3 Caster Dota 2 Indonesia Yang Sempat Jadi Pemain Pro, Siapa Aja?

by Zili

Di scene kompetitif Dota 2, terdapat beberapa komponen yang menjadikan scene itu hidup. Mulai dari pemain profesional itu sendiri, organisasi esports yang menampung mereka, penonton yang setia mendukung, caster dan talent yang meramaikan turnamen sampai crew dibelakang layar yang siap menyuguhkan visual yang ciamik dan juga turnamen yang bebas dari hambatan. Seluruh aspek tersebut secara kolektif terus-menerus menghidupkan scene yang dibilang orang-orang sudah mati. Komunitas Dota 2 memang bukanlah komunitas terbesar didunia, tapi ia akan tetap hidup karena dedikasi orang-orang didalamnya. 

Kecintaan dan dedikasi tinggi tentu bisa kita sematkan ke para caster dan talent yang ada di scene kompetitif Dota 2 tanpa terkecuali. Mulai dari caster-caster muda dan non-profesional, sampai caster-caster tingkat dunia yang selalu hadir di kancah tertinggi Dota 2 yaitu The International. Tiap tahunnya caster-caster muda dan berbakat terus berterbaran dan beregenerasi. Tapi tahukah kamu, ada beberapa caster-caster dan juga talent yang dulunya sempat menjadi pemain profesional tapi akhirnya mereka memutuskan untuk tidak melanjutkannya dan malah fokus menjadi talent atau caster.

Berikut adalah rangkuman 3 caster mantan pemain profesional :

1. Adit "Aville" Rosenda

Casters_2_3c958.jpg

Siapa yang tidak familiar dengan nama-nya? Ia adalah salah satu talenta emas Indonesia di cabang Dota 2 terdahulu. Ia adalah salah satu pembuka jalan para pemain Indonesia untuk bermain secara kompetitif dan profesional. Ia adalah salah satu pemain pertama yang dimiliki oleh EVOS Esports di cabang Dota 2. Pada saat bermain sebagai pemain profesional dahulu, ia berposisi sebagai offlaner dan juga kapten di tim. 

Bisa dibilang karirnya di EVOS Esports sangatlah baik. Tim tersebut sempat merajai scene turnamen Dota 2 Asia Tenggara. Bahkan mereka dulu sempat hampir lolos ke The International, tapi akhirnya gagal. Mimpi tersebut harus terkubur dalam dalam ketika EVOS Esports memutuskan untuk menyudahi kontrak milik Adit "Aville" Rosenda dan kawan-kawan. Waktu pun berlalu dan akhirnya Adit "Aville" Rosenda harus melanjutkan hidup. Ia akhirnya pensiun menjadi pemain profesional dann akhirnya merintis channel casting sendiri. Baru-baru ini namanya kembali kepermukaan setelah berhasil membawa pulang piala IESF WEC 2022 cabang Dota 2 sebagai pelatih utama. 

2. Yukatheo "you_K" Glen

castes-4_cd36a.jpg

BACA JUGA: Pecahkan Rekor, 23savage Pemain Dota2 Pertama yang Capai 13k MMR

Mantan pemain dari Army Geniuses ini bisa dibilang masih menjadi talenta muda terbaik di Indonesia. Kepiawaiannya menjadi kapten sekaligus hard support masih jarang kita temui di Indonesia. Walaupun namanya masih tertutup nama-nama beken seperti Matthew "Whitemon" Filemon dan Kenny "Xepher" Deo, tapi ia telah memberikan statement bahwa talenta nya bukanlah talenta kacangan. 

Sukses dengan Army Geniuses setelah masuk ke DPC SEA divisi 2 beberapa waktu lalu, ia akhirnya hengkang dari tim yang membesarkan namanya tersebut. Performa tim secara kesuluruhan masih menjadi alasan utama kenapa manajemen Army Geniuses memutuskan untuk menyudahi kontrak dari YouK. Saat ini ia fokus casting bersama talent organization terbesar Dota 2 Indonesia saat ini yaitu WxC Indonesia bersama Yudi "JustInCase" dan juga Vino "Veenomon". 

3. Indra "Vlaicu" Utama

Casters_3_d33b0.jpg

Sempat membela EVOS Esports bersama Adit "Aville" Rosenda, Indra "Vlaicu" Utama yang akrab dipanggil Emen ini akhirnya memutuskan untuk gantung keyboard. Awalnya ia berusaha "hijrah" ke Mobile Legend, tapi karena ada satu dua hal yang terjadi akhirnya ia mengurungkan niatnya. Tidak berhenti disitu, ia akhirnya kembali melakukan live bermain Dota di channel pribadinya sambil sesekali meng-casting dan juga menonton kembali replay bersama viewersnya. 

Saat ini Indra "Vlaicu" Utama masih aktif menjadi livestreamer. Tak jarang ia diundang ke WxC Indonesia sebagai analyst. Analisis presisi dan komentar-komentar mekanikal yang dilakukan Indra "Vlaicu" Utama masih dianggap paling mantap dan mudah untuk dipahami orang-orang awam Dota 2. 

Wah ternyata para caster itu adalah mantan pemain profesional ya guys. Kira-kira ada lagi gak ya caster yang dulunya pemain profesional? Yuk komen dibawah! Stay grind, stay green! 

ligagame home of dota2 indonesia 7b308

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

The Diretide 2022 Battle Level Telah Tiba di Battle Pass!

 

 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!