StarCraft ProLeague Dibubarkan, Akhir Dari Kompetisi Berusia 14 Tahun


KeSPA (Korean eSports Association) kemarin membuat pengumuman yang mengejutkan, karena turnamen esports kebanggaan negara Korea Selatan yaitu StarCraft ProLeague yang sudah berjalan selama 14 tahun kini resmi dibubarkan. Menurut Chairman dari KeSPA Jun ByungHun...

Penurunan jumlah team dan pemain profesional yang berkiprah di turnamen StarCraft ProLeague sudah menurun jauh, hal ini berimbas juga dengan sulitnya mereka untuk mendapat dukungan dari sponsor. Selain itu masih ada juga masalah lainnya yang jauh lebih pelik yaitu adanya permainan curang pengaturan skor (match fixing) di kalangan pemain profesional StarCraft yang kerap terjadi belakangan ini.

Setahun yang lalu, KeSPA menjauhkan sanksi larangan bermain seumumr hidup untuk 2 orang pemain pro StarCraft yang terlibat masalah pengaturan skor. Dari dua investigasi kriminal yang dilakukan berkembang ke beberapa kasus serupa, dan pada bulan April lalu diindikasikan sebanyak 10 orang pemain lagi juga terlibat permainan curang ini.

Jun ByungHun kembali mengatakan StarCraft "akan terus menjadi cabang esport global yang kompetitif," dan KeSPA akan "mencari cara untuk mendukung gamer pro yang akan bersaing di turnamen WCS Global Finals pada bulan November".

Di musim terakhir StarCraft ProLeague yang berlangsung September lalu, hanya ada 7 tim yang bertanding dan Jin Air Green Wings memenangkan babak playoff dan mengklaim hadiah utama sebesar $ 45.000. Dengan berakhirnya perjalanan kompetisi yang sudah berusia 14 tahun ini, ada 5 tim profesional StarCraft II yang juga turut membubarkan organisasinya yaitu SK Telecom, Samsung, KT, CJ, dan MVP.

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!