Pecahkan 1 Milyar Unduhan, Kenapa Mobile Legends Sangat Populer?

Banyak elemen Mobile Legends yang tidak dimiliki oleh game lainnya.
kenapa mobile legends sangat populer

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), siapa sih yang nggak tau sama game multiplayer online battle arena (MOBA) satu ini? Mobile Legends sangat populer semenjak perkembangan esports yang kian melaju kencang, khususnya di Indonesia beberapa tahun terakhir ini.

Perkembangan Game Mobile Legends

Mobile Legends dikembangkan oleh perusahaan Shanghai Moonton Technology, awalnya khusus untuk Android pada 14 Juli 2016 dan diikuti untuk iOS pada 9 November 2016. Dalam waktu empat tahun, popularitas MLBB mengalami kemajuan pesat. Pada bulan Oktober 2020 ini, Mobile Legends berhasil mencapai lebih dari 1 milyar unduhan secara global.

Berdasarkan data dari Sensor Tower, hampir 75 persen dari jumlah unduhan berasal dari Asia. Dari persentase tersebut, mayoritas berasal dari Indonesia (sekitar 36% atau 100 juta unduhan) dan Filipina (sekitar 15% unduhan). 

mobile legends user spendings 2016 2019
Sumber Gambar: SensorTower

Sedangkan dari segi pendapatan, Malaysia ada di peringkat pertama, menghabiskan sekitar $87.5 juta (1.2 triliun rupiah) dalam game. Indonesia sendiri tidak jauh dibawah Malaysia, menduduki peringkat kedua dengan total $69.2 juta (1 triliun rupiah) dalam jumlah pengeluaran pemain. 

Antusiasme para pemain Mobile Legends memang tak perlu diragukan lagi. Berbagai kalangan dari usia muda hingga dewasa turut ikut serta dalam komunitas Mobile Legends. 

Apa yang membuat Mobile Legends sangat populer? Apa rahasia dan alasan dibalik popularitas game MOBA ini yang tidak dimiliki oleh game lainnya?

Berikut beberapa alasan kenapa Mobile Legends sangat ramai dimainkan.

Alasan Mengapa MLBB Sangat Populer

1. Spesifikasi Game yang Cukup Rendah

Salah satu alasan mengapa Mobile Legends banyak dimainkan adalah spesifikasi yang cukup rendah, sehingga meningkatkan jumlah pemain yang bisa ikut serta. Berbeda dengan game lainnya seperti Arena of Valor (AoV), Need For Speed, PUBG Mobile, dan VainGlory, Mobile Legends memberikan kesempatan untuk para pengguna hp dengan spek rendah. 

Cukup dengan RAM sebesar 1GB saja atau bisa diibaratkan hp lemot / kentang, pemain sudah bisa menikmati game dengan lancar. 

Walau tentunya, untuk grafik dan performa maksimal, disarankan untuk menggunakan kapasitas RAM 3GB, memori Internal 16GB, Prosesor Quad Core, dan Jaringan 4G.

2. Mobile Legends Sangat Sederhana untuk Dimainkan

mobile legends gameplay

Sangat sederhana untuk dimainkan karena dasar dari Mobile Legends adalah mekanisme multiplayer online battle arena (MOBA). Secara singkatnya, game ini menggunakan sistem pertarungan 5 vs 5, kerja sama tim merupakan kunci kemenangan game ini. Hero yang dihadirkan juga memiliki rolenya masing-masing seperti role Fighter, Support, Assassin, Mage, dan Marksman. 

Berbeda dengan game MOBA lain seperti Dota 2 dan League of Legends, MLBB jauh lebih sederhana. Mekanisme dan kontrol yang diberikan oleh pihak Moonton tidak begitu membebani para pemain pemula, sehingga bisa dikuasai dengan cepat. 

3. Mabar Bersama Teman

Secara umum, game multiplayer cukup populer di Indonesia karena kemampuannya untuk mempererat hubungan bersama teman melalui main bareng (alias mabar). 

Selain itu, Mobile Legends dilengkapi dengan seluruh elemen sosial interaksi baik itu dari segi teamwork, persaingan yang bersahabat, mendapatkan teman baru, bahkan melakukan trolling.

4. Konten dan Karakter Kreatif & Tidak Monoton

gatotkaca mobile legends

Salah satu faktor yang paling dikuasai oleh Mobile Legends adalah kreativitas kontennya. Setiap karakternya dibuat berdasarkan negara. Misalnya, Yi Sun-Shin dari Korea, Kagura dari Jepang, dan GatotKaca dari Indonesia. 

Bukan hanya itu, Moonton selalu memastikan game tidak terlalu repetitif dan membosankan. Patch selalu dipastikan hadir di setiap bulan, baik itu untuk mengeluarkan hero baru ataupun merombak gameplay. 

5. Hemat Kuota

“Kuota,” hal yang paling diwaspadai oleh para pemain Indonesia. Nah, selain spesifikasi game yang cukup rendah, game ini juga mampu menghemat kuota kalian dibandingkan game lainnya.  Untuk satu pertandingan, kuota yang dimakan hanya sebesar 10 - 20 MB saja. Benar-benar bersahabat kan? Tidak heran jika Mobile Legends sangat ramai untuk dimainkan.

6. Turnamen Yang Terus Bergulir

world championship

Esports tentunya akan tetap berjalan dengan adanya kompetisi, dari total hadiah terkecil hingga terbesar seperti MPL (Mobile Legends Professional League), ajang kompetisi esports tersukses di Indonesia. Jumlah penonton yang terus naik dan berhasil pecahkan rekor dunia menunjukkan popularitas Mobile Legends yang terus naik tiap tahun.

Muncul juga bibit-bibit baru di ranah esports tanah air yang turut membantu mengembangkan ekonomi Indonesia dan sekaligus mengharumkan nama bangsa. 

Dari turnamen ini, banyak pemain kasual mulai berlomba dan berusaha memasuki profesi pemain profesional. 

Tak jarang tim-tim esports Mobile Legends membentuk akademi dengan tujuan mendidik serta melatih para pemain yang memiliki skill gameplay di atas rata-rata. Dengan demikian, lahirlah generasi penerus pemain profesional di ranah kompetitif Mobile Legends.

7. Event Menarik

event mobile legends

Mobile Legends sering kali memberikan event-event yang menarik, dimulai dari pilihan skin (EPIC) terbaru, bonus event, member Starlight, hingga membagikan skin gratis. 

Tema yang diberikan ini cukup menggiurkan dan sanggup menarik perhatian khalayak. Meski beberapa konten mengharuskan pemain untuk mengeluarkan uang, hal ini sepertinya tidak menghentikan para pemain sama sekali. 

8. Menghasilkan uang

Banyak pemain Mobile Legends menjadikan game MOBA ini sebagai sumber pendapatan.

Sebagai contoh, melakukan jasa joki dari rank Grandmaster hingga Mythical Glory, menjual Diamond, jual id, jasa joki winrate dan lainnya. 

Tak lupa juga dengan pendapatan para pemain dengan cara memenangkan segelintir turnamen yang diadakan oleh komunitas di Indonesia. Terutama profesi pemain profesional Mobile Legends - incaran bagi para pemain. Meskipun tidak semudah yang dipikirkan, banyak pemain tak kunjung menyerah untuk meningkatkan skill gameplay dan wawasannya demi diakui oleh organisasi esports suatu hari nanti.

9. Panutan Sukses

panutan sukses rrq lemon 

Siapa sih yang tidak kenal sama Muhammad Ikhsan alias Lemon? Sosok yang biasa disebut sebagai “Alien” karena gameplay yang diberikan olehnya sangat menarik. 

Lemon sendiri sudah mendapatkan sejumlah piala dan menjadi sosok panutan bagi kalangan pemain Mobile Legends. Bukan hanya Lemon, Oura, Donkey, Wann, Emperor, Xin, hingga Albert tentunya memberikan dampak yang positif bagi perkembangan esports di Indonesia.

Game yang dulunya memiliki stigma negatif, kini mulai menjadi lapangan pekerjaan di Indonesia dan bahkan diakui oleh pemerintah. Kesuksesan melalui game bukanlah hal yang mustahil lagi. Jadi tak heran apabila gamers zaman ini memimpikan dirinya sebagai pemain profesional sukses. 

Apakah kalian salah satu yang ketagihan dengan game ini? Jadi, apa alasan kalian main Mobile Legends?


Untuk berita esports dan Mobile Legends, jangan lupa follow Ligagame Esports terus ya!

BACA SELANJUTNYA:

 KRITIK PEDAS DARI SANG MVP RRQ LEMON UNTUK MPL INDONESIA

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!