Kesulitan Bernafas Bisa Menimpa Gamers Yang Terbiasa Hidup Tidak Sehat Untuk Waktu Yang Lama

by Ligagame

Masalah kesehatan bagi para pemain game, tidak hanya menimpa area sekitar pergelangan tangan maupun pundak. Tapi juga masalah paru paru seperti mendadak mengalami kesulitan untuk bernafas, atau nafasnya mendadak menjadi pendek. Hal ini cukup membahayakan dan memerlukan perawatan segera.

Menurut beberapa dokter, kejadian yang telah beberapa kali menimpa atlit Esports ini, dinamakan dengan istilah kedokteran "Collapsed Lung (Pneumothorax)"

Kenapa hal seperti ini bisa terjadi kepada gamers ?

"Collapsed Lung" ini biasanya terjadi pada orang orang yang kurus, yang sering duduk dengan postur yang tidak baik, serta memiliki kebiasaan hidup yang buruk, jarang ber olah raga dan makanan kurang bergizi. Selain itu, juga bisa diakibatkan karena sering merokok atau ada penyakit asma.
Gambaran di atas, mirip dengan yang dilakukan oleh seorang hardcore gamers bukan ?

Menurut Caitlin McGee, seorang Physical Therapist specialis, masalah kesulitan bernafas pada paru paru tersebut, juga bisa diakibatkan karena kebiasaan bernafas yang buruk, selama waktu yang lama.
Seorang gamers, pada saat sedang tegang, sering tanpa disadari, menahan nafas nya, ataupun menarik nafas dengan pendek pendek. Untuk waktu yang lama dan berkepanjangan, hal ini akan membahayakan efektifitas paru paru orang tersebut.

Beberapa pemain pro dari Esports telah mengalami kejadian "Collapsed Lung" ini. Seperti Lukas "Gla1ve" Rossander yang terpaksa harus masuk ke rumah sakit, setelah selesai menjalankan suatu pertandingan.
Selain itu, pemain Pro dari League of Legends, yaitu Hai Du Lam, yang terpaksa harus mengundurkan diri dari tournament di Paris, karena mengalami masalah di paru paru nya.

Walaupun belum ditemukan kepastian bahwa masalah "Collapsed Lung" ini diakibatkan karena terlalu sering bermain game,.. tapi para gamers diharapkan agar tetap menjaga kesehatan, selama bermain game.
Kegiatan fisik, seperti olah raga, harus tetap dilakukan, dan jangan duduk terus selama berjam jam, berbulan bulan dan bertahun tahun. Hal ini bisa menyebabkan postur tubuh menjadi tidak baik.

Selain itu, juga harus perhatikan gizi, karena banyak gamers yang terlalu sering bermain game, dan kurang memperhatikan gizi makanannya.

Read more - Cidera lainnya yang biasa menimpa gamers : Tangan Pundak dan Leher

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!