Begini Kata Tuturu Soal Perbedaan Gaji Pro Player dan Streamer

by Rio Ginanjar
Tuturu Soal Perbedaan Gaji Pro Player dan Streamer

Nama Tuturu masih sangat melekat bagi para fans Mobile Legends di Indonesia. Soal kemampuan eks punggawa RRQ Hoshi memang tak perlu diragukan lagi. Role yang dipegang oleh Tuturu pada saat menjadi pro player adalah role marksman. Saking populernya ia dijuluki “Raja Marksman” terbaik se-Indonesia pada masanya. Positioning Tuturu saat bermain role marksman sangat susah dijangkau oleh musuh, sehingga menyulitkan untuk di pick off secara langsung. 

Saat ini Tuturu sudah pensiun dari scene esports  dan ia memutuskan menjadi seorang streamer. Pri kelahiran Pontianak ini pun berbagi pendapatnay soal perbedaan antara menjadi Pro Player dan Streamer. 

Jawaban Tuturu perihal perbedaan Gaji Pro Player dan Streamer

Saat Tuturu sedang live stream, ada pertanyaan viewers mengenai seberapa besar perbedaan income yang didapat saat menjadi Pro Player dan income saat menjadi streamer

Gaji pro player sama streamer gedean mana? Streamer. Makanya nyari fame dulu di pro player, terus kalau lu merasa udah cukup lu jadi streamer, soalnya duitnya lebih kenceng. Jadi pro player sekarang cuma jadi entertain doang,” ungkap Tuturu.

rrq tuturu raja marksman indonesia a4786

Memang tidak menampik dengan apa yang diungkapkan oleh Tuturu dan benar adanya. Namun jika dilihat dari awal perjuangan Tuturu ataupun yang sedang menjalani proses sebagai Pro Player saja itu tidaklah mudah. Waktu, tenaga, pikiran, mental juga harus benar-benar dipersiapkan. Selain itu apabila berasal dari luar daerah, sudah tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti restu dari keluarga serta biaya nantinya yang akan dikeluarkan untuk biaya transportasi.

BACA JUGA: Bolehkah Caster MPL Jadi Coach Tim MPL? Ini Tanggapan Moonton

Bahkan beberapa orang di luar sana masih banyak yang memendam mimpinya untuk menjadi atlet Esports. Ada beberapa faktor yang mendasari di era saat ini, mengapa orang lebih memillih profesi tersebut. Apabila nantinya sudah benar bisa bergabung dengan tim, terlebih lagi tim tersebut memiliki nama besar.

Maka secara otomatis pula popularitas orang tersebut juga akan meningkat. Selain itu income yang diterima setiap bulan juga lumayan banyak (bergantung pada kontrak yang ditawarkan di awal bergabung).

Selain itu di era pandemi saat ini, Scene Esports juga semakin berkembang pesat, hal ini terbukti saat dimana gelaran MPL (Mobile Professional League) game Mobile Legends ditayangkan secara live stream, jumlah viewersnya pun semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Sisanya tinggal bergantung kepada setiap individu apakah sudah siap dan yakin untuk nantinya menjadi bagian dari scene Esports sebagai Pro Player ataukah fokus dengan langsung menjadi streamer.

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Moonton: MLBB M3 Terbuka Untuk Publik, Ini Harga Tiketnya

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!