Malaysia Umumkan MEL 21: Liga Esports Nasional

Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire,dota 2
MEL Malaysia Esports League

Perkembangan esports di kawasan Asia Tenggara terbilang pesat. Ekosistem, karakter dan demografi yang ideal membuat scene esports menjadi konten alternatif, sebagai hiburan maupun mendulang prestasi. Indonesia tetap menjadi negara dengan potensi terbesar, baik dari segi jumlah pemain dan scene esports. Selanjutnya ada Fililpina dan Thailand, yang bisa dibilang sama-sama memiliki akar kuat di bidang game online. Kini Malaysia pun tak ingin ketinggalan dan mengumumkan MEL (Malaysia Esports League) turnamen esports berskala nasional.

Dalam keterangan resmi Esports Integrated (ESI), Liga esports nasional Malaysia MEL akan mempertandingkan game esports hits, yakni: Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, DOTA 2, dan FIFA21.

MEL 21 akan berlangsung mulai 10 hingga 10 September mendatang, memperebutkan total hadiah sebesar RM 200.000 (Rp.697 Juta).

 mel2021 a3223

Esports Integrated sebagai penyelenggara MEL21 di bawah lingkup KBS Malaysia (Kemenpora), menjalin kemitraan dengan 16 asosiasi esports dan mendapat dukungan dari Moonton dan Tencent Games.

BACA JUGA: One Up Bermitra dengan MSI Gelar MGA University Championship di Indonesia

Liga Esports Malaysia 2021 ini bertujuan menyediakan platform yang berkelanjutan bagi para penggemar esports dari semua tingkatan (amatir, semi-profesional, dan profesional) untuk bisa bersaing dan menunjukkan potensi mereka. Menariknya, penyelenggara tidak menentapkan batasan untuk melakukan pendaftaran. Setiap tim maupun pemain yang tertarik dapat mendaftar melalui situs website resmi event tersebut.

“Banyak turnamen di Malaysia hanya melayani para pemain profesional, sementara pemain amatir dn semi-profesional hanya mampu bersaing di tunmanen yang lebih kecil,” ujar CEO ESI, Ahmed Faris Amir, dilansir dari European Gaming.
Ahmed menambahkan bahwa liga esports nasional tersebut bisa mengakomodasi para pemain yang belum mendapat kesempatan.

“Ini merupakan ceruk yang akan diisi MEL21. Dengan LIGA ESPORTS TINGKAT NASIONAL, pengembangan pemain dapat diperluas dan bakat mereka bisa disorot oleh media," lanjutnya.

Ahmed Faris Amir 4aff8

Langkah Malaysia menggelar turnamen esports berskala nasional untuk pemain amatir dan sei pro tentu layak diacungi jempol. Indonesia sendiri tentu telah banyak menggelar turnamen tingkat nasional, baik itu di scene game masing-masing maupun event yang digelar secara resmi misalnya Piala Presiden (President Cup). Tentu kita berharap kembali ada turnamen berskala nasional secara terbuka atau memang dikhususkan untuk ajang amair dan semi-pro mengingat kebutuhan untuk juga bermain di ajang kompetitif. Lebih ideal lagi jika turnamen itu bisa berjalan secara berkeseinambungan setiap tahunnya.

Ikuti terus berita esports, turnamen dan game terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya: 

Sesmenpora Sampaikan Tanggapan Indonesia Terkait Penundaan SEA Games 2021 Vietnam

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!