DPR RI dan Menpora Sepakati RUU SKN 2005 Jadi RUU Keolahragaan

RUU SKN 2005 Berubah Jadi RUU Keolahragaan

Rancangan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN) akhirnya disepakati oleh pemerintah dan Komisi X DPR RI menjadi undang-undang (UU) rapat yang digelar di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (14/2). Hal substansial yang berubah adalah judul RUU ini dari SKN menjadi Keolahragaan. Baik pemerintah maupun DPR menerima laporan Panitia Kerja RUU Keolahragaan.

Dilansir dari situs resmi DPR-RI, dalam rapat kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali semua fraksi di Komisi X DPR menyetujui agar RUU ini dilanjutkan pembahasannya ke pengambilan keputusan pada pembicaraan tingkat II di rapat paripuma DPR RI. "Komisi X DPR RI dan pemerintah menyepakati judul RUU menjadi RUU tentang Keolahrgaaan," jelas Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda saat memimpin rapat.

RUU ini segera menggantikan UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang SKN yang tak mampu lagi menampung isu-isu mutakhir dunia olahraga. Ketua Panja RUU Keolahragaan Dede Yusuf dalam laporannya menyebutkan, RUU Keolahragaan yang merupakan inisiatif DPR telah membahas 861 Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dan telah menyelesaikan pembahasannya dalam waktu tiga kali masa sidang.

"Meskipun di tengah pandemi Covid-19 dan munculnya varian omicron, proses pembahasan RUU SKN berjalan sesuai jadwal dimana Panja dapat menyelesaikan kerjanya selama tiga kali masa sidang kurang 3 hari," ungkap Dede. Politisi Partai Demokrat ini dalam laporannya menguraikan, ada 39 DIM yang diubah, 123 DIM dihapus, 387 DIM usulan baru, dan 112 DIM diubah substansinya.

BACA JUGA: PBESI Rilis Butir Aturan Esports di Indonesia

Dalam pandangannya, Menpora Zainudin Amali menyampaikan, RUU Keolahragaan yang telah disepakati pemerintah dan DPR ini betul-betul untuk pembangunan olahraga. Pembangunan olahraga akan menjadi pendorong untuk mencapai pembangunan nasional di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, sosial, maupun budaya. 

Rapat RUU SKN membahas dua isu utama. Isu mayor antara lain ruang lingkup olahraga berbasis teknologi, big data olahraga, industri olahraga, olahragawan sebagai profesi, jaminan sosial, penghargaan olahraga, dan sumbangan badan usaha atau CSR. Selanjutnya juga perihal dana langsung ke cabang olahraga, kelembagaan sengketa, badan anti-doping dan lembaga anti toping Indonesia, pendanaan olahraga, kelembagaan KONI, dan KOI serta suporter.

Sedangkan isu minor, berkaitan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), pelatih olahraga, tugas wewenang dan tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah, sarana dan prasarana, infrastruktur olahraga, penyandang disabilitas dan naturalisasi atlet.

diskusi ji uu keolahragaan untuk prestasi 5e743

Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Olahraga

Adapun  bagian yang mengalami perubahan pada pasal yang mengatur penyelenggara dan penyelenggaraan kegiatan olahraga. Pada SKN 2005 hal ini diatur pada Pasal 51 yang berbunyi: 

skn olahraga 2005 pasal 51 76382

Lalu, ketentuan sanksi dan pidana diuraikan terpisah pada Bab XXII, Pasal 89. 

skn 2005 n04 fc378

skn 2005 1 32d0a

Sementara  dalam RUU Keolahragaan Nasional hal yang mengatur penyelenggaraan kegiatan olahraga dituangkan pada Pasal 103 yang berisi:  

uu skn 2022 pasal 103 8300f

Pasal soal penyelenggaraan ini juga berlaku untuk event esports sebagai olahraga elektronik. Untuk itu, hal ini juga menjadi perhatian bagi insan dan penggiat esports di Tanah Air. Perlu di-highlight juga sedikit perubahan aturan sanksi yang akan diterima. Secara esensi pasal ini ditujukan untuk menjaga pelaksanaan sebuah event olahraga demi terciptanya iklim yang kondusif dan ideal. 

Ikuti terus berita game dan esports terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

INDONESIA TUAN RUMAH IESF Esports World Championship Ke-14 2022

 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!