Valve Akan Bekerja Sama untuk Akses Dota 2 dan CS:GO di Indonesia

Valve

 Dota 2 dan CS:GO masih belum bisa diakses oleh pemain Indonesia seiring pemblokiran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
Pejabat senior di Kementerian Komunikasi Indonesia, Semuel Abrijani Pangerapan, meminta maaf kepada para gamer tetapi mengatakan pemerintah tidak punya pilihan karena Valve belum memenuhi persyaratan pendaftaran. Semuel juga mengkonfirmasi bahwa Valve telah menghubungi pemerintah dan sedang mencari solusi.

Gamer dari seluruh Indonesia tidak dapat mengakses Dota 2 dan CS:GO, setelah game tersebut bersama dengan keseluruhan entitas seperti Steam, Epic Games, dan lainnya. Di Indonesia, perusahaan-perusahaan ini telah diblokir untuk masuk ke negara itu karena mereka belum terdaftar di Kominfo, Kementerian Komunikasi dan Informatika negara itu.

Niko Partners melaporkan bahwa Kominfo memberlakukan peraturan baru yang mewajibkan perusahaan (baik asing maupun lokal) yang beroperasi di Indonesia untuk mendaftarkan diri ke Kementerian sebelum 29 Juli atau menghadapi "peringatan resmi, denda uang, dan pemutusan akses."

Untuk Steam, akibat belum melakukan pendaftaran telah menghapus layanan game-nya (termasuk Dota 2 dan CS:GO) dari Indonesia. Namun, Valve sedang berupaya memperbaiki masalah ini sesegera mungkin menurut laporan dari saluran media Indonesia IDX Channel.

Developer Dota 2 Valve bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia
Sementara banyak gamer Indonesia yang menghindari larangan dengan mengubah koneksi server DNS atau menggunakan layanan Virtual Private Network (VPN), Valve dilaporkan telah menghubungi pemerintah untuk memperbaiki masalah ini.

Semuel Abrijani Pangerapan, pejabat senior di Kementerian Komunikasi Indonesia, meminta maaf kepada para gamer atas gangguan layanan tetapi menyatakan bahwa pemerintah tidak punya pilihan karena entitas ini belum memenuhi aturan pendaftaran.

Pejabat tersebut membela langkah-langkah ini sebagai perlindungan bagi pengguna internet Indonesia dan ekosistem digitalnya, meminta entitas seperti Valve dan Epic Games untuk memenuhi persyaratan pendaftaran dan menghormati aturan yang ada dengan cepat, sehingga pengguna tidak akan merasakan dampak larangan untuk waktu yang lama. .

Dia juga menambahkan bahwa Valve telah berkomunikasi dengan Kominfo sejak kemarin dan sedang berupaya memulihkan layanan gamenya termasuk Steam, Dota 2 dan CS:GO.

Setelah pemblokiran, Kominfo menjadi incaran meme dan kritikan dari para gamer karena memblokir Steam, Dota 2 dan CS:GO. Di Twitter, tagar #BlokirKominfo (Blok Kominfo) menduduki puncak grafik tren dengan banyak pengguna yang mengejek keputusan pemerintah untuk memblokir Steam pada akhir pekan.

Game dari Riot Games (termasuk Valorant, League of Legends, Wild Rift), Krafton (PUBG Mobile, New State), dan studio lain yang telah mendaftar Kominfo saat ini berjalan dengan lancar.

ligagame home of dota2 indonesia 7b308

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

LigaGame Dota is Back! Siapa yang Kangen? Arlington Major di Monitormu!

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!