PUBG Mobile Versi Asian Games 2022: Tidak Ada Saling Tembak Tapi Adu Akurasi dan Balapan

PUBG Mobile Versi Asian Games

Game battle royale PUBG Mobile tidak akan menjadi battle royale sepenuhnya di ajang Asian Games 2022. Sebagaimana pemberitaan beberapa waktu lalu, KRAFTON selaku developer PUBGM, menyiapkan client game khusus untuk dipertandingkan di pesta olahraga se-Asia mendatang,

Esports akan memulai debutnya sebagai cabor (cabang olahraga) perebutan medali di Asian Games 2022  di Hangzhou, Zhejiang, China. Turnamen yang akan berlangsung pada  10 hingga 25 September 2022 akan emmpertandingkan dengan delapan title game, yakni FIFA, PUBG Mobile, Arena of Valor, Dota 2, League of Legends, Dream Three Kingdoms 2, Hearthstone dan Street Fighter V.

252394338 300170685260707 6172082912443408084 n ec81a

Untuk PUBG Mobile dan Arena of Valor, versi Asian Games terpisah sedang dikembangkan. Tapi, menurut laporan baru, tampaknya PUBG Mobile versi Asian Games akan sangat berbeda dari aslinya.

Dilansir dari Money Today, Korea Selatan, yang mengutip seorang pejabat Krafton, gameplay adu tembak antar orang-ke-orang tidak akan diizinkan di PUBG Mobile versi Asian Games. Sebaliknya, pemain akan bersaing dalam keterampilan mengemudi dan menembak.

Artinya, pengalaman battle royale yang sangat greget di PUBG bisa saja akan menghilang di Asian Games. Menurut laporan tersebut, alasannya adalah kekhawatiran bahwa hal itu akan “merusak harmoni” antar negara.

BACA JUGA: Ini Prediksi Susunan Timnas PUBGM Indonesia di SEA Games Versi Satar

Keputusan membuat PUBG Mobile versi baru bukanlah hal yang mengejutkan. Game PUBG Mobile hadir di China dengan versi lokalisasi Peacekeeper Elite (dikenal juga sebagai Game for Peace). Sementara pada tahun 2020 silam, PUBGM sempat dilarang di India terkait permasalahan privasi data. Versi terpisah dari game tersebut kemudian dirilis dan diberi nama Battlegrounds Mobile India, yang cukup identik dengan PUBG Mobile versi asli. 

Dilansir dari Dot Esports yang telah menghubungi Krafton untuk memberikan komentar, kemudian diarahkan ke Asian Esports Federation (AESF), yang bertanggung jawab untuk esports di Asian Games 2022. AESF sejauh ini belum memberi tanggapan resmi.

Tencent, bagaimanapun, memberikan pernyataan kepada Dot Esports: “Sesuai dengan sportivitas dan visi Olimpiade, versi Asian Games PUBG Mobile akan mengintegrasikan gameplay ikonik PUBG Mobile dan pengalaman game real-sport, yang kami harap akan membawa yang terbaik, elemen kegembiraan yang unik untuk penonton kami.”



pubg mobile shooting 04769

Dewan Olimpiade Asia (OCA) ingin mencegah agar kekerasan tidak hadir di Asian Games, oleh karena itu para pemain tidak diizinkan untuk menembak pemain lain. Saat ini tidak jelas apa yang dimaksud Tencent dengan mengintegrasikan gameplay PUBG Mobile dengan pengalaman game olahraga nyata, tetapi ada petunjuk dalam game setelah versi terbaru.

Di PUBG Mobile versi 1.9 baru saja dirilis, shooting range dan mode balap baru diperkenalkan ke Cheer Park. Pemain dapat berlatih di arena tembak untuk mendapatkan poin berdasarkan akurasi. Mode balap, di sisi lain, memungkinkan pemain untuk melakukan balapan satu lawan satu dengan pemain lain di kendaraan PUBG Mobile yang berbeda. Versi Asian Games mungkin memiliki sesuatu yang mirip untuk memberikan pengalaman kompetitif.

BACA JUGA: PBESI Umumkan 66 Atlet Esports Terpilih untuk Wakili Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi

Langkah penyesuaan versi client game sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Tahun lalu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mulai membuka untuk esports. Meski demikian, Presiden IOC Thomas Bach mengatakan bahwa video game yang mempromosikan kekerasan tidak akan disertakan. Bach mengatakan bahwa ini karena permainan ini bertentangan dengan "nilai-nilai Olimpiade."

Selain PUBG Mobile; Arena of Valor, Dota 2, League of Legends, dan Street Fighter V semuanya dinilai memiliki unsur kekerasan yang cukup besar. Jika game ini berlanjut tanpa perubahan apa pun, itu berarti bahwa garis "Olimpiade Values" akan ternodaisaat menembak orang lain dengan senjata.

Sebelum Asian Games pada bulan September, acara lain yang disetujui IOC dengan esports sedang diadakan yaitu SEA Games 2021 dari 13 hingga 21 Mei di Vietnam. Ini juga menampilkan PUBG Mobile bersama dengan tujuh judul lainnya. Saat ini, tidak ada laporan yang muncul jika pengaturan serupa sedang dibuat untuk game battle royale di SEA Games Vietnam.

Ikuti terus berita terbaru seputar PUBG di Ligagame Esports! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Info PMPL ID 2022 Spring: Jadwal, Format dan Sistem Poin

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!