5 Perbedaan PUBG Mobile dan PUBG Mobile Lite, Spek hingga Map

| LigaGame

Share This

pubg-mobile-vs-pubg-lite

PUBG Mobile dan PUBG Lite ternyata cukup berbeda, dari spek, map, hingga grafis. Simak perbedaan antara kedua game PUBG ini yuk!


Game yang bernama PlayerUnknown’s Battleground atau dapat disingkat dengan PUBG sangat disukai dan langsung mencuri hati para gamers maupun non gamers yang ada di Indonesia maupun luar. Game PUBG tersedia dalam versi PUBG PC, PUBG Mobile, dan PUBG Mobile lite. 

PUBG Mobile bisa dibilang merupakan versi paling populer, di mana players bisa memainkan game battle royale melalui smartphone. Sayangnya, game PUBG Mobile tidak bisa dimainkan di smartphone dengan RAM terbatas atau spesifikasi rendah.

Bagi kalian yang tidak memiliki budget besar, jangan khawatir! Tencent meluncurkan versi PUBG Mobile Lite, khusus untuk gamers dengan smartphone spek rendah. 

Walau terdengar mirip, ada beberapa perbedaan PUBG Mobile dan PUBG Mobile Lite yang cukup signifikan loh. Apakah sobat gamers ingin mencoba salah satu versi aplikasi ini? Sebelum mencobanya, mari kita simak perbedaan kedua versi PUBG berikut ini.

BACA JUGA: PUBG MOBILE 0.19.0 UPDATE: 12 FITUR BARU & MODE ANCIENT SECRET!

pubg-ligagame-esports

1. Spesifikasi Minimum 

PUBG Mobile

Spesifikasi minimum PUBG Mobile adalah Android 5.11 atau iOS 9 (iphone 5s ke atas), dengan minimum RAM 2GB dan memori internal 2GB. 

Untuk pengalaman battle royale terbaik, kita rekomendasi menggunakan setidaknya smartphone dengan RAM 4GB. Bagi pengguna Android, minimum prosesor Snapdragon 625, Adreno 506, dan FHD display. Sedangkan untuk pengguna iphone, sebaiknya gunakan iphone 7 ke atas untuk menghindari lag saat bermain PUBG Mobile. 

PUBG Mobile Lite

Untuk PUBG Mobile Lite, tidak ada spesifikasi minimumnya dan bisa dimainkan di hampir setiap jenis Android dan OS. Namun untuk pengalaman gaming terbaik, kita rekomendasi menggunakan minimum versi Android 4.3 Jelly Bean, minimum RAM 1 GB, dan kapasitas memori internal 500MB. 

2. Ukuran Map

PUBG Mobile

Ukuran map di PUBG Mobile adalah 8x8 km. Map dalam PUBG Mobile sama persis dengan map pada PUBG versi PC, antara lain Erangel, Miramar, Sanhok, dan Vikendi. 

Kabarnya, mereka akan mengeluarkan map khusus untuk PUBG Mobile yaitu map Livik. Berdasarkan bentuk dan ukuran map ini, tidak heran kita juga membutuhkan gadget yang memadai agar tidak lemot saat bermain ya, sobat gamers.

BACA JUGA: MAP LIVIK PUBG MOBILE, APA YANG BIKIN PETA LIVIK UNIK?

PUBG Mobile Lite

Pada versi lite ukuran map menjadi lebih kecil sekitar 2x2 km, lumayan kecil ya? Sebelumnya, map yang tersedia hanya Erangel versi miniatur saja sobat gamers, yang disebut dengan Varenga. 

Sekarang, PUBG Mobile lite menyediakan map terbarunya, Golden Woods. Map ini mirip dengan Sanhok yang bisa ditemukan di PUBG Mobile. Namun, Golden Woods hanya bisa dimainkan di Level 5 dan perlu di download secara manual. Tenang saja, karena size map ini hanya berukuran 50 MB, lebih kecil dari map Varenga. 

3. Jumlah Pemain

PUBG Mobile

PUBG Mobile bisa menampung hingga 100 pemain dalam satu game. Sama persis dengan game PUBG versi PC alias versi original nya. 

PUBG Mobile Lite

PUBG Mobile Lite versi terbarunya hanya bisa menampung maksimal 60 players dalam satu game.  Nggak seru kan kalau misalnya setiap 5 meter ketemu musuh? 

Selain itu, alasan jumlah pemain yang sedikit dikarenakan agar game battle royale ini berakhir lebih cepat dan juga untuk mengoptimalkan kinerja game pada saat bermain.

4. Slot Senjata

PUBG Mobile

Di update PUBG Mobile 0.6.0, players sudah bisa memiliki 3 slot senjata. Tentunya, players bisa membawa pistol dan dua senjata besar lainnya.

PUBG Mobile Lite

Berbeda dengan versi lainnya, PUBG Mobile Lite hanya menyediakan dua slot senjata saja. Karena alasan ini, players juga perlu mengubah taktik dan strategi game juga. Pengalaman gaming akan terasa berbeda dibandingkan dengan PUBG Mobile ya.

5. Grafis

PUBG Mobile

PUBG Mobile menggunakan game engine Unreal Engine 4, sama seperti versi PUBG Litenya. Tapi pastinya grafis PUBG Mobile jauh lebih superior. Dalam versi ini, players bisa memilih kualitas grafis dari Smooth, Balanced, HD, HDR, dan Ultra HD.  

PUBG Mobile Lite

Kualitas grafis PUBG Mobile Lite tidak sebagus PUBG Mobile. Players hanya bisa memilih antara Smooth dan Balanced. Dengan begitu, game battle royale bisa berjalan tanpa lag dalam spek rendah. 

Jangan khawatir. Walaupun kualitas grafis lebih rendah, gameplay PUBG Mobile Lite cenderung mirip dengan versi original nya.  

BACA JUGA: 17 TIPS PUBG MOBILE PEMULA: STRATEGI & CARA MAIN ALA PRO PLAYER!


Bagi kalian yang tertarik, PUBG Mobile bisa di download di ios dan Android. Sedangkan PUBG Mobile Lite hanya bisa didapatkan di Google Play Store.

Seperti itulah kira-kira untuk perbedaan PUBG Mobile dan PUBG Mobile Lite yang dapat kita sharing kepada sobat gamers. Berhubung PUBG sering sekali dimainkan oleh kalangan muda dengan menggunakan ponsel, maka dari itu perbedaan-perbedaan di atas dapat menjadi acuan dalam memilih, manakah yang ingin dimainkan sesuai dengan spesifikasi ponsel masing-masing.

PUBG Mobile merupakan salah satu game yang dipertandingkan di Smartfren IES 2020. Turnamen Semi-Pro yang diselenggarakan oleh Ligagame dan IESPA ini akan mempertemukan pemain-pemain dari 21 provinsi. Saksikan Main Event Smartfren IES 2020 yang akan berlangsung mulai dari 2 July 2020 sampai dengan 4 Oktober 2020, di channel Esport kesayangan kamu, Ligagame Esports TV!

ies-ligagame-esports

Ligagame Esports Facebook

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Follow Us