Streaming dan Event Esports PUBG Terkena Sensor Pemerintah China

Streaming dan Event Esporst PUBG Terkena Sensor Pemerintah China

PUBG dan aliran esports-nya sedang dihapus dari platform streaming China seperti egame.qq dan DouYu. Sementara acara PUBG Continental Series 5 (PCS5) masih disiarkan di egame.qq, VOD (Video on demand) yang lebih lama akan dihapus. Kebijakan ini diterapkan setelah pertemuan Tencent dengan regulator awal bulan ini.

Saat ini PUBG Continental Series 5 (PCS5) sedang berlangsung dan akan berakhir pada 3 Oktober 2021. Jika platform streaming menghapus PUBG, itu akan membatasi tim dan penyelenggara dari menyiarkan acara. PlayerIGN mencuitkan bahwa “permainan ditutup pada egame.qq Tencent. Sensor DouYu. Hua bungkam.”

Akun Leaker PlayerIGN mengungkapkan bahwa semua stream Player Unknown Battlegrounds (PUBG), termasuk event esports-nya, disensor di China. PUBG Continental Series 5 sedang berlangsung dan saat masih disiarkan di egame.gg, dan semua siaran lama telah dihapus. VOD yang lebih lama juga telah hilang karena penggemar diarahkan ke halaman kosong. Hilangnya VOD dapat dikaitkan dengan sensor oleh Tencent Games.

pubg mobile cup open shanghai 6f542

Sensor PUBG PC di China mirip dengan apa yang terjadi pada versi selulernya, PUBG Mobile. Tencent yang seula menjadi publisher tunggal PUBG Mobile di China kemudian menghapus game tersebut pada Mei 2019 karena peraturan pemerintah. Tencent kemudian merilis game PUBG Mobile yang bernama 'Peacekeeper Elite', yang mematuhi pedoman pemerintah Cina untuk kekerasan. Klon PUBG tidak menampilkan darah kental atau penyebutan kata "bunuh."

pubgm china 7a987

Game Peacekeeper Elite mirip dengan Battlegrounds Mobile India, klon PUBG lain yang dirilis di India setelah pemerintah negara itu melarang PUBG Mobile. Premis permainan menyatakan bahwa itu terjadi di tempat pelatihan simulasi virtual, bahwa itu bukan pertempuran nyata, dan tidak melibatkan pembunuhan pemain lain.

pel 2021 e309f

Apa dampak sensor untuk PUBG di Cina?  Pemain masih dapat memainkan PUBG PC di China, tetapi layanan streaming dilaporkan menghapus game tersebut dari situs web.  Dilansir dari laporan oleh Upcomer, tim seperti NewHappy dan Games Forever Young telah diberitahu tentang situasi ini dan pihak publisher belum merilis pernyataan resmi.

Jika PUBG benar-benar disensor di Tiongkok, para pemuda negara itu tidak akan dapat menghabiskan waktu bermain game selama tiga jam/minggu, yang diberlakukan oleh Tiongkok, untuk menonton streaming langsung PUBG PC. Leaker juga mengungkapkan bahwa “perubahan ini tidak hanya memengaruhi setiap platform tetapi juga steamer PUBG, esports, dan perusahaan pihak ketiga. Organisasi, pencipta, dan perusahaan domestik diperkirakan akan menjadi gelap.”

Ikuti terus berita terbaru seputar PUBG di Ligagame Esports! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:
 
LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!