Menengok Sejenak Scene Dota 2 yang Sempat Menggemparkan Esports Indonesia

Apakah benar begitu ? Yuk, simak artikel ini!
scene dota 2

Game online DOTA 2 sudah bisa menjadi tempat mata pencaharian bagi para gamers di seluruh dunia. Fee, honor atau upah yang diterima  seluruh anggota team (manajer, coach, pemain, captain dan sebagainya) sudah berada di atas rata-rata gaji UMR, khususnya di Jakarta. Besarnya upah atau bayaran yang diterima tentu menarik perhatian gamers ,khususnya pemain Dota 2. Upah yang diberikan tentunya sudah bersih penghasilannya dari biaya apapun dan cukup berfokus pada pertandingan yang akan dijalani. Nominal bayaran pun masih bisa bertambah karena mendapatkan bonus atau memenangkan suatu kompetisi Dota 2 (tournament).

041587900 1521266251 IMG 20180317 100443446 7e6e9

Pesatnya perkembangan esports juga turut menarik beberapa sponsor ikut berpartisipasi team yang mengikuti sebuah pertandingan besar dalam kanca Nasional maupun Internasional. Perusahaan besar yaitu Gojek, Lenovo, Asus, Steelseries, Sades, NimoTv, GAMDIAS, Hp, dan sebagainya ikut mensponsori team-team besar di Indonesia seperti EVOS, RRQ, LOUVRE, BIGETRON, BOOM Esports (Tahun 2016-2019 lalu) dan lainnya mendapatkan funding dari para sponsor tersebut sesuai dengan tanda tangan kontrak yang sudah ditetapkan oleh para sponsor.

Sejumlah pro player Dota 2 Indonesia sudah memasuki tahap International, walaupun jumlahnya tidak sebanyak luar negeri. Namun hal ini patut diberikan jempol kepada para pemain seperti, InyourdreaM, Dreamocel, Mamang Daya, Xepher, Jhocam, dan lainnya.

inyourdream xepher 600x360 4a48b

Di dalam sebuah team Dota 2, hadir seorang Manajer mengatur segala keperluan jasa maupun material para pemain maupun kapten team tersebut. Maka dari itu, pemimpin serta manajer harus mampu mengontrol dan menjaga emosi para pemain untuk memiliki kemampuan dan gaya bermain yang berbeda dengan team lainnya. Berkomunikasi dengan baik dan memperbaiki segala kesalahan yang diperbuat oleh satu team ini dapat membuahkan hasil yang memuaskan, dapat membangun keharmonisan didalam team yang dapat menghilangkan stress, kepenatan, ketidakfokusan yang pada akhirnya menumbuhkan sebuah kepercayaan serta kebersamaan dalam team tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan performa pemain agar memenangkan tournament yang diadakan secara nasional maupun international.

BACA JUGA: inYourdreaM Daftar DPC 2021 Bersama Dreamocel Dan Chyuan

Dalam sejarah esports dunia, rekor total gelaran hadiah dalam satu turnamen masih dipegang  The International. Semuanya dimulai sejak Valve memberi pengumuman penting di tahun 2011 pada gelaran pertama The International yang saat itu memiliki total hadiah sebesar 1,6 juta dolar Amerika. Total hadiah ini berkembang pesat ketika gelaran TI ke-3 yang waktu itu memperkenalkan Compendium di mana para pemain bisa menyumbang beberapa dolar untuk setiap pembelian Compendium dan level yang ada di dalamnya untuk total hadiah TI 3. Sejak saat itu, angka perkembangan hadiah The International selalu berlipat dan semakin besar.

team-liquid-dota-2-the-international

Meski hadiah TI 8 menjadi yang terbesar dari semua gelaran The International, peningkatan nominalnya dari tahun lalu terbilang sangat kecil. Hingga tulisan ini dipublikasikan, total hadiah TI8 hanya sekitar 24.8 juta dolar Amerika. Selisih total hadiah dengan tahun lalu hanya sekitar puluhan ribu dolar saja dan itu berarti, angka total hadiah TI8 hanya naik sangat sedikit dibanding perkembangan angka prize pool yang biasa berlipat ganda atau naik lebih dari jutaan dolar. 

Dalam lapangan pekerjaan ini, para pemain Dota 2 digemparkan oleh 2 pemain asal Indonesia yakni Inyourdream dan Xepher serta anggota lainnya yang telah memenangkan Tournament dengan skala international yaitu DreamLeague season 10 dengan total jumlah hadiah sebesar US$ 1 juta dollar. Team Tigers meraih juara dan berhak atas hadiah – US$125.000 + 120 DPC + Kuala Lumpur Major 2018 seed. 

the-international-dota-2

Permainan Dota 2 memberikan tantangan tersendiri bagi setiap pemainnya sehingga memberikan motivasi serta mengevaluasi apa yang sudah dilakukan untuk menyelesaikannya secara bersama sebagai team. Permainan yang memberikan tantangan berbeda pada setiap pertandingannya ini memberikan dorongan agar lebih bersemangat lagi untuk melawan Team musuh yang lebih hebat dan kuat dalam meraih berbagai kejuaraan di Dunia. Kekalahan bukan berarti kegagalan, melainkan menjadi pembelajaran untuk mengembangkan karakter dalam permainan serta hasrat ingin menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Komunikasi yang dilakukan secara intens di dalam permainan dapat memberikan kepercayaan pada diri masing-masing para pemain lain sehingga mampu mengembangkan potensi karakter sesuai posisi yang dimainkan. Hal inilah yang dilihat oleh para sponsorship besar untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi para pemain Dota 2, tingkat kecerdasan dalam bermain, cara berkomunikasi, memotivasi pemain lain dalam satu team, serta dapat berkontribusi di dalam team tersebut.

Bagaimana menurut kalian sobat Ligagamers? Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya: Ppd Cabut Masa "Pensiun" Kembali ke DPC 2021 Bersama Team Dota2 Baru: SADBOYS

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!