Penonton Grand Final PMGC 2021 Turun Tajam, Ini Penyebabnya!

by Agustinus Dapot
Penonton Grand Final PMGC 2021 Turun Tajam,

Dari 3,8 juta pemirsa pada tahun 2020, total jumlah penonton grand final kejuaraan dunia PUBG Mobile tahun ini PMGC 2021 turun menjadi 646.000. Tim asal China, Nova Esports, berhasil China mempertahankan gelar juara dunia usai laga yang berlangsung dari 21 hingga 23 Januari lalu. 

Esports Charts portal yang yang menghimpun data statistik melaporkan jumlah penonton acara puncak final PMGC 2021 telah menurun hingga 53% dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah penonton mencapai puncak 3,8 juta pada hari pertama acara.  Namun, jumlah total itu sebagian viewers datang mengikuti event berhadiah selama siaran. Di final PMGC 2020, pemain dapat menerima hadiah dengan menonton streaming langsung dalam game, yang disiarkan oleh Nimo TV. 

Info Lengkap PMGC 2021 Format prizepool 476ec

Mengapa julah penonton final PMGC bisa merosot tajam? Well, setidaknya ada dua faktor yang signifikan. 

No Indopride, Tidak ada tim Indonesia di final
PUBG Mobile memiliki basis pemain yang signifikan di seluruh dunia, tetapi game battle royal ini memiliki wilayah tertentu di mana popularitasnya lebih terkonsentrasi. Salah satunya adalah Indonesia.
Puncak 1,4 juta final PMGC 2020 sebagian besar dicapai karena penggemar di Indonesia, yang menyumbang satu juta penonton, menurut Esports Charts.
Ada dua tim Indonesia yang tampil di pentas liga PMGC 2021, namun keduanya gagal melaju ke final. Karena ini, sejumlah besar pemirsa dari negara itu tidak menonton kompetisi.

Namun, beberapa penayangan dipulihkan dengan dimasukkannya India ke final PMGC 2021. GodLike Esports mewakili India di panggung internasional untuk pertama kalinya sejak World Series pada pertengahan 2020. Negara ini menyumbang 408.000 pemirsa, menurut Esports Charts.

BACA JUGA: Redeem Code PUBG Mobile Januari 2022, Ada Lebih dari 10!

Disiarkan secara eksklusif di YouTube
Alasan lain penurunan viewership adalah karena turnamen ini hanya ditayangkan di YouTube yang menjadi media partner acara tersebut. Tahun lalu, kejuaraan ini juga disiarkan di Facebook, Twitch, dan Nimo TV.

Meskipun demikian, penurunan jumlah penonton kejuaraan dunia PUBG Mobile memang cukup mengherankan karena game ini masih memimpin di egmen mobile battle royale. Sementara game pesaingnya,  Free Fire, justru memecahkan rekor pemirsa. Free Fire World Series Singapore tahun lalu, misalnya, mengumpulkan 5,4 juta penonton secara bersamaan, menurut Esports Charts.

Tencent memiliki rencana ambisius untuk PUBG Mobile, dan mengumumkan agenda esports 2022 pada final PMGC. Ini termasuk format baru, perubahan pada Liga Pro, waralaba, dan banyak lagi.

Ikuti terus berita terbaru seputar PUBG di Ligagame Esports! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Pevita Pearce Coba PUBG MOBILE Versi 1.8, Ungkap Fitur-fitur dan Map Favoritnya

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!