Nintendo Rilis Konsol Baru, Siap Terjun ke Ranah Esports?


Setelah hampir satu setengah tahun lamanya sejak Nintendo mengumumkan proyek konsol terbarunya, kemarin Nintendo merilis trailer tentang konsol terbarunya yang dinamakan Nintendo Switch. Perangkat yang rencananya dirilis pada Maret 2017 mendatang mengusung konsep...

Hybrid platform portable dimana konsol ini bisa sekaligus didudukkan pada sebuah konektor untuk menghubungkannya ke layar televisi yang lebih besar. Namun, saat bermain di jalan, pemain bisa melepas perangkat yang mirip tablet itu dari docking dan memasang kontroler tambahan di samping kanan dan kiri tablet tersebut.



Dibuat sebesar tablet yang tersambung dengan perangkat yang disebut 'Joy-Con' di kedua sisinya. Joy-Con bisa dilepas dan dibawa kemana saja. Joy-Con dilengkapi dengan tombol identik dan analog terbagi dalam empat tombol, dapat digunakan untuk bermain dengan kawan; satu kontroler untuk pemain pertama dan kontroler lainnya untuk pemain kedua. Dengan kata lain pemilik Nintendo Switch dapat bermain local multiplayer.

Dari trailer yang dirilis oleh Nintendo kemarin ada yang menyita perhatian para penggemar esports. Di menit ke 2:39 video menunjukkan empat orang berdiskusi strategi game Splatoon di atas papan tulis, dan beralih ke kelompok lain juga melakukan hal yang sama dengan menuliskan strategi di atas kertas lalu kemudian kedua tim tersebut berjalan ke stadion penuh fans bersorak.



Adalagi skenario dalam video yang menunjukkan sekelompok orang yang memainkan game bola basket dengan perangkat Nintendo Switch. Melihat hal tersebut banyak spekulasi dari para komunitas esports yang beranggapan kalau Nintendo akan segera terjun ke ranah game kompetitif, apalagi kehadiran Nintendo Switch pastinya akan didukung oleh banyak publisher game.

Ada yang beranggapan positif tapi banyak juga yang prihatin karena mereka khawatir bahwa niat Nintendo di esports tidak akan berbaris dengan komunitas game perusahaan pada umumnya. Sebagai info, Super Smash Bros. Melee adalah game buatan Nintendo yang sekarang ini masih dipertandingkan di beberapa event esports.

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!