Panduan Cara Menjadi Streamer Game, Cari Cuan di Era Digital

Kamu pernah dengar istilah Streamer Game? Yup, aktivitas "bersiaran" ini kian marak di jagad maya dalam kurun beberapa tahun terakhir.  Sesuai namanya, streaming game berarti bersiaran secara langsung aktivitas bermain game. Hmm, terdengar menyenangkan kan, apalagi selain menyalurkan hobi (bermain game), kamu bisa menghasilkan penghasilan tambahan, jadi bisa auto cuan deh! 

Menjadi seorang streamer tidaklah sulit, tetapi membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Diawali dengan memilih platform streaming yang sesuai, seperti Twitch, YouTube, atau Facebook Gaming. Well, beberapa tahun lalu pernah muncul platform khusus streaming khusus untuk gaming yakni Nimo.Tv, sayangnya Nimo telah menutup kanal gaming.  

BACA JUGA: NIMO TV Buka Lowongan Streamer Baru, Bangkit dari Kubur?

Streamer adalah orang yang mengambil sebuah momen dalam kehidupan dan membagikannya dalam bentuk siaran (stream) di platform digital. Streamer menjadi salah satu bagian dari aktivitas produksi konten (content creator) yang membawakan aktivitas menarik tertentu. Beberapa stream yang populer diantaranya bermain game, menyanyi hingga siaran reportase langsung.

 Pesatnya perkembangan teknologi digital dan semakin masifnya penggunaan device/gawai telah mengantar peradaban dunia yang semakin terhubung. Kata "terhubung" menjadi kata kunci yang semakin nyata menandai era digital lewat internet.

twitch streamer personas 1 c332e

Di saat internet juga smartphone membuat semua semakin terhubung, dunia dihadapkan pada COVID 19. Merebaknnya pandemi global memicu apa yang disebut sebagai "disrupsi digital". Lockdown dan pembatasan perjalanan bukan saja sempat mengubah perilaku keseharian masyarakat di kehidupan real atau nyata, tapi juga mempengaruhi aktivitas online.

BACA JUGA: 6 Pro Player League of Legends Ini Jadi Full Time Streamer di 2023

Salah satu yang paling menonjol adalah munculnyaa aktiitas "Streaming". Yup, ada info menarik nih ligagamers, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan, aktivitas Streaming Game bakal bisa mencapai 1,4 miliar penonton pada tahun 2025! Ini sungguh menakjubkan! Hal ini menunjukkan bahwa streaming game online benar-benar berkembang pesat. Nah, jika selama ini ligagamers memikirkan cara menjadi streamer game, sekaranglah saatnya untuk melakukannya! 

Yeap sambil  bersenang-senang bermain game, kamu juga dapat memperoleh popularitas dan menghasilkan uang dari streaming game tersebut. Ini adalah kesempatan emas bagi para gamer yang bersemangat! So, bagaimana cara menjadi streamer game?

 Cara Menjadi Streamer Video Game
1. Temukan Niche  
2. Pilih Game yang Tepat untuk Streaming
3. Pastikan Rig  Gaming Siap Tempur untuk Streaming
4. Pilih Platform  
5. Siapkan Perangkat Lunak Streaming  
6. Streaming Secara Konsisten Sesuai Jadwal
7. Berinteraksi dengan Pemirsa  
8. Promosikan Channel Kamu  
9. Jaringan dengan Streamer Lain
10. Gunakan Strategi Monetisasi yang Baik
11. Sabar (Tips)
12. Jaga Kesehatan (Tips)

Yuk, kita ulas apa saja yang perlu kamu ketahui untuk menjadi Streamer Game yang sukses dong pastinya! 

1. Temukan Niche Terbaik (Mu) !
Menemukan niche sangat penting untuk menonjol dari yang lain. Untuk membantumu memulai, coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

“Jenis game apa yang saya suka mainkan?”
“Apa keahlianku?”
“Apa yang membuat saya unik sebagai streamer?”
Ya, mungkin sulit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini secara langsung. Kami merasakanmu. Namun, begitu menemukan niche, kamu dapat fokus untuk membuat konten dan mengembangkan jati diri-sejati yang bakal lebih menarik bagi target audiens/ viewers channel kamu. 

Masih sulit memilih niche streaming? Inilah yang perlu kamu lakukan jika ingin mengetahui cara menjadi streamer game:

Renungkan minat dan passion, lalu selaraskan diri dengan hal tersebut
Pahami juga kebutuhan dan minat audiens
Teliti ceruk streamer lain untuk mengetahui celah atau sudut unik apa pun
Bereksperimen, sempurnakan, dan sesuaikan berdasarkan masukan dari audiens
Ingatlah, menemukan ceruk pasar bukan tentang menjadi berbeda. Itu bukan intinya. Ini lebih tentang memberikan nilai kepada audiens dengan cara yang hanya kamu yang bisa melakukannya. Hal ini pada akhirnya akan membangun komunitas yang setia dan terlibat di sekitar streaming.

2. Pilih Game yang Tepat untuk Streaming
Memilih game yang tepat untuk streaming sangatlah penting, sama seperti menemukan niche Anda. Hal ini memengaruhi visibilitas aliran Anda dan keterlibatan pemirsa.

Lantas, bagaimana cara menjadi game streamer dengan game terbaik untuk dimainkan? Pertama, pilih game yang sangat kamu sukai. Semangat akan terpancar selama streaming langsung, menjadikannya lebih menarik dan menyenangkan bagi pemirsa.

Kedua, kamu harus mencapai keseimbangan antara visibilitas dan keterlibatan. Jika kamu memilih game berperingkat teratas, seperti Fortnite dengan basis pemain aktif sebanyak 251,7 juta, Anda akan menghadapi persaingan yang ketat. Akan sulit bagi channel kamu untuk menonjol. Ingat, streamer terkenal seperti Ninja dan Tfue juga memainkan game ini.

 Ketiga, terus ikuti perkembangan rilis, pembaruan, dan tren baru, terutama dalam niche. Juga, lakukan riset. Platform seperti Twitch menyediakan daftar game streaming populer sebagai referensi dan panduan.

Terakhir, jangan ragu untuk mencoba berbagai game, apapun itu. Kamu juga bisa melihat apa yang diklik oleh audiens. Namun, Anda harus memperhatikan jumlah penonton untuk mengukur apakah streaming game tersebut masih menjanjikan di channel milikmu . Itulah cara menjadi streamer game! 

3. Pastikan Rig Gaming Kamu Siap Tempur untuk Streaming! 
PC yang kuat sangat bagus untuk bermain game, namun mungkin tidak cukup untuk streaming game. Namun jangan salah, kamu tidak perlu membuat PC yang paling mahal. Yang benar-benar Anda perlukan adalah pengaturan yang menjamin streaming game tanpa kerumitan.

Bagaimana cara menjadi streamer game dengan perlengkapan gaming yang tepat? Ini semua tentang mencapai keseimbangan sempurna dengan perangkat keras. Kamu tidak ingin berinvestasi pada kartu grafis yang bagus hanya untuk menemukan masalah kompatibilitas dengan perangkat lunak streaming, bukan?

streamer valor d3569

Dalam hal audio, mikrofon yang bagus dapat membuat perbedaan besar. Jika kamu punya anggaran, pilihlah mikrofon kelas profesional. Namun, meski dengan anggaran terbatas, kamu tetap bisa menjadi streamer gaming yang hebat dengan mikrofon gaming yang murah.

Sedangkan untuk video, hindari menggunakan webcam internal karena sering kali memberikan gambar berkualitas rendah. Sebagai gantinya, lihat daftar kamera DSLR terbaik kami untuk streaming, terutama direkomendasikan untuk pemula. Kamera ini menghadirkan kualitas gambar yang tajam, memastikan pengalaman streaming yang imersif.

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI MICROPHONE YANG SERING DIPAKAI STREAMER

4. Pilih Platform
Bagaimana cara menjadi streamer video game setelah memastikan pengaturan streaming game Anda sudah siap? Pilih platform terbaik untuk streaming Anda.

YouTube dan Twitch adalah dua platform streaming populer yang memungkinkanmu melakukan streaming game secara Gratis alias Free! Platform ini ideal untuk pemula. Namun, mereka memiliki keterbatasan jika Anda ingin menjadi profesional, karena Anda hanya dapat melakukan streaming secara eksklusif di platform mereka.

Twitch, misalnya, baru-baru ini memperbarui Ketentuan Layanannya, melarang streaming multicast. Apa artinya ini? Anda akan dibatasi untuk menjangkau audiens selain platform tertentu.

Jadi, mengapa multicast penting dalam cara menjadi streamer game? Ini memungkinkanmu melakukan streaming ke berbagai platform secara bersamaan, menjangkau audiens yang lebih luas dengan mudah.

5. Siapkan Perangkat Lunak Streaming Memadai
Perangkat lunak streaming adalah alat yang mengambil umpan webcam, dan elemen lainnya ke dalam aliran video dan menyiarkannya secara online.

Kamu tidak perlu memikirkannya jika menggunakan platform seperti Facebook gaming karena mereka akan mengurusnya. Namun, jika kamu ingin melakukan streaming menggunakan server streaming Anda sendiri, Anda perlu menyiapkan software streaming terbaik agar streaming Anda berjalan lancar.

Ini adalah hal penting untuk dipertimbangkan ketika kamu ingin mengetahui cara menjadi streamer game! Untungnya, ada banyak pilihan perangkat lunak yang tersedia untuk streaming dan banyak di antaranya gratis untuk digunakan. OBS dan StreamLab OBS adalah salah satu pilihan paling populer. Dengan alat ini, kamu  dapat menyesuaikan sumber audio dan video, menambahkan overlay dan peringatan, dan banyak lagi.

Program-program ini wajib dimiliki, terutama jika kamu ingin menjadi streamer game online dengan kontrol penuh atas konten dan distribusi streaming channelmu.

6. Streaming Secara Konsisten Sesuai Jadwal
Apa langkah selanjutnya untuk menjadi streamer game online? Anda harus sering melakukan streaming dan merencanakan jadwal yang padat sebagai pembuat konten, apa pun platform yang Anda gunakan.

Sekarang, bayangkan bagaimana perasaanmu sebagai penonton jika streamer kesukaanmu menghilang dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, sebagai calon streamer, penting untuk menjaga jadwal streaming yang konsisten. Beri tahu pemirsa kapan kamu akan melakukan siaran langsung dan lakukan yang terbaik untuk menaatinya. Jika kamu harus membatalkan streaming, beri tahu mereka sesegera mungkin.

Banyak streamer Twitch, seperti xQC, secara konsisten menetapkan jadwal streaming mendatang untuk mempersiapkan dan melibatkan pengikut mereka. Ingat , kamu tidak boleh berkompromi dengan kualitas streaming. Hanya online secara rutin saja tidak akan cukup. Sebagai streamer, kamu hadir untuk menghibur dan berinteraksi, bukan?

7. Berinteraksi dengan Pemirsa

Streamer berbagi momen tersebut dengan penonton yang menyaksikannya secara real-time dan berinteraksi melalui chat. Menjadi seorang streamer jelas membuka jendela "dunia baru" yang menarik, sekaligus menggabungkan hobi dengan pekerjaan. Manfaat yang pertama, kamu dapat berinteraksi dan berhubungan dengan komunitas online yang memiliki minat yang sama.

Berinteraksi dengan pemirsa seperti berbicara dengan teman. Kedengarannya mudah, bukan? Tapi ini adalah langkah penting dalam cara menjadi streamer game. Mengapa? Memiliki keterampilan komunikasi yang baik sangat penting untuk kesuksesan streaming.

Jadi, inilah yang perlu kamu lakukan untuk berinteraksi dengan audiens:

Baca dan tanggapi komentar dalam obrolan. Ninja dan PewDiePie adalah streamer terkenal yang berinteraksi dengan penonton dengan menanggapi komentar chat yang relevan selama streaming. Kami percaya itulah yang membuat mereka begitu menyenangkan.
Ajukan pertanyaan dan jajak pendapat. Saat membutuhkan ide-ide segar atau hanya ingin melibatkan pemirsa, ajukan pertanyaan terkait game atau adakan jajak pendapat untuk mengumpulkan pendapat mereka. Ini adalah cara yang luar biasa untuk membuat mereka tetap terlibat.
Temui pemirsa secara langsung. Jika kamu sudah memiliki basis penggemar yang besar, pertimbangkan untuk menjadwalkan pertemuan di acara tertentu terlebih dahulu untuk terhubung langsung dengan pemirsamu.
Berinteraksi dengan pemirsa akan membuat streaming kamu lebih menghibur, menarik lebih banyak orang, dan mendapatkan masukan dari mereka untuk streaming berikutnya.

8. Promosikan Channel Streaming Kamu!  
Setelah sudah tahu cara menjadi gamer streamer dan berinteraksi dengan audiens, kamu masih perlu mempromosikan channel siaranmu. Mengapa? Well, ini penting demi membuat channel kamu dikenal lebih luas. Namun, ini bukan hanya tentang mendapatkan lebih banyak pemirsa untuk streaming game. Lebih penting lagi, ini adalah cara membangun merek (brand) dan meningkatkan visibilitas sebagai streamer hebat.

Untuk mempromosikan siaran kamu dapat melakukan hal-hal berikut:

Bagikan di media sosial — Salah satu cara paling sederhana untuk mempromosikan streaming adalah dengan mempostingnya di platform media sosial. Gunakan status yang menarik atau menggunakan banner gambar yang menarik untuk menarik perhatian.
Sebutkan selama streaming — Beberapa streamer suka membagikan jadwal streaming mendatang selama siaran. Kadang-kadang menjadi tagline mereka di pembukaan, seperti “Saya siaran langsung setiap akhir pekan jam 9 pagi Waktu Pasifik”.
Tetapkan jadwal — Saat menjadwalkan streaming, itu seperti mengirimkan undangan kepada pemirsa dan mendorong mereka untuk menonton streaming yang akan datang.
Miliki konten yang bagus — Sebuah pepatah mengatakan: “Produk yang bagus akan terjual dengan sendirinya.” Hal yang sama juga berlaku pada streaming game. Jika kamu konsisten menyediakan konten streaming langsung berkualitas tinggi, pemirsa akan terus datang kembali setiap kali kamu siaran . 

9. Jaringan dengan Streamer Lain
Mempromosikan streaming dengan menyebutkannya selama streaming langsung atau menetapkan jadwal adalah tentang menarik pemirsa setia untuk menontonnya. Dengan kata lain, ini tentang membuat pemirsa datang kembali untuk menonton lebih banyak lagi.

Jika dirasa belum cukup, kamu juga dapat memperluas jangkauan dan menarik penonton baru dengan berkolaborasi dengan streamer lain. Dengan bergabung dalam streaming langsung mereka, kamu dapat memperkenalkan diri kamu kepada penonton di kanal stream lain. Jika mereka menyukai apa yang mereka lihat selama streaming tersebut, kemungkinan besar mereka akan menghadiri streaming langsung di saluranmu.

Sedikit rahasia cara menjadi streamer game dengan banyak pengikut. Pokimane dan xQC merupakan dua streamer yang kerap berkolaborasi dengan streamer lain, meski sudah memiliki basis penggemar yang sangat besar.

10. Gunakan Monetisasi yang Baik
Kamu mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana cara menjadi gamer streamer dan menghasilkan uang?”Kita memiliki banyak pilihan untuk memonetisasi konten. Jadi, tidak perlu khawatir tentang hal itu!

Nah, itulah panduan dan tips untuk kamu yang ingin menjadi Streamer Game. Kuncinya tetap pada tiga hal; DISIPLIN, ADAPTASI dan ​ HAVE FUN! Streamer adalah seorang penghibur atau entertainer yang juga bisa dibilang "independen". Jadi, cuma kamu yang bisa menentukan dirimu sebagai Streamer yang bagaimana. Sudah siap untuk memulai? 

Ikuti terus berita terbaru seputar game,  turnamen dan esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

5 Game yang Akan Jadi Scene Esports Baru di 2024, Dari Game Fighting Tekken, Franchise RTS Hingga MMO Riot!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!