjut ke babak Semi Final, League Stage, dan Final Day pada September-Oktober 2023. Hanya akan 12 tim terbaik yang bisa terus lolos ke babak Final Day dan memperebutkan gelar juara sekolah Free Fire terbaik di Indonesia.

Rangkaian GYC 2023 akan membagikan total dana pendidikan senilai total Rp200 juta Garena. Selain itu, 12 tim yang berhasil melaju ke babak Final juga akan mendapatkan beasiswa pendidikan dari Universitas Terbuka sebagai mitra Garena di GYC 2023.

Event Edukatif dan Kolaborasi dengan Windah Basudara

GYC 2023 juga akan dimeriahkan dengan berbagai in-game event dan kolaborasi menarik untuk mendorong positive gaming experience di kalangan Survivors Free Fire. Untuk itu, Free Fire bekerja sama dengan content creator Brando Franco Windah atau Windah Basudara yang akan berperan sebagai ‘Pak Guru Free Fire’ yang akan datang untuk mengingatkan para pemain tentang menjaga keseimbangan bermain game dan bersekolah.

“Saya senang sekali bisa menjadi bagian dari rangkaian Garena Youth Championship 2023 yang penuh dengan pesan positif. Semoga inisiatif ini bisa mengajak sebanyak-banyaknya pelajar supaya nggak cuma jago mabar, tapi juga jago belajar! Sebagai Pak Guru Free Fire, saya mengajak semua gamers dan pemain Free Fire untuk mengikuti dan meramaikan rangkaian GYC 2023!” ungkap Windah Basudara.

Bersama Windah sang Pak Guru Free Fire, akan ada sejumlah konten dan event in-game spesial GYC 2023 sepanjang 10-30 Juli 2023, di antaranya:

Misi Back to School
Survivors akan ditantang untuk login ke dalam game setiap hari untuk menyelesaikan misi khusus ‘Back to School’ di Free Fire. Setiap kali menyelesaikan event, Survivors akan mendapatkan berbagai hadiah menarik, seperti MP40 - Sneaky Clown Loot Crate dan Vampire Malevolance Loot Crate.

Ujian Harian Free Fire
Sesuai dengan misi utama GYC 2023, Survivors akan ditantang untuk mengasah kemampuan akademik mereka dengan menjawab Kuis Harian Free Fire yang berisi berbagai soal dari mata pelajaran sekolah. Semakin tinggi nilai yang didapatkan, Survivors bisa naik level untuk mendapatkan hadiah yang lebih menarik, seperti Incubator Voucher.

Pesan ‘Jago Mabarnya, Rajin Sekolahnya’
Windah sang Pak Guru Free Fire akan hadir langsung di dalam game untuk mengingatkan para Survivors agar tidak lupa menyelesaikan kewajiban akademik mereka di sekolah. Pesan dari Windah akan hadir di Loading Screen setiap akhir pertandingan.

Aktivitas Edukatif Bersama Komunitas Free Fire

Tak berhenti pada in-game event upaya mendorong positive gaming experience juga akan dilakukan Free Fire melalui berbagai event bersama komunitas pemain. Salah satunya adalah dengan memberikan memberikan apresiasi diamond (in-game currency Free Fire) kepada pelajar yang memiliki nilai rapor 100. Digelar sepanjang 1 Juli-31 Juli 2023 Pemain bisa mengklaim diamond ini dengan melakukan setor nilai kepada komunitas Free Fire terdekat.

Selain itu, Free Fire juga menggelar lomba esai bertema ‘Esports’ untuk pelajar tingkat SMP dan SMP. Sebanyak 4 pelajar yang memiliki essay terbaik akan mendapatkan apresiasi berupa dana pendidikan dari Garena. Pemenang lomba esai terbaik ini akan diumumkan melalui kanal Free Fire Community ID. Lomba esai akan berlangsung sepanjang 20 Juli-30 Oktober 2023.

Seluruh rangkaian GYC 2023 mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), dan berbagai sekolah sebagai tuan rumah di 72 kota. Rangkaian GYC 2023 juga didukung oleh Smax dan Universitas Terbuka.

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!