Apa Perbedaan Antara Streamer Game dan Konten Kreator Game?

Apakah semua streamer adalah pembuat konten? Dengan meledaknya video game dan esports, semakin banyak gamer yang menyiarkan game mereka setiap hari, yang disebut streamer. Ada yang menyebut mereka pembuat konten. Apakah menyiarkan video game di suatu platform saja sudah cukup untuk menjadi pembuat konten? Yuk kita ulas perbedaan antara streamer dan kreator konten game. 

Pesatnya perkembangan game dan internet melahirkan generasi "Milenials" yang semakin dekat dengan sub-kultur gamers. Well, meskipun sejatinya 'Gamers" sudah ada sejak era konsol (video game) di dekade 80 an, namun istilah gamers di milenials semakin masif karena faktor "online". 
Yup, game online sukses menjadi "dunia" baru di internet, sebagai wahana yang memungkinkan pengguna/ player berinteraksi satu dengan yang lain di dalam game. Kemunculan game MOBA- meski juga sbelumnya sudah didahului game FPS- melahirkan scene esports. Interaktif, kooperatif dan kompetitif agaknya menjadi tiga kata kunci sehingga esports menjadi hiburan, yang kemudian tentu mulai industrial. 

Sebuah industri, termasuk industri game memunculkan peluang, kebutuhan yang bisa menjadi lahan pekerjaan baru. Kali ini kita akan berfokus kepada para gamers, baik itu pemain game maupun mereka yang di dunia esports. (Sepertinya kita juga perlu menjelaskan perbedaan jenis gamers, mungkin pada artikel selanjutnya).

pexels fox 1038916 7b6d1

Munculnya Streamer Game

Kembali ke timeline, para gamers yang sudah familiar ber-online di dunia maya (internet) mengenal beberapa platform video. Youtube mulai memperkenalkan fitur live stream di tahun 2009, namun saat itu kanal live hanya khusus untuk partner tertentu (Sepertinya Youtube piloting-uji coba dulu untuk melihat bagaimana potensi dan tentu kelancaran di back-end sistem mereka). Sementara di negeri Paman Sam, meluncur platform siaran bernama Twitch pada 2011. 
Tentu di era hingga 2015, di Indonesia belum banyak terdengar tentang "streamer" atau orang yang melakukan siaran, baik live maupun recorded. Lalu, Facebook sebagai platform sosial media meluncurkan fitur live stream  di 2015.

84292385 570887333463510 3678710562142814208 n fbd80

Di masa ini, bisa dibilang sebagai fase "booming aplikasi" seiring pergeseran smartphone yang semakin masif dengan OS Android. Muncul pula developer membuat platform live strem, sebut saja misalnya Siaranku, Bigo, Nonolive dll. Tiga tahun kemudian meluncur Facebook Gaming, kanal yang khusus untuk gamers bersiaran. Facebook Gaming bisa dibilang menjadi wadah khusus gamers. Di tahun yang sama, yakni 2018, juga muncul Nimo Tv. Seperti diketahui, Nimo Tv menjadi tempat banyak streamer kenamaan, beberapa di antaranya pemain Mobile Legends. 

Era 2018 ke atas, menjadi inkubasi munculnya streamer game di Indonesia. Tentu ini menjadi data menarik, misal siapakah streamer paling populer dengan jumlah subscribers atau follower terbesar. Beberapa nama yang muncul mungkin masih populer hingga saat ini, bahkan meski mereka ada yang sudah tidak aktif sebut saja mulai dari Reza Arap, Jess No Limit, Listy Chan, MiauwAug, Sarah Viloid, FrostDiamond, Ericko Lim, Lemon, Ibot dan Rusman. 

hipwee pjimage 32 18789

BACA JUGA: 4 Streamer Dota 2 Indonesia Ter-Gokil: Rusman, Dreamocel, InYourDream dan IBOT, Siapa Favoritmu?

Apa itu streamer?
Seorang streamer tertarik pada penyiaran dan kebanyakan dari mereka tidak berpikir lebih jauh. Selain mendapatkan uang dari program afiliasi Twitch yang berarti streamer harus memiliki minimal 50 pengikut dan selama 30 hari terakhir memiliki total minimal 500 menit siaran, 7 hari siaran unik, dan rata-rata 3 atau lebih pemirsa secara bersamaan.
Setelah target ini tercapai, sebagai streamer, kamu akan memperoleh sebagian kecil dari jumlah yang dibayarkan pelanggan untuk “mendukung” atau menonton streaming tanpa iklan apa pun. Sebut saja mereka afiliasi. Afiliasi tersebut mengetahui tentang nilai audiens dan akan mencoba berinteraksi dengannya. Sedangkan untuk non afiliasi tidak ada yang istimewa dari aliran mereka.

Jika kamu memiliki kesabaran, untuk membuka Twitch untuk menonton beberapa aliran non-afiliasi, kamu akan melihat bahwa sebagian besar waktu mereka jarang mengatakan sesuatu dan/atau pengaturannya biasa saja. Kalau soal bakat mereka, bisa saja rata-rata hingga pas-pasan. Jika mereka sebaik itu, promosi dari mulut ke mulut akan berhasil.

Sebagian besar streamer juga mengupload video di YouTube untuk mencoba menghasilkan lebih banyak pendapatan. Namun seringkali, video tersebut hanya berupa highlight dari sesinya dengan judul clickbait untuk menghasilkan lebih banyak penayangan.

Singkatnya, seorang streamer ingin menjadi afiliasi untuk mendapatkan uang. Sang streamer tidak membuat konten bernilai tambah apa pun, baik saat streaming maupun saluran YouTube.
Sebagai penonton, kamu  menghargai keterampilan atau seringnya mengupload dan streaming, namun bagaimana sebagai pembuat konten? Sekarang kita sudah mendefinisikan apa itu streamer, apa bedanya dengan pembuat konten?

Apa bedanya Streamer dengan pembuat konten ?
Seperti disebutkan di atas, membuat konten sedikit berbeda dengan sekadar streaming dan mengunggah highlight di YouTube. Seorang pembuat konten menyempurnakan konten yang diproduksi untuk mencapai suatu maksud atau tujuan dan tidak hanya menayangkan video game. Streamer yang membuat konten adalah mereka yang menambahkan nilai pada konten yang diunggahnya, selain siaran.

Streaming video game menjadi mudah saat ini. Entah berbakat atau pekerja keras, kamu akan menemukan audiens. Namun, dalam jangka panjang, hal ini tidak cukup. Kamu harus menemukan cara untuk meningkatkan jumlah penonton ini. Membuat konten adalah caranya. 

Beberapa channel streamer menyertakan intro yang mengundang pemirsa untuk berlangganan atau menggunakan kode. Bersiaran game adalah sebuah produksi serius dan adanya editor video bisa  meningkatkan nilai.  

Tentu saja, contoh yang datang dari industri game ini dapat diterapkan pada industri apa pun. Seperti di banyak industri, nilai tambah adalah hal yang akan mendatangkan audiens.

Ikuti terus berita terbaru Games dan Esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

12 Streamer Mobile Legends Indonesia Mirip Karakter One Piece

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!