Sebastien Ceb Pensiun Dari Scene Pro Dota2

Sebastien Ceb Pensiun

Sebastien "Ceb" Debs, juara dua kali The International (TI), mengumumkan pensiun dari kompetisi Dota 2. Bergabung sejak 2016 dan menjadi tulang punggung tim OG selama bertahun-tahun, Ceb menyampaikan perpisahan dan pesannya melalui video yang dibagikan OG.

Ceb menyatakan bahwa keputusannya lebih karena tidak adanya pola pikir menyeluruh. Setelah memenangkan beberapa gelar Major sebagai pelatih OG dan gelar TI back-to-back sebagai pemain offlane, Ceb yakin bisa mempertahankannya di TI10, namun sayang hal itu tak tercapai.

Beberapa waktu lalu Ceb pernah memutuskan untuk mundur, yakni sebelum kualifikasi regional TI10 pada Juli 2021. Ceb terakhir bermain untuk OG di TI10 di mana tim finis di urutan 7-8. Setelah turnamen tersebut, ia men-tweet bahwa TI10 adalah turnamen terakhirnya.

Ceb mundur dari pro scene Dota 2
“Setelah bertahun-tahun kerja keras dan dedikasi, @Ceb mengundurkan diri dari bersaing di level tertinggi,” tulis OG di akun Twitter-nya.

“Pola pikir menang-atau-kalah, yang telah mendorong seluruh karier saya… Saya tidak memilikinya lagi. Saya tidak pernah berkomitmen untuk tim atau orang kecuali saya tahu saya siap untuk memberikan setiap tetes energi dan setiap detik waktu saya ke dalamnya, ”jelas Ceb sebagai salah satu alasan keputusannya untuk meninggalkan kompetisi Dota 2.

Ceb juga menyinggung  selama ini ia terus bersaing karena chemistry tim yang ia nikmati di OG juga menuntut  semakin banyak pengorbanan dalam hidupnya menjadi berharga. “Ada satu hal yang membuat saya terus maju adalah chemistry yang saya miliki dengan rekan satu tim saya. Perasaan kepercayaan buta itu, untuk membuat keajaiban ini terjadi sangat berharga karena itu adalah sesuatu yang telah saya pelajari untuk mengetahui betapa berharganya itu dan betapa langkanya itu dan berapa banyak yang dibutuhkan untuk membangunnya.”

“Selama saya bisa mencicipinya, itu membuat saya terus berjalan. Ketika saya menyadari bahwa hal ini tidak sekuat dengan roster ini, mungkin itu menunjukkan kepada saya bagaimana mungkin sudah waktunya untuk melihat pengorbanan dan memutuskan apakah itu layak atau tidak, ”kata Ceb.

Ceb pensiun dari Dota2 501e0

Ceb menyebut peran N0tail dalam karirnya.

Catatan blog di situs resmi OG juga menyertakan kutipan dari Ceb yang menyebutkan kesehatannya sebagai alasan lain untuk keputusan tersebut. “Sekarang bahkan tubuhku terluka karenanya. Dan saya harus mendengarkan tubuh saya sendiri. Sebanyak yang saya berikan untuk game ini, saya tidak bisa melakukannya lagi.”

Sembilan hari sebelum TI10, sang pemain telah menjalani operasi mata darurat.

Sementara Ceb tahu dia akan pensiun sebelum kualifikasi regional TI10, dia tidak memberi tahu rekan satu timnya karena dia ingin semuanya berjalan normal.

Ceb telah pensiun dari kompetisi Dota 2 sekali, pada Januari 2020. Namun, ia kembali enam bulan kemudian. Menurutnya, perbedaan dulu dan sekarang adalah masih memiliki drive dulu, tapi dia tidak merasa bersaing dengan baik, sementara sekarang yang hilang adalah drive. Ceb tidak yakin tentang rencana masa depannya. Sebagai pendiri OG, ia kemungkinan akan tetap terlibat dalam beberapa kapasitas. Lebih lanjut, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya sepanjang perjalanannya dan menyatakan bahwa OG Dota 2 akan tetap ada.

Setelah memenangkan beberapa gelar Major sebagai pelatih untuk OG dan gelar TI back-to-back sebagai pemain offlane, Ceb mengakhiri karir bintangnya di Dota 2. Menurut Penghasilan Esports, Ceb adalah pemain Dota 2 terkaya keempat di dunia dengan perkiraan penghasilan $5,773,812 USD pada saat artikel ini ditulis.

Roster Dota 2 OG sekarang terdiri dari pemain berikut:

TBD

Topias Miikka "Topson" Taavitsainen

TBD

TBD

Johan "N0tail" Sundstein

Apakah N0tail dan Topson akan terus bertahan dan bermain untuk OG? Menarik dinanti, karena seperti umum diketahui, Topson juga telah beebrapa kali menyatakan iatnya untuk mundur dari scene kompetitif. Akankah N0tail menjadi satu-satunya veteran yang bertahan dengan lineup baru OG? Jawabannya segera terungkap karena batas waktu penguncian roster tinggal tiga hari lagi.

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!