Setelah Satu Dekade, Jacky "EternaLEnVy" Mao Pensiun dari Dota2

by Visahat
Jacky "EternaLEnVy" Mao-pensiun-dari-dota2

Pemain Kanada Jacky "EternaLEnVy" Mao telah mengumumkan pensiun dari kompetisi Dota 2. Keputusan ini diumumkan lewat akun Twitter pribadinya, Sabtu (2/7) dengan satu kalimat "Retired Competitive". Hal ini tidak terlalu mengejutkan bagi sebagian fans menginat EternaLEnVy cukup lama absen dari scene pro Dota 2 sejak Oktober 2021. Meski begitu, fans akan merindukan salah satu pemain dengan karakter eksentrik yang telah berkiprah selama satu dekade. 

EternaLEnVy, 31 tahun, memulai karier pro bersama tim No Tidehunter pada tahun 2012. Dota 2 membawanya melanglang buana, bermain dengan lebih dari 20 tim berbeda dari berbagai region. Kemenangannya yang paling terkenal datang dengan Team Secret di Shanghai Major 2016.

EternaLEnVy telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain Dota 2 yang paling menghibur, yang dikenal dengan gaya bermainnya mengejar hasil maksimal meski berisiko tinggi. Permainannya dengan hero Ember Spirit saat menghadapi Evil Geniuses di Frankfurt Major mungkin berada di puncak daftar tersebut. Ia juga sempat menjadi pusat dari beberapa kontroversi, termasuk diusir dari skuad dimana ia baru saja bergabung. 

Kepribadian eksentrik EternaLEnVy seakan termanifestasi dalam gameplay-nya. Dikenal karena manuver mengamuk selama masa test, orang Kanada ini dijuluki sebagai "EE-sama" dalam bahasa penggemarnya. "Sama" dalam Bahasa Jepang berarti seseorang yang harus dijunjung tinggi. Meskipun tidak banyak meraih prestasi (baik Major atau TI),  EternaLEnVy menjadi salah satu pro player dengan fanbase terbesar di Dota 2.

Well, tampaknya seiring umur dan perkembangan game Dota2 itu sendiri, "EE" sudah mencapai "kesadaran" soal kemampuannya. Hl ini tergambar lewat cuitannya pada Oktober 2021 silam, tepat saat berlangsungnya The International 10 (TI10). 
Saat itu EternaLEnVy menyatakan ia tidak akan rehat atau pensiun, namun dia merasa tidak lagi bisa mencapai level permainan tertinggi setelah menyaksikan gameplay dari Illya "Yatoro" Mulyarchuk, carry Team Spirit, juara The International 10 (TI10).  

twitter eternal envy oktober 2021 3ac93

EternalEnVy kemudian memilih keluar dari Dota Pro Circuit (DPC) 2021-22 Tour 3. Ia terkahir tampil di scene pro untuk 4 Zoomer pada September 2021 di BTS Pro Series S8: Americas. Dalam delapan bulan terakhir, EternaLEnVy sesekali aktif streaming Dota 2 di akun Twitch-nya. Ia terakhir live streaming 24 hari yang lalu.  EternaLEnVy tampaknya bekerja keras untuk membentuk tubuhnya, seperti yang terlihat dalam tweet terbarunya, seperti postingan pada 10 April di mana dia mengatakan bahwa dia telah memasang "taruhan $20.000 USD untuk mendapatkan six pack dalam 3 bulan."

Karier kompetitif Dota 2 EternaLEnVy dimulai dengan No Tidehunter pada tahun 2012, dan ia kemudian bermain untuk lebih dari 20 tim di berbagai wilayah selama sepuluh tahun kiprahnya di scene kompetitif. Namanya mulai bergaung saat tampil bersama Speed ​​Gaming.int di MLG Championship Columbus pada 2013. Setahun kemudian EternalEnVY bergabung bersama Cloud 9 pada 2014-15, Team Secret pada 2015-16, Team NP pada 2016-17, dan Fnatic pada 2017-18. EternaLEnVy memenangkan satu-satunya Dota 2 Major saat bersama Team Secret di Shanghai Major 2016. Menurut data Liquipedia, EE telah meraup hadiah uang $995.465 USD sepanjang kariernya.

Setelah berkiprah selama satu dekade, melalui situasi pasang-surut, membawa momen mendebarkan dan hiburan bagi pemirsa dan penggemar, EternaLEnVy akhirnya pamit dari panggung. Sip ya kira-kira pro player yang punya karakter mirip-mirip EternaLEnVy. Ligagamers punya kandidat? Tulis di kolom komentar ya!

ligagame home of dota2 indonesia 7b308

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

N0tail Ungkap Kapan Akan Kembali ke Scene Kompetitif Dota 2

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!