RRQ Xinn Ungkap Gaji Pemain MPL ID, Start Awal di Bawah 10

by Agustinus Dapot
RRQ Xinn Ungkap Gaji Pemain MPL ID,

MPL (Mobile Legends Professional League) sebagai franchise liga pro semakin berkembang dan hadir di berbagai negara. Sistem kompetisi resmi dari Moonton ini bukan saja sukses menghidupkan dan menjaga kelangsungan scene kompetitif, tapi juga memunculkan nama tim dan pro player yang kemudian menjadi selebritis esports, khususnya MLBB.

Ada yang menarik saat RRQ Xinn live streaming bareng Jonathan Liandi, Donkey, Ko Lius, KB dan Kyy. Di antara mereka, hanya Kyy yang masih berstatus pemain aktif, main untuk Bigetron di mPL ID S9, sementara Jo Liandy dan Donkey merupakan veteran, eks pro player, Ko Lius Andre eks Moonton dan Ryan KB Batistuta figur caster dan analis yang dijuluki "profesor". 

Xinn sendiri tengah rehat di musim ini.  Xin pemilik nama lengkap Yesaya Omega Armando Wowiling akrab disapa "Bangsin" dikenal suka ceplas-ceplos dan tak segan merespon pertanyaan dari para viewers. Nah, dalam sesi obrolan kali ini, gaji pemain MPL sempat menjadi topik. 

BACA JUGA: Apa Role RRQ Lemon di MPL ID S9? Ini Kata Pak AP

Menjadi pro player dan bergabung ke tim MPL hingga menjadi juara menjadi impian di tengah publik fans MLBB. Sama halnya dengan industri olah raga, pertumbuhan segi komersial esports juga terus menanjak. Bicara tentang  karier sebagai profesional tentu berkaitan dengan kontrak dan bayaran. So, tak sedikit yang penasaran, berapa kira-kira gaji pro player yang tampil di MPL? Nah, beberapa streamer kenamaan MLBB sempat membahasnya. 

Xinn menyebutkan angka gaji terendah para pemain yang baru masuk atau debutan bermain di  MPL. Ia menegaskan kalau angkanya sudah pasti di bawah 10 (juta).

@warga_nimo pro player waktunya lebih mahal, gaji mpl minimal 7jt #mpl #rrqxin #donkeybarbar #emperor #kb #kolius #btrkyy ♬ suara asli - Warga Nimo

“Saya beri tahu guys, saat pertama masuk MPL gaji kalian itu di atas 7 juta. Itu MPL bukan MDL,” kata Xinnn.

“MPL standarnya itu sudah di atas UMR, 7,” tambah Donkey.

Pada perbincangan itu, Kyy juga menegaskan kecil kemungkinan pemain debutan langsung mendapat dua digit. Hampir semuanya pun senada dan setuju soal batas minimal adalah Rp7 juta.

Hal ini juga pernah diungkap Xinn saat streaming di channel youtube miliknya.

“Bang, gaji pro player di RRQ Hoshi non-streaming Rp. 60 juta ada enggak? Terlalu tinggi guys, itu jauh banget pokoknya ga lewat 20 juta guys. Di bawah 20 juta,” kata RRQ Xinnn saat livestream di kanal YouTube miliknya.

Xinn juga menyebut kalo MDL itu antara Rp. 3 juta atau Rp. 4 juta guys.  Yup, nominal gaji seorang pemain tentu akan sejalan seiring dengan performa dan "kiprah"nya di scene yang digeluti. Soal kiprah ini bisa dibilang bisa mencakup beragam variabel, artinya bisa saja sebagai pemain terbilang "B-aja" alias biasa saja, tidak jelek juga tidak bagus atau istimewa, tapi pembawaan dan karakternya-seperti apapun itu- diterima luas dan menggaet banyak followers atau pengikut.

Popularitas menjadi value tambahan, baik bagi sang pemain maupun tim dan organisasi. Bisa diperkirakan bagaimana jika seorang pro player sukses, baik di scene kompetitif dengan prestasi pribadi maupun menjadi juara kemudian juga aktif streaming. Tentu nominal gaji bisa lebih naik dan lebih dari itu pundi-pundi pun bertambah seiring aliran pendapatan dari streaming.  So, jangan sekedar bermimpi menjadi pro player, tapi jadilah yang sukses!

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Apakah Slot MPL Bisa Dijual, Penjelasan Ko Lius Bikin Terang-Benderang

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!