Kisruh, Fnatic Dinyatakan Lolos Direct Invite The International 11 Mengganntikan Virtus Pro

by Zili
Fnatic Dinyatakan Lolos Direct Invite The International 11

Drama direct invite The International 11 ternyata belum selesai setelah Valve merilis list lengkap tentang pemenang yang layak mendapatkan direct invite ke event akbarnya tahun ini yaitu The International 11. Outsiders/Virtus Pro dinyatakan gagal untuk dapat melenggang masuk ke event ini tanpa kualifikasi setelah penghitungan yang dilakukan oleh Valve secara resmi di websitenya. Fnatic hanya unggul satu poin dari Outsiders dalam total poin DPC 2021-22 resmi Valve, menjadikannya tim ke-12 dan terakhir yang lolos ke TI11 berdasarkan poin DPC. Ini bukan yang diharapkan komunitas Dota 2.

Menurut Liquipedia, Outsiders/Virtus Pro adalah tim terakhir yang lolos ke TI11 berdasarkan poin DPC awal pekan ini, dengan Fnatic hanya kehilangan 0,05 poin. Ketidakcocokan poin DPC antara Valve dan Liquipedia ini tampaknya merupakan konsekuensi dari Valve yang membulatkan jumlah poin Outsiders/Virtus Pro setelah setiap hukuman poin karena pergantian pemain. Kejadian serupa pernah terjadi di The International seri yang lalu ketika Soniqs/Quincy Crews mengalami perbedaan poin desimal alias kurang dari satu. Hal ini membuat para komunitas Dota 2 terutama yang berasal dari CIS bertanya tanya.

Akhirnya Valve mengeluarkan statement resmi tentang apa yang terjadi. Mereka berkutat bahwa Liquipedia adalah sumber unofficial dan tidak bisa dijadikan acuan. Dengan demikian, Fnatic lah yang berhak masuk mengambil slot terakhir di direct invite The International 11 menggantikan Virtus Pro. Hal ini sangat menggemparkan dikarenakan Virtus Pro sendiri adalah salah satu organisasi yang cukup besar di Rusia.

Permasalahan ini akhirnya diselesaikan oleh statement resmi dari Valve yang mengatakan bahwa :

“We are aware of a discrepancy regarding how the DPC standings are calculated when compared to unofficial sources. The DPC website https://dota2.com/esports/ti11/tistandings reflects the official standings for the 2021-2022 season”

Hal ini diperparah oleh Valve ketika mereka tidak hanya secara terbuka mendiskreditkan salah satu sumber informasi terpelihara terbaik untuk Dota dan beberapa adegan kompetitif game lain sebagai "sumber tidak resmi." Statement versi bahasa spanyol dari blog resmi mencantumkan Outsiders, bukan Fnatic, yang mengklaim bahwa Outsiders lah yang memegang tiket menuju TI, yang menyebabkan beberapa orang percaya bahwa komunikasi juga ditangani dengan buruk secara internal.

Sampai sekarang, tampaknya Fnatic akan menghadiri TI11 melalui undangan langsung, kecuali jika ada perubahan, yang berarti Outsiders harus bermain di kualifikasi regional Eropa Timur untuk mendapatkan kesempatan lolos atau mencapai Last Chance Qualifiers. Kualifikasi Regional akan berlangsung dari 3 hingga 18 September dengan LCQ tersebut diadakan di Singapura dari 8 hingga 12 Oktober menjelang acara utama TI11. Stay grind, stay green!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!