Mengenal Dasar-Dasar Penyiaran, Manfaat Skill Broadcasting Hingga Peluang Kerja / Job

Ligagamers mungkin sudah tahu bahwa broadcasting adalah bidang pekerjaan yang berkaitan erat dengan pertelevisian atau stasiun radio. Seiring perkembangan internet dan smartphone, menghadirkan media di platform online yang tumbuh semakin pesat. Broadcasting menjadi skill set penting. Bukan "harus dimiliki" tapi skill set ini sangat bermanfaat atau bahasa kesehariannya "kepake" banget.

Yes, meskipun karier yang kamu inginkan tidak bersinggungan langsung dengan kebutuhan teknis, memahami proses teknis broadcasting televisi dan radio bisa jadi keuntungan besar bagimu.

Nah, kali ini kita akan membahas apa saja ya manfaat dari skill Broadcasting, pekerjaan atau karier maupun benefit yang bisa dikembangkan untuk diri sendiri. Sebelum ke sana, mari kita break down sedikit dasar-dasar broadcasting.  

Definisi Broadcasting
Dilansir dari Britannica, pengertian broadcasting adalah transmisi elektronik dari televisi atau radio yang disebarkan kepada khalayak umum. Dalam istilah yang lebih umum, broadcasting merujuk pada proses penyebaran informasi, edukasi, hiburan, dan jenis program lainnya secara sistematis. Bentuknya bisa hanya berupa audio seperti radio, maupun audio visual seperti televisi. Well, seperti ligagamers ketahui, dengan berkembangnya fitur live streaming, kini banyak platform dengan berbagai kegunaan memungkinkan siapapun menjadi broadcaster.

Tentu jenis dan levelnya berbeda antara perorangan dan korporat. Ada media massa yang juga telah online, ada juga media broadcasting digital dengan platform Youtube, Twitter, TikTok dan  Instagram. Belakangan juga muncul dan sekamin marak broadcasting di marketplace online.

Jenis Media Broadcasting
Media broadcast merupakan industri yang sangat besar dengan berbagai peluang untuk posisi kreatif, teknis, hingga manajerial. Selain berperan penting dalam industri hiburan, broadcasting juga berperan penting terutama sebagai salah satu sumber informasi bagi publik.

 broadcasting 1 bd9aa

Melansir informasi dari Leverage Edu, jenis-jenis media broadcasting di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Televisi
Media yang satu ini sudah dikenal luas meskipun media hiburan lain semakin bervariasi, masih banyak orang yang menikmati program-program televisi. Pesan broadcast disebarkan melalui bentuk audio visual yang dapat menjangkau audiens dalam jumlah yang sangat masif. Karenanya, televisi masih jadi pilihan sebagai media broadcasting.

2. Radio
Radio memiliki audiens yang lebih spesifik dibanding televisi. Selain itu, mereka memiliki keterikatan yang lebih besar dengan audiens karena announcer memiliki caranya tersendiri agar siaran radio mereka terasa sangat personal bagi pendengarnya. 

3. Film
Selain sebagai sarana edukasi dan hiburan, film juga memiliki fungsi sebagai media broadcasting dan dapat dimanfaatkan untuk mengiklankan suatu produk atau jasa. Biaya yang diperlukan juga cukup besar, mengingat proses pembuatan film melibatkan proses panjang dan upaya besar untuk menghasilkan film berkualitas.

4. Produksi rekaman audio
Sedikit berbeda dengan radio, jenis yang satu ini tidak menggunakan siaran radio untuk menyebarkannya, melainkan melalui media lain. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan podcast. Yeap, podcast juga termasuk ke dalam media broadcast yang satu ini karena produksinya melalui proses rekaman terlebih dahulu.

5. Media sosial
Media sosial seperti Youtube, Twitter, TikTok, Instagram, dan lainnya juga termasuk ke dalam media broadcasting digital. Serupa dengan media tradisional, media digital juga memiliki kegunaan yang tak kalah besarnya.

Salah satu kelebihannya adalah dapat menjangkau target audiens spesifik seperti anak muda dan orang-orang dengan literasi digital tinggi yang kemungkinan besar sudah jarang menggunakan media lain.

BACA JUGA: 5 Keunggulan Ligagame Esports Arena, Venue Terbaik di Jakarta!

Prospek Karier di Bidang Broadcasting 
Seperti yang disebutkan di atas, broadcasting adalah industri yang besar. Jadi, prospek kariernya pun sangat beragam.

Setidaknya, ada 8 jenis karier yang bisa ditempuh di industri ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pembawa acara berita
News anchor atau pembawa acara berita bertugas untuk menganalisis, menginterpretasi, dan menyajikan berita yang telah disusun oleh para reporter serta sumber lain.

Mereka menyajikan berita dengan cara membaca teks dari prompter dan menjelaskan hasil peliputan dari beberapa lokasi yang berbeda. Kamu bisa menjadi news anchor untuk acara olahraga maupun berita pada umumnya.

2. Wartawan
Wartawan atau reporter adalah seseorang yang bertugas mengumpulkan berita melalui wawancara, riset, dan menganalisis suatu data untuk nantinya disajikan kepada masyarakat.

Tugas utamanya termasuk menulis, menyunting, atau mengambil foto dan video.

3. Produser
Produser bekerja di belakang layar untuk merencanakan jalannya sebuah tayangan acara, baik acara live maupun tapping.

Tanggung jawab mereka adalah mengawasi hampir seluruh komponen, mulai dari lighting, properti, set, script, talent, hingga sound.

Selain itu, Learn menyebutkan bahwa mereka juga perlu berkoordinasi dengan para staf produksi dan pembawa acara untuk memastikan acara dapat berjalan sesuai rencana.  

4. Operator kamera
Biasa juga disebut dengan camera person, mereka bertugas untuk mengambil video untuk keperluan tayangan acara yang tak hanya dilaksanakan di sebuah studio, tetapi juga di lapangan seperti pada saat live report.

Tugas mereka tak mudah, lho, karena peralatan kamera yang biasanya digunakan memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, mereka terkadang harus melakukan shooting untuk waktu yang tak singkat.

5. Video editor
Prospek karier di bidang broadcasting selanjutnya adalah video editor.

Setelah kumpulan video tersebut diambil oleh camera person, para video editor perlu mengolahnya kembali menjadi tayangan yang layak dan menarik untuk disajikan kepada publik. Semua acara televisi yang kamu saksikan pasti sudah melalui tahap penyuntingan terlebih dahulu. Skill yang dibutuhkan pastinya tidak jauh dari software video editing.

 6. Sound engineer
Sound engineer bertugas untuk mengoperasikan peralatan suara, menambahkan sound effect, atau merekam audio. Untuk acara live, mereka membantu dalam mengatur peralatan seperti mic, speaker, dan instrumen alat musik apabila diperlukan.

7. Penyiar radio
Penyiar radio adalah wajah dari sebuah sebuah stasiun radio. Mereka yang menyajikan materi, berita, hingga tren terkini kepada para pendengar.

Selain informatif, perbincangan yang mereka sajikan juga menghibur dan menarik. Itulah mengapa, meskipun di tengah maraknya hiburan media sosial saat ini, masih ada banyak pendengar setia radio.

8. Teknisi
Sesuai namanya, teknisi menjalankan tugas yang berhubungan dengan pemeliharaan alat-alat di studi. Selain itu, mereka juga yang akan membantu menginstal perangkat baru atau memperbaiki kerusakan pada peralatan yang ada.

Namun, apakah kamu tahu bahwa industri ini ternyata memiliki banyak sekali peluang kerja yang berbeda? Mulai dari peran teknis hingga analisis, ada banyak kesempatan yang tersedia untukmu. Untuk memahaminya lebih lanjut, langsung saja simak penjelasan berikut!

Kualifikasi yang Dibutuhkan di Bidang Broadcasting

Menurut Learn, kualifikasi jenjang pendidikan yang diperlukan di bidang broadcasting cukup berbeda. Buat kamu yang berminat menjadi reporter atau posisi analyst, gelar minimum yang biasanya ditentukan adalah sarjana.

Namun, jika kamu mengincar posisi sebagai staf atau announcer di program radio maupun televisi, tak menutup kemungkinan bahwa perusahaan bisa membuka peluang untuk lulusan SMA atau sederajat.

Broadcasting adalah bidang yang berkaitan erat dengan jurnalisme. Jadi, dari segi kualifikasi jurusan, biasanya perusahaan mencari para lulusan broadcasting, jurnalisme, atau komunikasi.

Nah, bagi kamu yang tak memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, tak perlu berkecil hati. Kamu bisa siapkan portofolio dan cari pengalaman magang atau volunteer yang relevan terlebih dahulu sebagai modal awal untuk memulai karier di bidang ini.

 Skill yang Dibutuhkan di Bidang Broadcasting 

Meskipun jenis karier yang tersedia sangat beragam, setidaknya ada 5 skill umum yang perlu kamu miliki untuk meniti karier di bidang broadcasting. So, apa saja kemamuan yang harus kamu asah?

broadcasting terms JS 1 6158b

1. Presentasi dan komunikasi
Sebagai broadcaster, kamu perlu menguasai kemampuan presentasi dan komunikasi, apalagi jika peran yang kamu inginkan berhubungan erat dengan profesi yang berada di depan layar.

Informasi berita yang kompleks harus bisa disampaikan dengan jelas dan mudah dimengerti. Kamu juga harus bisa mengendalikan tekanan terutama saat siaran langsung.

2. Riset dan menulis
Untuk dapat menulis script berbagai jenis program acara televisi maupun radio, kamu harus memiliki kemampuan riset dan menulis.

Apabila memiliki tim riset dan penulis sendiri, kamu perlu memberi arahan kepada mereka sehingga mereka dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk program tersebut.

3. Wawancara dan interpersonal skill
Skill yang dibutuhkan dalam bidang broadcasting selanjutnya adalah interview & interpersonal skill. Yang dimaksud dengan interview skill ialah kemampuan untuk merumuskan pertanyaan yang penting dan kritis untuk ditanyakan pada narasumber.

Namun, untuk bisa melakukan wawancara dengan baik, kamu juga harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik sehingga narasumber bisa merasa nyaman mengobrol denganmu secara luwes.

 4. Adaptasi dan fleksibilitas
Perubahan yang mendadak bukan tak mungkin terjadi di industri broadcasting, seperti perubahan set, talent, narasumber, script, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu harus bisa beradaptasi dengan cepat dan fleksibel dengan perubahan tersebut, termasuk saat ada kendala teknis yang terjadi.

5. Kemampuan teknis
Kemampuan teknis di tentunya cukup beragam, tergantung pada posisi teknis yang kamu incar.

Hal ini untuk memastikan bahwa kamu bisa bekerja sama dengan baik bersama seluruh divisi yang ada. Pada intinya, broadcasting adalah industri media yang menyediakan banyak sekali peluang kerja. Kamu bisa persiapkan kualifikasi dan skill yang diperlukan dari sekarang! Nah, buat kamu yang ingin menekuni bidang broadcasting dan khususnya lagi untuk esports, kamu bisa simak info di Ligagame Esports Academy

Ikuti terus berita Games dan tekno  terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Daftar Peraih Penghargaan di The Game Awards 2023, Baldur's Gate 3 GOTY, Riot Panen di Esports!

 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!