Apakah Slot MPL Bisa Dijual, Penjelasan Ko Lius Bikin Terang-Benderang

by Agustinus Dapot
Penjelasan Ko Lius  Slot MPL Bisa Dijual

Di penghujung musim regional MPL ID Season 9, publik MLBB Indonesia dihebohkan dengan isu soal slot MPL. Wacana ini mengemuka setelah RRQ Xinn menyebut kemungkinan Geek Fam tidak akan tampil di musim depan dan slot MPL milik mereka bakal dijual. 

Celotehan Xinn sontak membuat heboh. Pertama, terkait tim Geek Fam, karena sejauh ini memang belum ada informasi dari organisasi soal rencana mereka di musim depan. Kedua, seputar slot MPL, apakah benar kepemilikannya bisa berpindah dengan dijual? Apakah tim MPL ID boleh menjual slot, bagaimana dan apa yang akan terjadi selanjutnya? Isu soal slot MPL ini sampai ke telinga Lius Andre. Eks Country Manager Moonton untuk Indonesia itu memberi tanggapan dan membedah soal slot MPL.

Lius Andre dari Moonton a4164

Dalam perjalanan sebagai scene kompetitif esports, Moonton mengubah MPL (Mobile Legends Professional League) menjadi franchise league di Indonesia pada Season 4. Sejak perubahan ini, slot liga pro MLBB tertinggi secara domestik ini hanya diisi delapan tim. Meski di musim-musim berikutnya mulai muncul wacana penambahan slot tim MPL, namun kuota delapan tim tetap bertahan hingga kini. 

Lius Andre yang akrab disapa Ko Lius, menjelaskan kalau setiap tim diperbolehkan untuk menjual slot franchise yang dimiliki. Dengan lugas, Ko Lius menyatakan "Bisa."  

 

BACA JUGA: RRQ Xinn Sebut Geek Fam Bakal Lepas Slot MPL, FYP di TikTok!


“Apakah slot MPL bisa dijual? Bisa, setiap tim franchise MPL bisa menjual slot MPL setelah empat musim atau dua tahun,” ujar Ko Lius di  akun TikTok miliknya. 

Selanjutnya Ko Lius membedah mengapa sebuah tim melepas slot MPL. Menurutnya, MPL sebagai franchise adalah pure bussines, artinya setiap tim (owner) juga mempertimbangkan keuntungan, baik dari segi revenue maupun exposure. Jika diangga sudah tidak ada untung atau merugi, tim tersbeut mungkin bisa saja melepas slot MPL. 

Dalam kesempatan lain, Lius Andre juga mengulas sedikit kondisi Geek Fam di musim ini. Menurutnya ada banyak faktor yang menyebabkan performa sebuah tim, bisa mulai dari organisasi, pemain dan pelatih.  

@liusandre.s Kalo menurut kalian bakal dijual nggak? Trus siapa team yg menurut kalian cocok untuk menggantikannya? #MPLIDS9Challenge #MPLdiTikTok #SerunyaMainGame #SerunyaOlahraga #geekfam #gpx ♬ Say So (Instrumental Version) [Originally Performed by Doja Cat] - Elliot Van Coup

“Jadi, ada beberapa tahap yang harus dilalui yaitu tahap pertama valuasi untuk mengetahui berapa harga slot dari timnya jika ingin menjual ke tim lainnya. Lalu yang kedua, ia harus mencari pembeli. Untuk yang ketiga, jika sudah sepakat dengan satu tim maka dia harus menandatangani kontrak dan melalui proses yang cukup panjang dan semuanya harus dilakukan saat MPL sedang off season atau sedang tidak berjalan,” tambahnya.

Menariknya, Ko Lius lanjut mennyebut salah satu organisasi esports yang berpotensi untuk membeli slot Geek Fam.

“Kalo menurut Ko Lius, mungkin Geng Kapak (GPX) kali ya, karena memang saat ini tim yang niat banget atau yang terlihat ingin masuk ke MPL ya tim tersebut sendiri,” lanjut Lius.

Menariknya, beberapa waktu lalu Dewa United juga disebut-sebut mengincar slot MPL. Terlepas dari ngebetnya Donkey, Oura dan Marsha sebagai pentolan Geng Kapak yang ingin timnya tampil di MPL, Ko Lius tidak spill bagaimana dengan niat Dewa United. So, menarik dinanti, jika Geek Fam benar-benar melepas slot MPL, siapa tim baru yang akan menggantikannya? Bagaimana menurut ligagamers? Apakah ada tim baru lainnya? 

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Venue MPL ID S9 Terbuka Untuk Penonton, Ini Harga Tiketnya

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!