RRQ Masuk top 10 Organisasi Esports Terbesar di Dunia

Pembuktian RRQ sebagai Raja segala Raja?
by Seno Aji
RRQ Masuk top 10 Organisasi Esports Terbesar

Tak perlu disangkal lagi, Indonesia adalah salah satu negara dengan fans esports yang sangat antusias. Hal ini dibuktikan dengan masuknya salah satu organisasi asal Indonesia yaitu RRQ (Rex Regum Qeon) yang berhasil menjadi organisasi terbesar ketiga di dunia dalam hal engagement media sosial selama tahun 2020.

Sebagai salah satu “olahraga dan hiburan” alternatif, esports minim untuk mendapatkan sorotan dari media-media mainstream (radio, tv), hal ini membuat interaksi dan pertukaran pesan antara organisasi esports kepada fansnya lebih dilakukan melalui media sosial. Maka jangan heran kalau sekarang setiap organisasi esports berusha semaksimal mungkin membuat halaman sosial media mereka menjadi menarik dan memancing fans untuk berkomentar.

Salah satu organisasi asal Indonesia yang berhasil menerapkan strateginya dan menjadikan sosial media mereka sebagai tempat berbagi informasi seputar organisasi tersebut serta sarana interaksi dengan fans adalah Rex Regum Qeon (RRQ).

Organisasi esports asal Indonesia ini menjadi penghuni urutan ketiga dalam sebuah laporan tentang engagement yang terjadi di sosial media tim-tim esports dunia sepanjang tahun 2020. Laporan yang dikeluarkan Shareablee, sebuah perusahaan penyedia jasa analisis sosial media, menempatkan RRQ pada urutan ketiga dari 10 organisasi esports dengan tingkat engagement tertinggi di dunia sepanjang tahun 2020. RRQ mengalahkan banyak organisasi esports yang mendunia di daftar ini seolah menjadi sebuah bukti bahwa skena dan fans esports Indonesia sangat besar serta memiliki potensi untuk dikembangkan.

Meski Shareablee tidak menyebutkan platform dan metode penghitungan, dari data yang ditampilkan terlihat RRQ memiliki 26.5 juta engagement/aksi sepanjang tahun 2020. Angka ini hanya kalah dari dua tim lain yaitu FaZe Clan dengan 142 juta engagement dan G2 Esports dengan 38 juta engagement. Hal ini adalah kabar yang sangat baik mengingat RRQ berhasil melampaui capaian beberapa organisasi esports besar lain, seperti TSM (Team SoloMid), Fnatic, bahkan Team Secret (yang sekarang sedang berusaha untuk menggaet audience dari Asia Tenggara secara agresif).

Tentunya dari daftar ini RRQ boleh berbangga dan para fansnya juga boleh untuk bersuka cita. Karena perpaduan keduanya maka RRQ bisa berjaya seperti sekarang. Tentunya hal ini juga bisa menjadi keuntungan tersendiri buat RRQ, apalagi terkait dengan daya tarik sponsor terhadap mereka.

Dengan engagement yang besar, tentunya hal ini dibarengai dengan potensi audience dan pasar yang besar pula. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh RRQ sebagai sarana promosi untuk membuat konten agar menarik fans baru ataupun ladang kerja sama dengan sponsor. Mengingat engagement di sosial media adalah salah satu ukuran kesuksesan sebuah akun media sosial.

Keren ya RRQ? Semoga kedepannya pencapaian ini bisa lebih baik dan RRQ Kingdom, kalian luar biasa! Semoga nantinya enggak cuma RRQ aja yang bisa nnongol di daftar ini, sebagai bukti bahwa sekena, fans, dan organisasi esports di Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan terbaik di dunia!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!