Bocah 13 Tahun di AS Tembus Level Tetris, Ungguli AI (Artificial Intelligence)

by Visahat

Remaja Amerika Serikat bernama Willis Gibson (13) menjadi manusia pertama yang berhasil memenangkan permainan klasik Tetris. Ia menjadi orang pertama yang mencapai kill screen dari game Tetris versi Nintendo.

Sebagai info, level 29 sudah berahan lama diyakini sebagai akhir permainan karena baloknya bergerak terlalu cepat bagi reaksi manusia. Prestasi ini sebelumnya hanya bisa dicapai oleh AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan). Namun seperti yang dijelaskan YouTuber aGameScout dalam analisis pencapaian Willie, seseorang akhirnya mencapai level 30. Pemain manusia lainnya telah berhasil melangkah lebih jauh, namun hingga saat ini, hanya komputer AI yang mencapai akhir Tetris yang sebenarnya.

Tetris merupakan game yang dibuat oleh insinyur perangkat lunak Soviet. Tetris, yang membuat pemain bermanuver dan mengatur balok-balok yang jatuh menjadi garis-garis utuh yang kemudian menghilang, diciptakan oleh insinyur Soviet Alexei Pajitnov pada tahun 1984.

Permainan ini sederhana tetapi bisa sangat adiktif dimana pemain harus memutar dan menggerakkan balok-balok yang jatuh dengan berbagai bentuk agar menyatu dan membuat garis lurus.

Setelah garis lurus (dengan dua, tiga, atau empat balok) terbentuk, garis itu hilang, menyisakan lebih banyak ruang dan waktu untuk diisi balok-balok berikutnya. Balok jatuh semakin cepat saat pemain melewati level-level tertentu.

BACA JUGA: “Stumble Guys” Tambahkan Lintasan Baru yang Terinspirasi dari Game Klasik Tetris

Dalam deskripsi video YouTube-nya, Willie menulis: "Saat saya mulai memainkan game ini, saya tidak pernah menyangka akan membuat game tersebut crash, atau mengalahkannya.  

Pemain manusia lainnya telah berhasil melangkah lebih jauh, namun hingga saat ini, hanya komputer AI yang mencapai akhir Tetris yang sebenarnya.

 "Keberhasilan ini juga merupakan rekor dunia Skor Keseluruhan, Level, Garis, dan 19 Skor."

"Ya Tuhan!" Willis berulang kali berteriak menjelang akhir video bermain Tetris berdurasi lebih dari 40 menit yang diunggahnya ke YouTube pada pekan ini. 

Ekspresi Willis berubah dengan 35 menit sebelumnya. Remaja yang dikenal dengan nick "blue scuti" itu membutuhkan waktu 38 menit untuk menembus level permainan yang belum pernah dilewati.

“Ini belum pernah dilakukan manusia sebelumnya,” kata presiden Kejuaraan Dunia Tetris Klasik Vince Clemente, dikutip dari Sky . "Beberapa tahun yang lalu, ini sesuatu yang semua orang anggap mustahil," imbuhnya.

Beberapa tahun terakhir para pemain menemukan cara untuk terus maju, melampaui kemampuan permainan klasik ini. Sejumlah pemain kompetitif mendapati ada waktu ketika permainan bermasalah dan berhenti, tetapi hanya komputer yang mampu mencapainya. Sampai akhirnya pada 21 Desember 2023 Willis mencapai Level 157, menjatuhkan sebuah balok yang menyebabkan satu baris hilang, kemudian permainan terhenti. Rekan-rekan sesama pemain langsung ikut bergembira.

Juara Dunia Tetris Klasik bernama fractal161--alias Justin Yu--berteriak, "Dia berhasil, dia berhasil!" di livestream. Kepala eksekutif Tetris Maya Rogers ikut serta dalam perayaan tersebut dan menyampaikan kepada popsci.com, ini pencapaian yang pantas menjelang peringatan 40 tahun game Tetris pada 2024. 

Ikuti terus berita terbaru game dan esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya: 

Rumor Nintendo Switch 2: Harga, Jadwal Rilis, Fitur dan Game-Game

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!