Lagi! Riot Games Tuntut Moonton MLBB dengan Gugatan Plagiarisme

by Felixerra
Riot Games Tuntut Moonton MLBB dengan Gugatan Plagiarisme

Riot Games sebagai pemilik dari waralaba League of Legends: Wild Rift tampaknya sudah cukup muak dengan kehadiran Mobile Legends Bang Bang. Sempat berseteru beberapa tahun belakang dalam kasus yang sama, Riot Games kembali menuntut Mobile Legends dengan gugatan plagiarisme. Riot Games menganggap, Moonton dengan game Mobile Legends: Bang Bang telah menyontek banyak sekali hal yang ada di Wild Rift, dimulai dari in-game content, bahkan sampai  strategi marketing!

Untuk informasi kamu, beberapa tahun belakangan, Riot Games pernah membawa kasus plagiarisme Mobile Legends atas Wild Rift ke meja hijau. Hasilnya? Riot Games menang telak di meja hijau, dan Moonton harus membayar denda sebesar US$2,9 juta (sekitar Rp42 miliar) karena terbukti menyontek konsep dan properti yang dipunyai oleh Riot Games.

Sekarang, tampaknya Riot Games ingin mencoba kembali serius dalam menghadapi Moonton. Gugatan mereka tidak main-main, Riot Games kini menginginkan Moonton untuk menghentikan peredaran game Mobile Legends Bang Bang di Amerika Serikat.

BACA JUGA: Semarak Pesta MLBB 515 -2022 Hadirkan Beragam Event Menarik!

Gugatan Riot Games

Riot Games dan Moonton sebenarnya sudah mempunyai sejarah sedari lama. Namun, sejarah tersebut menampakkan hubungan mereka yang cenderung tak harmonis. Pasalnya, Mobile Legends pada masa early stage-nya, merupakan game yang tergolong sangatlah copy paste dari League of Legends. Bahkan tidak hanya dari League of Legends, banyak sekali aset dari waralaba game lain pun ditiru dan diimplementasikan di dalam game Mobile Legends .

riot gugat mlbb moonton 8af2a

Dilansir dari Polygon, hal tersebut membuat Mobile Legends akhirnya dihapus dari Google Play Store. Dengan kata lain, peredarannya diberhentikan oleh Google. Namun, menurut Riot, Moonton diam-diam merestorasikan game mereka dengan nama lain, yakni Mobile Legends Bang-Bang, versi upgrade-an dari Mobile Legends sebelumnya yang masih banyak sekali tiruan.

Perlahan, Moonton mulai mengembangkan waralaba mereka sendiri, mencoba membangun desain yang diklaim oleh Moonton adalah hasil kreatif mereka sendiri, hingga berkembang menjadi game sebesar saat ini.

Namun, menurut Riot, Moonton bertindak semena-mena. Masih banyak sekali aset dan hak kekayaan intelektual Riot Games yang dimodifikasi dan kemudian diterapkan di dalam game Mobile Legends Bang Bang.

Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa hero dan skin dari game Mobile Legends: Bang Bang yang terlihat sangat mirip dengan beberapa hero dan skin yang ada di dalam game League of Legends dan Wild Rift.

Tidak hanya hero dan skin, Moonton pun dianggap menyontek sejumlah hal lain yang identik dengan Wild Rift, kepunyaan Riot Games, seperti misalnya logo, pemilihan font, dan bahkan sampai video promosi hero pun terlihat sangat mirip. 

Lantas, gugatan tersebut menjadi trending di jagat media sosial hari Selasa (10/5/2022) ini, hingga menjadi kontroversi besar di antara para penggemar. Beberapa penggemar setia Mobile Legends Bang-Bang tampak sangat membela game ciptaan mereka dengan membuka forum perdebatan panas, ada pula dari penggemar MLBB yang cukup menyayangkan hal ini.

Belum diketahui nasib lebih lanjut dari Moonton usai gugatan ini. Namun, seperti apa ya nasibnya bila gugatannya dikabulkan? 

Ikuti terus berita terbaru Wild Rift  di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Riot Games Bersama Human Initiatives Salurkan Bantuan Kemanusiaan Wild Rift Days of Victory

 

 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!