Review EA FC 24: Teknologi Baru, Gameplay, Career Mode dan Tim Unggulan

by Visahat

Review EA FC 24: Perombakan FIFA tidak membawa banyak perubahan, meskipun peningkatan teknologi membuat gameplay terasa lebih apik dari sebelumnya.
EA FC 24 melanjutkan fondasi kokoh yang ditetapkan oleh pendahulunya FIFA 23. 
Meskipun ada perombakan, nuansa permainan sepakbola tetap terjaga namun gameplaynya telah ditingkatkan. Pembaruan menarik lainnya, kini pria dan wanita di tim yang sama akan jadi pengubah permainan. Ini adalah awal dari era baru. Pria dan wanita dapat bermain di sisi yang sama dalam mode Ultimate Team FC24.

ea24 mode 07596

FIFA telah tiada dan EA Sports FC hadir. Namun jika Anda melihat ke balik kap mobil baru ini, mesinnya tetap sama - meski dengan sentuhan cat baru berkat interface menu baru yang memikat.

Sebelum kita membahasnya, sedikit konteks mengapa game ini tidak lagi disebut FIFA - bagi yang belum tahu. EA Sports memiliki kesepakatan jangka panjang dengan badan pengelola sepak bola sejak tahun 1993 dengan FIFA International Soccer. Pada waktunya - setelah 325 juta kopi terjual - ini akan menjadi franchise video game olahraga terlaris di dunia.

Well, dibandingkan dengan FIFA 23 tahun lalu, jalannya kurang lebih sama. Pengembang EA Sports telah memperkenalkan cukup banyak perubahan untuk membuat segalanya tetap menarik - tetapi tidak ada yang bisa mengubah keadaan.

Penggemar franchise ini akan senang dengan gameplay apik yang ditawarkan di sini - didukung oleh teknologi HyperMotion V yang baru. Itu berarti para pemain top dunia menunjukkan lebih banyak keterampilan pribadi mereka, termasuk cara mereka menggiring bola, menembak, mengoper, dan bergerak. EA menyebut ini sebagai 'langkah maju terbesar dalam keaslian dan realisme hingga saat ini', dengan menggunakan data volumetrik lebih dari 180 pertandingan tingkat atas.

da24 84046

Namun tahun lalu diketahui bahwa FIFA sedang mencari £815 juta ($1 miliar) untuk memperbarui perjanjian lisensinya dengan EA Sports, yang membuat para pengembang memutuskan untuk membatalkan kemitraannya – setelah CEO FIFA mengklaim bahwa kesepakatan tersebut hanya memberi mereka 'empat surat pada depan kotak'.

Sebaliknya, EA mengembangkan diri mereka sendiri untuk mencapai kesepakatan individu dengan tim dan kompetisi untuk memastikan mereka menjaga keaslian yang mereka terkenal.

Jadi, bagaimana pergerakan mereka di game? Yuk simak paparan  gameplay inti sebelum membahas berbagai mode berbeda yang disukai pemain.

GAMEPLAY

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tampilan game ini cantik. Ketika saya masih kecil, ayah saya sering berjalan-jalan saat saya bermain FIFA dan mengira saya sedang menonton pertandingan sepak bola sungguhan. Sekarang orang-orang akan benar-benar kesulitan membedakannya.

Mesin FrostBite yang ditingkatkan, yang memindai semua pesepakbola top dunia untuk menciptakan kemiripan yang luar biasa, semakin meningkatkan realisme. Pemainnya benar-benar tampil mencolok di edisi ini - meskipun beberapa model jelas-jelas diabaikan.

Tahun lalu ada kemarahan atas rekreasi EA terhadap bos Arsenal Mikel Arteta, yang sama sekali tidak terlihat seperti dia di pinggir lapangan. Penggemar The Gunners akan senang mendengar dia lebih mirip dirinya kali ini - tetapi bisa dibilang beberapa wajah di Tottenham telah 'dilakukan kotor'. Kiper Spurs Guglielmo Vicario benar-benar botak – dan wajahnya juga sangat berbeda. Sedangkan bagi manajer Ange Postecoglou, semakin sedikit yang dibicarakan tentang bangunannya, semakin baik.

Dengan HyperMotionV, EA telah naik level dari teknologi HyperMotion2 FIFA 23. Ini mungkin terdengar seperti omong kosong di permukaan, tetapi Anda akan melihat gameplay yang menarik dan semangat tambahan dalam pertarungan satu lawan satu. Saat melakukan tekel menggunakan Aaron Wan-Bissaka, saya merasakan tantangan ekstra ketika bek kanan tersebut melebarkan sayapnya dan membuat lawannya terjatuh di byline.

ff2 60047

Fitur 'PlayStyles' yang baru berarti pemain terbaik diberikan keterampilan unik - seperti kemampuan akrobatik Erling Haaland

Ditambah dengan peningkatan realisme adalah pengenalan 'PlayStyles'. Sekali lagi, ini bukan tambahan yang menggemparkan dalam seri ini, tapi ini adalah sentuhan bagus yang membantu membuat setiap pemain terkenal merasa unik - dan semakin menonjolkan kemampuan individu mereka.

Sebelumnya, para pemain memiliki ciri khasnya masing-masing, namun dengan PlayStyles Anda akan benar-benar merasakan kelebihan mereka yang menonjol. Jadi Erling Haaland lebih sering melompat dan melakukan tendangan voli akrobatik dan tendangan sepeda - dan dia sangat ahli dalam hal itu. Kylian Mbappe memiliki gaya 'langkah cepat', jadi Anda akan menikmati menari di sekitar pemain saat ia melewati mereka dengan kecepatannya yang mentah. Jude Bellingham memiliki gaya 'tanpa henti' - memungkinkan dia untuk bergerak maju di lini tengah dan menempuh jarak yang jauh tanpa merasa terlalu lelah.

Ada 34 PlayStyle berbeda yang tersedia dalam game ini, meskipun hanya pemain terbaik - termasuk yang disebutkan di atas - yang memiliki PlayStyles+. Itu berarti ketika Anda memilih tim dengan pemain bintang seperti Mohamed Salah atau Vinicius Jr, Anda akan melihat peningkatan kekuatan mereka untuk memberikan keuntungan bagi timmu.

Ada juga beberapa animasi baru yang bagus yang ditampilkan. Menjelang pertandingan dan selama paruh waktu, kamu akan melihat para pemain mengobrol dan bersiap di ruang ganti - dan Anda akan melihat manajer memberikan instruksi di papan taktisnya, serta pakar Alex Scott berbicara ke kamera di sampingan.

g353 0802a

Di gantry kami juga memiliki rekrutan baru. Selain komentator Derek Rae dan Stewart Robson, EA telah menambahkan penyiar legendaris Guy Mowbray dan pakar Sky Sports Sue Smith. Kedua pasangan akan bergantian di antara pertandingan Anda.

Visual terlihat lebih baik dari sebelumnya berkat mesin FrostBite yang ditingkatkan dan pencahayaan yang ditingkatkan

Career Mode

Sebuah fitur favorit dari game-game FIFA sebelumnya yang tampaknya mengalami sedikit perubahan setiap tahunnya. Dalam edisi terbaru kami telah menambahkan animasi negosiasi pemain - yang menampilkan manajer Anda bertemu dengan rekan Anda di kantor atau restoran untuk membahas biaya transfer dan bonus lainnya.

Sepertinya setiap tahunnya EA selalu menggunakan nuansa 'Football Manager' dan hal tersebut semakin terasa pada tahun ini setelah diperkenalkannya Total Management System. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengatur 'visi taktis' Anda - seperti yang Anda lakukan di game FM. Apakah Anda melakukan pengaturan seperti Pep Guardiola dengan tiki-taka, gegenpress Jurgen Klopp, atau rute pertama Sean Dyche?

Setelah memilih sebuah visi, Anda harus menyewa berbagai pelatih yang akan membantu Anda mewujudkannya. Semakin banyak pengalaman yang mereka miliki, semakin cepat pemain Anda beradaptasi dengan metode Anda - tetapi pengalaman membutuhkan biaya dan Anda harus mematuhi anggaran gaji staf Anda. Atau Anda dapat melakukan apa yang saya lakukan dan memberikan diri Anda pengambilalihan uang besar ala Newcastle sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang penganggaran!

Mode karir sekarang memungkinkan pemain untuk mengatur 'visi taktis' mereka untuk menandai gaya unik Anda di klub - dan Anda dapat menyewa pelatih untuk membantu Anda menerapkannya

Mode karir sekarang memungkinkan pemain untuk mengatur 'visi taktis' mereka untuk menandai gaya unik Anda di klub - dan Anda dapat menyewa pelatih untuk membantu Anda menerapkannya

Karier pemain memungkinkan Anda berupaya memenangkan Ballon d'Or dan juga bekerja dengan agen

Ada juga fitur baru seperti mengikuti parade bus atap terbuka saat Anda memenangkan trofi dan menghadiri upacara Ballon d'Or selama karier pemain individu Anda untuk melihat apakah Anda bisa menjadi yang terbaik di dunia. Karier pemain juga memberi Anda agen sepanjang perjalanan Anda, memberi saran tentang langkah apa yang harus diambil dan membantu Anda menegosiasikan kesepakatan.

TIM UNGGULAN

Mode permainan yang bisa dijual sendiri, tanpa sisa judulnya. Ultimate Team sangat populer akhir-akhir ini sehingga beberapa orang hanya memainkannya dan mengabaikan fitur lainnya. Jadi masuk akal jika EA akan memasukkan sebagian besar chip mereka ke UT dan membawa perubahan yang cukup untuk menarik pemain lagi.

Ada dua tambahan besar pada UT tahun ini - dan fitur yang paling banyak dibicarakan adalah kemampuan untuk menurunkan pria dan wanita dalam tim yang sama untuk pertama kalinya. Sepak bola wanita semakin mendapat publisitas dan setelah Piala Dunia Wanita tahun ini, permainan ini akhirnya mendapatkan perhatian yang layak.

EA Sports mulai menerapkan tim wanita dalam game ini beberapa tahun yang lalu dan Ultimate Team memungkinkan game tersebut menampilkan pemain wanita top dunia dan memungkinkan mereka untuk berdiri bahu-membahu dengan bintang pria. Anda dapat memilih pemain seperti Sam Kerr, Lauren Hemp dan Alexia Putellas dan menggabungkannya dengan Haaland, Mbappe dan Kane. EA mengatakan mereka memikirkan 'secara mendalam' tentang fitur baru yang ditujukan untuk inklusivitas ini. 

ea233 eea61

'Ini adalah sesuatu yang benar-benar kami pikirkan secara mendalam,' kata kepala suku Jon Shepherd. 'Kami merasa kami dapat memainkan peran yang sangat penting dalam pertumbuhan olahraga ini dengan memperkenalkannya kepada semua penggemar kami. Kami hanya memiliki keyakinan bahwa kami ingin menyatukan dunia dalam sepak bola.

'Ultimate Team adalah tempat yang bagus untuk itu. Ini adalah mode di mana Anda dapat membangun tim fantasi Anda dengan kebangsaan berbeda, liga berbeda, klub berbeda. Jadi, rasanya seperti tempat yang bagus untuk bisa melakukan hal itu.'

Di bagian lain di Ultimate Team, gamer akan senang dengan diperkenalkannya 'Evolusi', yang memungkinkan Anda membawa pemain dan menaikkan peringkat keseluruhan mereka dengan menyelesaikan berbagai tujuan selama pertandingan.

Ini adalah alternatif yang baik untuk membeli dan menjual pemain ketika Anda menginginkan tim yang lebih kuat. Jika Anda memiliki pemain yang Anda sukai tetapi tidak berada pada level yang Anda inginkan, Anda dapat memasukkan mereka ke dalam tim dan secara bertahap meningkatkan kemampuannya. Saya mempunyai pemain berusia 79 tahun dan berkat evolusi saya membawanya ke usia 83 tahun. Namun, perlu dicatat bahwa pemain yang berevolusi ini tidak dapat dijual. Jadi, sayangnya, Anda tidak akan bisa memulai pekerjaan sampingan dengan membongkar pemain dengan statistik yang ditingkatkan untuk mendapatkan koin dalam jumlah besar. 

Verdict 

EA FC 24 memastikan bahwa ini masih merupakan cara terbaik untuk menikmati permainan indah di konsol video. Setelah bertahun-tahun berjuang dengan PES - sekarang dikenal sebagai eFootball - tidak ada persaingan dalam hal judul game sepak bola terbaik.

Jika kita menilai hal ini berdasarkan perubahan dibandingkan dengan FIFA 23 tahun lalu, tidak banyak hal baru yang dapat dilihat. Sangat mengecewakan melihat tidak ada mode cerita yang ditambahkan. Kami terakhir kali mendapatkan The Journey - yang menampilkan kisah fiksi Alex Hunter - di FIFA 2019 dan game ini tidak memiliki penawaran unik serupa sehingga menjadikannya bernilai £63 yang akan Anda keluarkan untuk salinan fisik dan £70 untuk edisi digital. Namun pemain pastinya akan merasakan kekuatan tambahan melalui peningkatan teknologi dari HyperMotionV dan FrostBite.

Namun pengalaman utama dari menit ke menit tetap menarik karena setiap pemain kini lebih realis plus gaya unik mereka sendiri, sementara operan dan tembakan diberi tambahan kecepatan dan kekuatan. Dalam mode lainnya, ada cukup banyak penyesuaian untuk membuat semuanya tetap menarik. Hal ini menandai awal yang baik dalam era baru bagi EA Sports, namun tentunya banyak hal yang dapat dikembangkan.

Ikuti terus berita terbaru seputar Games  dan esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Hall of Legends FIFA Mobile, Hidupkan Kembali Momen-Momen Pemain Legendaris Sepakbola Dunia

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!