Mengalahkan G2, FaZe Clan Juara IEM Katowice 2022!

by Jessica Elaine
FaZe Berhasil Menjuarai IEM Katowice 2022

FaZe Clan berhasil menjadi juara atas IEM Katowice 2022, setelah mendapatkan kemenangan saat melawan G2 dengan skor 3-0. Pertandingan tersebut wajib ditonton oleh setiap penggemar CS:GO di seluruh dunia, dikarenakan kedua tim berhasil menunjukkan permainan terbaiknya di Spodek Arena. 

Pada babak Grand Final, G2 memiliki formasi lengkap kecuali Kepala Pelatih yaitu Rémy “XTQZZZ” Quoniam yang sempat dinyatakan positif COVID-19. Sementara untuk FaZe sekali lagi bermain dengan Justin “jks” Savage alih-alih Håvard “rain” Nygaard, yang juga tidak bisa bermain dikarenakan positif COVID-19. 

Peta pertama yaitu Inferno, ada di tangan G2. Mereka unggul 11-2 pada babak pertama dan beberapa poin peta pada babak kedua untuk menutup permainan. Tetapi, FaZe berhasil melawan dan membawa permainan tersebut ke arah perpanjangan waktu, setelah Robin “ropz” Kool bergerak sebagai ace yang fantastis di ronde ke-30, guna menjaga timnya agar tetap hidup. Pada babak overtime, semua dikendalikan oleh FaZe. Mereka berhasil memanfaatkan momentum dan menutupnya dengan skor 19-15. 

FaZe berhasil mendominasi paruh pertama Mirage dan  mengamankan peta lebih awal. Tetapi, sudah waktunya bagi G2 untuk memberikan semuanya guna menghindari kekalahan, yang pada akhirnya membawa permainan kembali kepada perpanjangan waktu. 

Hal ini menjadi peta turnamen yang paling menegangkan, dikarenakan memasuki perpanjangan waktu kelima, G2 memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Terutama saat Nemanja “huNter-” Kova sedang on fire. Dia berhasil melakukan 57 kill dan bermain lebih baik jika dibandingkan dengan sepupunya, yaitu Nikola “NiKo” Kova selaku superstar dari tim. 

BACA JUGA: s1mple Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Ukraina di IEM Katowice

Di sisi lain, meskipun G2 memiliki huNter-, FaZe juga memiliki Russel “Twistzz” Van Dulken dan jks. Keduanya memainkan peran kunci dalam kemenangan FaZe, sekaligus menjadi yang terakhir untuk menaklukan paku final  pada peti mati G2, yaitu saat ia mengalahkan Ilya “m0NEST” Osipov dan Aleksi “Aleksib” Virolainen dalam pertarungan satu lawan dua di lokasi bom B. Hingga akhirnya menutup permainan dengan skor 31-27 untuk mendukung FaZe Clan. 

Banyak penggemar dari seluruh dunia berpikir bahwa G2 akan menyerah setelah kejadian di Mirage. Tetapi, huNter- dan tim tetap mengangkat kepala mereka di Dust II, meskipun mengalami kerugian pada peta tersebut. FaZe pun lagi-lagi mampu menutup regulasi kali ini, dengan skor kemenangan 16-14. 

Baik NiKo maupun Helvijs “broky” Saukants, berada di puncak perebutan untuk gelar MVP sebelum Grand Final. Tetapi, setelah pertandingan berakhir, semakin jelas terlihat bahwa broky memiliki dampak yang lebih besar. 

NiKo memang memiliki permainan yang luar biasa. Tetapi hasil yang menyedihkan untuk penggemar G2, ia menyelesaikan permainan dengan K/D negatif baik di Inferno maupun Dust II. Broky, di sisi lain menyelesaikan permainan dengan K/D 95-80, menjadi salah satu pemain FaZe yang paling berpengaruh di belakang Twistzz. 

Kapten FaZe yaitu Finn “karrigan” Andersen merasa lebih emosional, jika dibandingkan dengan teman satu timnya setelah pertandingan selesai. Bagaimana pun juga, sang Veteran telah berada di dua Grand Final IEM Katowice sebelumnya. Tetapi, saat itu ia belum bisa membawa pulang gelar. 

“Saya seharusnya menang pada 2018, tetapi tidak, sekarang saya kembali dan memenangkan trofi Katowice ini,” kata pria asal Denmark tersebut sambil menangis. Para penggemar juga banyak yang meneriakkan namanya guna memberi dukungan. 

Watch on Twitch 

Dengan kekalahan ini, G2 mempertahankan kutukan Grand Final mereka, mengingat bahwa organisasi tersebut belum pernah memenangkan kejuaraan tingkat satu di CS:GO sejak DreamHack Masters Malmö pada tahun 2017. 

FaZe di sisi lain, telah memenangkan turnamen CS:GO besar untuk ketiga kalinya dengan stand-in. Mereka berhasil menunjukkan kepada dunia, bahwa mereka hadir untuk bersaing memperebutkan gelar, setelah perjalanan yang cukup mengecewakan di tahun 2020. Selamat untuk FaZe! GGWP!

Ikuti terus berita terbaru seputar CS:GO dan skena esports lainnya di Ligagame Esports! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Bintang CS:GO Prancis ZywOo UngkapTarget di Tahun 2022

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!