Presiden Joko Widodo Ingin E-Sports Masuk Sebagai Salah Satu Jurusan Pendidikan Di Indonesia

Melihat dunia E-Sports yang semakin maju, tampaknya membuat Presiden Republik Indonesia ke-7 Pak Joko Widodo tertarik untuk membawa E-Sports menjadi salah satu bidang pendidikan yang bisa dipilih oleh anak muda.

Hal ini disampaikan oleh Pak Jokowi ketika beliau membuka Pasanggirinas dan Kejurnas Silat ASAD 2017 di Jakarta Timur. Pak Jokowi menyatakan bahwa mengapa tidak kita bikin jurusan megatronika, jurusan logistik, jurusan retail, jurusan animasi, atau bahkan jurusan E-Sport. Pak Jokowi merasa bahwa jurusan pendidikan yang ada di Indonesia terlalu monoton dan seharusnya pendidikan mengikuti perkembangan jaman.

Presiden Joko Widodo merasa bahwa kini berbagai hal yang dulunya dirasa tidak penting seperti Video Game misalnya menjadi sebuah fenomena yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sehingga pendidikan tidak bisa hanya bertahan di jurusan-jurusan umum seperti ekonomi, hukum, sosial politik, ataupun teknik.

Hal ini wajar diutarakan oleh Pak Jokowi karena Pria kelahiran Surakarta ini memang dekat dengan teknologi. Beliau sering sekali meng-update VLOG pribadinya yang tampaknya membuat Pak Jokowi mengetahui perkembangan teknologi termasuk dunia E-Sports yang sedang berkembang pesat.

Kita dapat lihat ajang E-Sports yang sedang berlangsung saat ini seperti The International 7 yang total hadiahnya mencapai 24 Juta Dollar dan berhasil memecahkan rekor hadiah terbesar di sejarah E-Sports bahkan juga mengalahkan hadiah dari cabang-cabang olah raga pada umumnya. Selain itu E-Sport juga sudah dijadikan jurusan pendidikan di sejumlah negara. Di Chung Ang University, Korea Selatan, E-Sport masuk dalam program Bachelor of Science di Gaming Industry.

"Saya selalu menyampaikan kepada Menristek, Rektor kalau bertemu bahwa jangan sampai kita terpaku pada jurusan-jurusan ekonomi, hukum, sospol saja. Saya minta bangun jurusan yang dibutuhkan saat ini," ujar Presiden Joko Widodo.

Apabila mengacu pada ucapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pekan lalu, pemerintah memang tengah menyiapkan pendidikan kejuruan yang lebih variatif. Kepada Tempo, Muhadjir mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo dan dirinya tengah membahas pengembangan Kurikulum 2013 untuk bisa melengkapi pendidikan kejuruan.

Semoga dunia E-Sports di Indonesia dapat maju dengan minat yang ditunjukan Pak Joko Widodo untuk memasukan E-Sports sebagai salah satu jurusan dalam dunia pendidikan.

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!