RSG, Dari Open Qualifiers Menuju Divisi 1 DPC Andalkan Roster Kombinasi

by Zili
RSG dota 2

Scene kompetitif Dota 2 Asia Tenggara memang sangat sulit untuk di prediksi. Banyaknya talenta muda dan tersembunyi membuat pertarungan memperebutkan siapakah tim terbaik di Asia Tenggara sangatlah menarik untnuk disimak. Di ajang DPC SEA 2021/2022 Tour 2 sendiripun qualifikasinya dihiasi dengan nama nama yang tidak dapat kita remehkan. Walaupun terhitung hanya tim “stackan”, tetapi hal itu tidak membuat lawan harus menganggap remeh tim “stackan” tersebut. Kesempatan tim-tim yang beradu dalam kualifikasi pun dinilai sangat sepadan.  Begitu pula dengan rising star asal tim asal Singapura, RSG.

RSG adalah sebuah tim esports yang berbasis di negara Singapura. Tim ini adalah tim yang dulunya sempat beken dengan nama Resurgence. Mantan pemain mereka pun tidak main main. Deretan nama seperti Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong, Yusuf "Yabyoo" Kurniawan asal Indonesia, dan Yang "Deth" Wu Heng sempat menjadi rekan tim dan membela RSG pada tahun 2019. Kiprahnya di skena kompetitif Dota 2 Asia Tenggara tidak cukup baik. Hasil terbaik mereka adalah finish di urutan ke-3 Asian DOTA2 Gold Occupation Invitational Competition S5. Oleh karena itu organisasi tersebut memutuskan untuk merilis semua kontrak pemain dan memutuskan untuk tidak melanjutkan berkompetisi di skena kompetitif Dota 2 Indonesia dan memilih untuk menonaktifkan tim sementara.

Sempat inaktif selama dua tahun akhirnya Resurgence kembali ke skena kompetitif Dota 2 Asia Tenggara dengan menggaet tim stackan milik pemain yang sudah sempat melanglang buana di divisi 1 dan 2 DPC SEA yaitu Ng “xsilearn” Anwei dan kawan kawan. Tim stackan ini adalah tim yang berisikan pubstar karena rata-rata pemainnya mengisi top 25 klasemen leaderboard MMR Asia Tenggara. Mereka juga me-rebrand organisasi dengan nama baru yaitu RSG. Berikut adalah roster full milik RSG :

Wong "mks" Sim An

Ng "xsilearn" Anwei

Lee "X1aOyU" Qian Yu

Trần Hoàng "xiaobonbon" Minh Quý

Tan "Roddgeee" Boon Thye

Perjalanan RSG pun bak layaknya kisah-kisah film kartun Disney. Bagaimana tidak, sebuah tim stackan yang berawal dari Open Qualifiers bisa tembus ke divisi 1 tanpa satu kalipun kekalahan. Padahal di divisi 2 terdapat tim tim garang lainnya seperti Army Geniuses, Talon Esports, dan juga TNC Predator. Mereka keluar sebagai pemenang dengan skor sangat mengesankan yaitu dengan cara menyapu bersih semua pertandingan yang ada dengan skor akhir 7-0. Dengan demikian, RSG pun berhak naik ke divisi 1 DPC SEA bersama Talon Esports di posisi kedua dan akan bertemu tim-tim besar lainnya di divisi 1.

RSG-1_ff7af.jpg

Perjalanan Lee "X1aOyU" Qian Yu dan kawan kawan tentu saja tidak sesimple itu. Pada beberapa tahun sebelumnya, mereka sempat ikut Open Qualifiers DPC SEA tapi tidak tembus. Tapi di tahun ini, mereka dengan mengejutkan merangsak naik dengan permainan yang sangat impresif ke divisi 1. Kisah tim stackan yang di kontrak organisasi besar seperti ini sudah sering terjadi di Dota 2. Seperti Gaimin Gladiator di Western European DPC dan juga Team Undying di North America DPC. Tapi hal seperti apa yang dilakukan RSG adalah sebuah hal baru dan tidak pernah terjadi sebelumnya. Oleh karena itu, RSG layak untuk diwaspadai oleh tim tim besar di divisi 1 DPC SEA.

Kira kira apakah kisah “disney” yang ditunjukkan RSG di divisi 2 dapat berlanjut sampai divisi 1? Apakah mereka cukup kuat untuk melawan tim tim papan atas seperti Fnatic, T1 dan BOOM Esports? Mari kita tunggu kisahnya di SEA DPC tour selanjutnya.

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

N0tail Anggap Team Secret Bagus, Tapi Tidak Akan Juara TI11

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!