Ritual Cukur Botak di The International dan Faktanya di TI11

Ritual Cukur Botak di The International, Fakta di TI 11

Mengapa pemain Dota 2 memilih untuk botak alias mencukur habis rambut saat tampil di The International? Benarkah ini menjadi ritual jelang laga penting di turnamen esports paling akbar sejagad? Well, percaya atau tidak, "buff botak" ternyata masih bertuah di TI 11 bagi pemain yang melakukannya. Siapa sajakah dan bagaimana hasilnya?

Ketika mengikuti jalannya The International, kejuaraan dunia tahunan Dota 2, mungkin bertanya-tanya mengapa seorang pemain tiba-tiba memilih botak. Ini karena kebotakan telah menjadi sangat terkait dengan kemenangan di The International. Kekuatan kepala yang baru dicukur telah mendorong tim ke tingkat yang baru dan menghidupkan harapan dengan peluang yang hampir mustahil. 

Bagaimana tren kebotakan di Dota 2 dimulai, dan bagaimana pengaruhnya terhadap hasil pertandingan? Untuk mengetahui bagaimana tren yang tidak biasa ini dimulai, pertama-tama kita harus melihat sosok yang memulai semuanya. Dia adalah Illya “Yatoro” Mulyarchuk pemain carry Team Spirit.

yatoro team spirit TI 10 ce86c

BACA JUGA: Preview Tim 4 Besar The International 2022: Team Aster, Liquid, Secret dan Tundra

Yup! Lore buff botak dimulai pada TI 10 lalu, tepatnya tanggal 15 Oktober 2021, ketika itu Yatoro melangkah ke TI10 Main Stage dengan tampilan baru— sang carry mencukur licin rambutnya sebelum pertandingan eliminasi melawan VP.

Team Spirit secara historis punya rekor menyedihkan menghadapi VP, kalah 29 dari 30 pertandingan di regional CIS. Namun, di Rumania, Team Spirit berhasil mengalahkan VP 2-1 di perempat final lowe bracket. Yataro yang baru saja cukur botak, bermain luar biasa, mencatatkan KDA 30/12/27. Dalam sesi wawancara pasca pertandingan itu Yatoro mengatakan bahwa ia mengubah gaya rambutnya (menjadi botak) untuk meningkatkan peluang timnya untuk menang.
“Saya mencukur rambut saya sebagai pengorbanan untuk dewa Dota,” kata Yatoro.

yatoro TI10 b36b8

Buff botak Yatoro ternyata berlanjut hingga tim Eropa Timur dinobatkan sebagai juara TI10 dan membawa pulang hadiah utama sebesar US$18.208.300, Maka, lahirlah ritual botak sebelum pertandingan-pertandingan penting di turnamen terakbar Dota 2 tahunan ini. 

Well, percaya atau tidak, "buff botak" ternyata masih bertuah di TI 11 bagi beberapa pemain yang melakukannya. Siapa sajakah mereka dan bagaimana hasilnya?   

Daftar pemain yang baru cukur botak di TI11

 pemain dota 2 cukur botak di The International 2022 2d26f

Skem - BOOM Esports

Dota2 BOOMEsports Skem BaldBuff TI11 68c16

Di babak penyisihan grup, BOOM Esports hampir tersingkir dari TI11 ketika mereka mengakhiri hari ketiga dengan rekor 3-13. Faktanya, BOOM Esports hanya memiliki peluang 1,42% untuk mencapai TI11 Playoffs, menurut ahli statistik esports Dota 2 Ben “Noxviller” Steenhuisen.

Untuk meningkatkan peluang timnya, pemain support posisi 5  Rolen “skem” Ong memutuskan untuk mencukur kepalanya, yang mengubah nasib mereka selamanya. BOOM kemudian mengalahkan peringkat pertama Grup A Evil Geniuses 2-0 di Babak Grup TI11. Skuad Asia Tenggara kemudian menyingkirkan Soniqs dan Gaimin Gladiators setelah unggul 1-0 di dua laga tiebreak best-of-one.

Kekuatan buff botak pun berlanjut ketika BOOM Esports menyingkirkan juara TI10 Team Spirit di lower bracket. Yes! Yatoro, pemain yang memulai tren buff botak telah menyerah pada ritual yang ia ciptakan. Agaknya carry Team Spirit itu tidak memberikan persembahan kepada para dewa Dota tahun ini, dan berkompetisi dengan rambut.  

BACA JUGA: Tekuk VP 2-0 Team Secret Lolos ke TI11, Puppey The International Immortal!

Pandamoo - Thunder Awaken

Tahun ini di The International 2022, dua pemain telah menuai manfaat dari buff botak. Skuad Amerika Selatan Jose “PandaMoo” Hernandez dari Thunder Awaken telah mencukur rambutnya tepat sebelum menghadapi tim kuat dan favorit TI11, Evil Geniuses.

Dota2 ThunderAwaken pandaMoo Baldbuff TI11 14d57

Hasilnya, TA menang 2-0 di perempat final upper bracket . Kemenangan TA berarti bahwa untuk pertama kalinya, tim Amerika Selatan mencapai enam besar selama 10 iterasi The International.

Arteezy - Evil Geniuses

Artour “Arteezy” Babaev juga mencukur rambutnya untuk menjaga harapan timnya setelah diturunkan ke lowr bracket oleh Thunder Awaken. Sayangnya, lawan mereka berikutnya yakni beastcoast juga memiliki buff botak ketika asisten pelatih tim Eduardo “Raykill” Nuñez mencukur rambutnya sebelum pertandingan eliminasi.

Dota2 EvilGeniuses Arteezy Baldteezy 3f83a

Beastcoast berhasil mengungguli EG dengan skor 2-0, skuad Amerika Selatan maju ke perempat final lower bracket menghadapi PSG.LGD. 

eg vs beastcoast 52376

Agaknya Arteezy yang telah berupaya dengan buff botak masih belum mematahkan "curse" atau "kutukan" yang dibawanya. Yup, "Arthreezy" menjadi plesetan dari namanya karena saking seringnya Arteezy menjadi juara 3 di hampir di setiap tim maupun turnamen yang diikuti sebut saja DAC 2015, Frankfurt Major 2015, Shanghai Major 2016, Boston Major 2016, Kiev Major, DreamLeague Season 8, TI8, Kuala Lumpur Major, Chongqing Major, dan Disneyland Major. 

Puncaknya adalah di TI8 ketika dalam sebuah wawancara pemain EG, Sumail menjawab pertanyaan reporter, “Apa yang menghalangimu untuk memenangkan TI untuk kedua kalinya?” Sumail singkat berkata, “Artour”. Seakan terbukti,  pada TI8 EG finish di peringkat ketiga.  

BACA JUGA: Sejarah Angka Keramat 322 di Dota 2 dan Meme yang "Ga Pernah Mati

Buff botak telah melakukan keajaibannya di TI11. Setidaknya masih bertuah membawa kemenangan bagi tim meski tampaknya buff tersebut tidak sesempurna yang dimiliki Yatoro dan Team Spirit di TI 10. Apakah karena cooldown yang cepat atau kehabisan mana? 

Well, masih banyak lagi mitos seputar The International, apakah itu ritual pembawa keberuntungan atau kutukan, yang semuanya boleh jadi berdasarkan fakta dan cocoklogi catatan data. Sebut saja misalnya kutukan Dota 2 yang paling terkenal "TI Curse", yang menyebutkan bahwa tim juara TI akan mengalami penurunan performa di TI berikutnya. Hal ini bisa jadi dialami Team Spirit, namun kutukan ini sudah dipatahkan OG yang menjadi juara sebanyak dua kali beruntun di TI8 dan TI9. Sama halnya dengan mitos " ganjil dan genap’, dimana TI pada tahun ganjil akan dijuarai tim di luar China dan sebaliknya untuk tahun genap.

Well,  kini hanya empat tim yang masih akan bertanding di TI11, dimana tiga dari WEU dan hanya ada satu wakil DPC China. Jika mengikuti mitos, boleh jadi tahun ganjil memang bukan milik tim Dota Tiongkok. Apalagi, jika Team Aster sudah harus gugur saat menghadapi Team Liquid. Jika Team Aster kalah, bisa dipastikan Aegis of Champions tahun ini akan dikirim dalam penerbangan ke Eropa.  

So, akankah ada lagi tim yang menggunakan buff botak di 4 besar TI 11? 

crystallis matumbaman dota 2 a74e3

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

ligagame home of dota2 indonesia 7b308

Baca selanjutnya:

The International 2022: Misha Ingin Kembalikan Identitas OG 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!