Sejarah dan Kiprah BOOM Esports di Indonesia dan Dunia

by Klemens Oscar
Sejarah BOOM E-Sports

Penggemar dan publik esports di Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama tim BOOM Esports. Yup, organisasi yang berbasis di Jakarta ini menjadi satu-satunya team di Indonesia yang juga mempunyai team esports di Brazil. Organisasi yang terbentuk pada tanggal 30 Januari 2017 ini pertama kalinya membuat tim esports untuk turnamen Dota 2.  yang mana di tim ini salah seorang pemain dota 2 terbaik se-asia tenggara sempat masuk ke roster tim, siapa lagi kalau bukan Muhammad “inYourdreaM” Rizky.

Boom-ID_89158.png

Arti dari BOOM.ID sendiri yaitu beast on our mind dan Indonesia. Makna dari logo serigala adalah bahwa mereka akan senantiasa lapar, serigala yang lapar bisa diinterpretasikan sebagai tim yang selalu haus mencari prestasi.

Pada awal tahun 2018 BOOM.id resmi berpisah dari inYourdreaM walaupun telah berpisah dari salah satu kartu as nya tim ini tetap berhasil menjuarai Indonesia Games Championship pada tahun 2018. Roster pemain dota 2 boom pada tahun 2018 adalah fbz, dreamocel, saintdelucas, jhocam dan khezcute.

BACA JUGA: BOOM Esports Resmi Berpisah dengan Khezcute, Hyde dan Dreamocel

Tim ini juga membentuk divisi CS:GO yang bermula berpartisipasi di berbagai qualifier turnamen turnamen bergengsi seperti esl Pro League. Rooster awal tim CS:GO di Boom terdiri dari mindfreak, maverickzz, 6 fingers, asteriskk dan gruvee.

PERGANTIAN NAMA dan LOGO BOOM Esports

Pada 13 september 2019 BOOM id mengubah nama dan logo menjadi BOOM Esports. Apa yang melatari perubahan nama menjadi Boom Esports seiring visi mereka menjadi organisasi esports nomor 1 di dunia dengan arti tidak peduli dari mana dan siapa saja pemain asalkan punya mental kuat dan kerja keras maka anda bisa menjadi juara.

Dengan bergantinya nama maka bergantinya juga logo seperti serigala menatap tajam ke depan yang berarti Boom Esports telah teruji dalam banyak pertempuran dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya serta siap menghadapi lawan terberat sekalipun.

DIVISI-DIVISI BOOM ESPORTS

Hingga hari ini BOOM Esports sudah memiliki 7 divisi yang aktif yakni: DOta2, PUBGM, Free Fire, Valorant, Heartstones, FIFA dan LOL: WIld Rift. Tim BOOM telah berpartisipasi di berbagai kompetisi tingkat nasional maupun internasional dan juga sudah memiliki struktur organisasi yang mapan. 

BOOM Esports teah menjalin kerja sama dengan beberapa brand besar seperti Logitech, Omen, Vortex series dan Dagelan. Mereka juga resmi mendapatkan partner merchandise yaitu Wayup.

Divisi Boom Esports cd5c6

Divisi Dota 2 BOOM Esports

Tim DOta2 pertama Boom terbentuk pada tanggal 30 januari 2017 setelah mengalami banyak rotasi rooster saat ini adalah khezcute, mikoto, hyde, fbz dan Dreamocel. Prestasi yang sudah diraih di kancah internasional ini adalah memenangkan turnamen tier minor esl sea championship 2021 Asia Pacific Predator League 2020 Indonesia finals one esports dota 2 invitational jakarta : indonesia qualifier dan juga mendapatkan posisi 4 di turnamen major Beyond  The Summit(bts) pro series : southeast asia.

Divisi CS:GO

Selain memiliki tim Dota 2 yang disegani, tim CS:GO BOOM juga memiliki berbagai pencapaian dunia kompetitif esports. Pada 24 Februari 2020, BOOM memperkuat divisi CS:GO dengan atlet esports dari tim intz Brazil. Roster CS:GO itu terdiri dari chelo, shz, felpz, boltz dan yel. Prestasi terbaru roster CS:GO saat ini adalah meraih juara 1 di ajang internasional ESL One : Road to Rio South America.

Divisi Hearthstone

Pada 10 maret 2018 nexok40 secara resmi bergabung menjadi anggota BOOM divisi Hearthstone hingga saat ini, menjadi anggota sendirian di divisi ini tidak menghambat prestasi dari nexok40 yang juga dipercaya sebagai pelatih tim nasional Heartstone Indonesia untuk SEA Games 2019.

Prestasinya adalah ketika berhasil meraih peringkat 4 di Heartstone elite series indonesia yang nantinya akan memberikan Novan tiket mengikuti master tour turnamen Heartstone yang diikuti sekitar 300 pemain dan memperebutkan total hadiah us$250 ribu.

DIVISI FIFA Online

Divisi FIFA adalah salah satu divisi awal BOOM dan masih eksis hingga sekarang. Saat ini divisi ini hanya memiliki 1 anggota yaitu KQB. Tim fifa online BOOM Esports melakukan debut pertamanya pada pertandingan EA Champions Cup (EACC) Spring 2018 yang diadakan di Thailand.

Divisi Auto chees

beranggotakan tunggal yaitu (ay) dalam rosternya, divisi ini resmi diumumkan pada 15 januari 2020. Dengan menguatnya  animo auto chess yang sedang tinggi ini tidak menutup kemungkinan akan terselenggaranya ekosistem esports berkelas nasional maupun internasional.

Divisi PUBG Mobile

Pertama kali diperkenalkan pada tanggal 10 agustus 2019. saat ini divisi pubg mobile BOOM memiliki tim khusus ladies. Divisi ini memiliki 2 tim yaitu BOOM esports dan BOOM siren. Roster boom esports saat ini adalah svafvel, ramones, voker, godinest dan ikyar. Rooster boom siren saat ini tony, nala, ara, saff dan riel.

Ikuti terus berita esports terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

[Guide] Dota 2 Bloodseeker: Skill, Item Build dan Gameplay

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!