Cabor Mobile Legends Bang Bang SEA Games 2021 Jadi Turnamen Terpopuler pada Mei 2022?

by Rena Garen Asi

SEA Games 2021 sebagai ajang pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara juga menjadi momentum kebangkitan cabang olah raga elektronik atau esports. Tidak ada yang tak bersemangat dalam menyambut perhelatan multi event tersebut yang mempertandingkan 8 cabor dan 10 nomor esports yang memperebutkan medali. 

Sempat dipandang remeh oleh banyak orang, esports semakin naik daun dan ditunggu oleh banyak orang, terutama kaum muda yang akrab sekali dengan dunia game. Salah satu cabang esports yang menjadi sorotan di SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam adalah Mobile Legends Bang Bang (MLBB). 

MLBB memang telah menjadi game MOBA (multiplayer online battle arena) paling populer di Asia Tenggara. Karenanya, tak heran nomor ini menjadi primadona dan prestisius di SEA Games 2021, sebab ini merupakan momentum langka di mana banyak sekali bintang muda berbakat tiap negara yang kembali dapat menunjukkan kebolehannya pada penggemar melalui pertandingan antarnegara.

Di masa pandemi COVID-19, banyak event termasuk kompetisi esports menjadi sangat terbatas atau bahkan dinonaktifkan selama sementara waktu. Penyelenggaraan SEA Games 31 berlangsung meriah dan sukses. Seiring mulai meredahnya pandemi COVID-19, scene kompetisi esports pun kembali marak dan menuai antusiasme penggemar.

57855-timnas-esports-mobile-legends_2c285.jpg

Pada SEA Games 2021 cabang olahraga Mobile Legends Bang Bang berhasil menuai statistik viewership yang luar biasa mewah. Dilansir dari data Esportschart, selain menjadi cabang esports terpopuler di SEA Games 2021, MLBB SEA Games 2021 pun bahkan ternyata menjadi turnamen terpopuler pada bulan Mei 2022.

MLBB di SEA Games 2021 berhasil mencapai peak viewers di angka 2,217 juta, serta average viewers di angka 612 ribu. Angka ini jauh melambung tinggi jika dibandingkan dengan Free Fire World Series 2022 Sentosa yang hanya mencapai peak viewers di angka 1,47 juta, serta average viewers di angka 592 ribu.

Apakah MLBB SEA Games 2021 sudah berhasil mengukuhkan rekor menjadi turnamen paling populer pada bulan Mei 2022? Belum tentu. Masih ada League of Legends Mid-Season Invitational 2022 yang mampu mencapai peak viewers di angka 2,29 juta, serta average viewers di angka 588 ribu.

BACA JUGA: Ibnu Riza Protes Panitia MLBB SEA Games 2022, Rematch dengan Filipina?

Bila dihitung berdasarkan peak viewers, turnamen League of Legends masih berada sedikit di atas MLBB. Namun, secara average viewers, MLBB SEA Games 2021 adalah juaranya.

Faktor utama di balik naiknya popularitas turnamen MLBB SEA Games 2021 ternyata tak lain dan ak bukan berasal dari Indonesia yang merupakan salah satu bintang utama dalam SEA Games 2021.

073461500_1652963001-Timnas_Mobile_Legends_Indonesia_2a7c2.jpg

Indonesia menjadi negara dengan animo tinggi untuk scene esports Mobile Legends Bang Bang. Masih dari Esportschart, MPL Indonesia Season 9 yang merupakan turnamen MLBB resmi dari Moonton Games, berhasil mendapatkan peak viewers di angka 2,8 juta dan average viewers di angka 442 ribu. Hanya dengan mengandalkan penduduk Indonesia, mampu membuahkan angka yang fantastis untuk sebuah statistik viewer dari sebuah turnamen esports MLBB.

Dengan statistik tersebut, mengukuhkan fakta bahwa MPL Indonesia merupakan MPL terpopuler yang hadir pada musim tersebut. Bukti yang solid untuk menyatakan Indonesia menjadi negara kontributor viewer terbesar di scene MLBB se-Asia Tenggara.

Apakah Indonesia tetap kembali menyumbangkan jumlah viewership yang besar pada turnamen MSC 2022 yang akan dimulai pada 11 Juni nanti? Sepertinya bukan hanya fans RRQ maupun Onic, tapi hampir seluruh publik MLBB di Tanah Air sudah tak sabar mendukung tim Indopride membuktikan kemampuan dan raihan terbaik!

iklan ligagame indopride be545

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Z4pnu Akui Cuma Bercanda Sebut Akan Mudah Kalahkan RRQ Hoshi 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!