Rere "Bredel" Bintoro Merawat Komunitas Game FPS di Tanah Air

Rere Bintoro

Perjalanan eSports di Indonesia tentu tak bisa dilepaskan dari scene kompetitif seperti turnamen, mulai dari level lokal (warnet), daerah, antar wilayah, nasional hingga internasional. Sederet game pernah mengisi panggung utama kompetisi besar di Tanah Air, yang mana kala itu masyarakat awam masih melihatnya sebatas lomba game semata. Meski demikian, sedikit demi sedikit, para player dan komunitas mulai merasa perlunya komitmen bermain game dan menjadi player secara profesional.

Muncul kemudian apa yang disebut team atau clan yang mewadahi dan menaungi mereka yang ingin serius menjadikan gaming sebagai karier. Bukan sekedar menjadi gamers tapi player profesional dengan rencana dan target yaitu prestasi.

rere bredel 1fb52

Pada kesempatan ini, Ligagame tertarik menelusuri sedikit jejak skena kompetitif dan komunitas sebuah game FPS yang pernah besar di game Point Blank.
Setelah mendapat sedikit info dari rekan dan kolega kami, Daniel M dan Momo Chan, Ligagame berhasil menghubungi Rere  "Bredel" Bintoro untuk ngobrol seputar komunitas gamer Point Blank dan juga game FPS lainnnya.

Rere "Bredel" Bintoro telah menjadi salah satu figur di dunia game FPS Indonesia. Selain masih aktif bermain, ia juga sering menjadi caster dan secara khusus merawat scene kompetitif untuk Point Blank, game online PC yang sempat sangat berjaya di awal dekade 2010-an. Berikut petikan wawancara kami.

Ligagame: Halo mas. Apa kabar, semoga baik dan sehat selalu. Sekarang Mas Rere masih aktif di PB, ya? Mungkin bisa share sedikit tentang kabar troopers PB yang masih aktif, player atau juga clan-nya?

Rere 'Bredel' Bintaro (RB): Iyes mas, aku pegang group komunitas yang bisa dibilang cukup besar.
Sejenis KBBD yang dipegang Mas Melon. Kalau saya sendiri nama groupnya "Kea6kan Bermain Point Blank". Tapi gak cuma di PB sih, aku memang esports enthusiast khususnya game FPS apapun itu, seperti Valorant, COD, Warzone atau CD:GO, dll.

 Ligagame: Oh iya, ada mas Melon juga, ya?
(RB): Oh, aku beda sama mas Melon, itu hanya sebagai contoh saja ada grup seperti KBBD, tapi aku tidak ada sangkut-pautnya dengan komunitasnya.

Ligagame: Mas Rere sekarang menetap di Bogor,ya?
RB): Beul.

Ligagame: Mungkin boleh berbagi info terkini seputar PB?
RB: Masih banyak player aktif dan Turnamen offline pun mulai ramai sekarang. Pendaftarnya pun tidak sedikit, bisa sampai 30-50 team untuk turnamen di warnet

Ligagame: Untuk game PB sendiri, apakah ada private server atau dari publisher/developer masih aktif?
RB: Kebetulan PB  Indo dipegang langsung oleh developer Zepetto Interactive.

Ligagame: Selanjutnya mau tanya juga, selain PB main game lain? FPS atau genre berbeda - MOBA atau battle royal?
RB: Aku main semua game, mas,. Kebetulan aku caster di PUBG PC dari 2018, dan terakhir di tahun ini ada event Asia Pacific PUBG selama 3 season nama eventnya PCS 1-3. Kalau MOBA aku mainin Mobile Legends dan sempat nge-cast di beberapa event juga.

Ligagame: Kebetulan dulu ketika di tahun 2010-12 reporter kami juga meliput PBNC 2 dan PBIC di Bandung :-)
RB: Ooo , ya pas Indonesia menang di Bandung di event PBIC team FPF Real.

Ligagame: Nah, jadi penasaran juga, apakah clan lama seperti Frankeinstein, ARK, XCN masih ada? Atau kalau yang terkini, clan apakah yang aktif dan berprestasi?
RB: FPF dan ARK masih aktif di komunitas clan dan kebetulan baru comeback lagi di tahun 2019. Bahkan Jinxpro Amanda juga kembali bermain setelah vakum lama. Kalau XCN tahun ini ngebubarin teamnya yaitu dari team Xgate.

BACA JUGA: NXLG Free Fire Lolos ke Grand Final UPoint Esports Competitive Series 2020.

Ligagame: Oh, oke. Lanjut kalau soal tourney, apakah di-support oleh developer atau ada juga yang independen?
RB: Turney rutin selalu di adakan pihak developer.  Di tahun 2019 PBNC mengganti nama menjadi PBIQ (Point Blank Indonesia Qualifier ) season 1 di awal tahun Fan Season 2 di akhir tahun.
Sebelumnya ada PBGC di awal tahun dan PBNC di akhir tahun. Awal tahun pemenang berhak mengikuti PBWC (world challenge ) dan untuk akhir tahun pemenang mendapatkan slot ke PBIC kalau Indonesia jadi tuan rumah mendapat 2 slot.
Untuk turnamen warnet ya memang kalau saja tidak ada COVID 19 pasti selalu ada setiap minggu tanpa putus di seluruh warnet Indonesia, terutama di Jabodetabek pasti banyak sekali.

Rere Bredel Bintoro b78fd

Ligagame: Wah, iya, menarik, ya. Mungkin warnet Ritter, Dilo, Sierra, Xenos atau warnet top lain?
RB: Wahahaha,.... Nama-nama warnet legend semua itu. Sudah jarang support warnet-warnet seperti itu. Kalau di Bandung sekarang lebih ke warnet Trapesium dan MOD.

Ligagame: Jadi bisa dibilang, komunitas PB turut mendorong keberlangsungan warnet ya, mas?
RB: Betul banget, sangat membantu bahkan, tapi di era sekarang ya hampir kalah pamor sama game-game baru, tapi tetep user PB bisa dibilang masih tergolong paling banyak.

Ligagame: Wah, artinya memang masih sangat aktif ya mas, scene kompetitifnya? 
RB: Yap, tapi team esportsnya sudah hilang semua seperti RRQ, Alterego dll.  Hanya menyisakan The Prime di tahun ini. Semua kembali seperti dulu.  Nama tim dengan nama komunitas clan dan sponsor warnet. Dan beberapa nama "bos-bos" PB yang terus support secara individual.

Ligagame: Oh iya, kalau 50 team biasa/rutin ikutan, artinya sdh 250 player ya?
RB: Yes betul, karena saya juga pegang warnet di area Bogor jadi setiap turnamen PB pasti antusiasnya rame banget dibanding game-game lain.

Ligagame: Ini benar2 menarik! Nah, soal game-game baru, mas Rere apakah juga mencoba?
RB: Game apa aja tuh, Valorant, Cyberpunk, Warzone atau apa?

Ligagame: Nah, iya sepertinya Valorant cukup mendekati dan mirip CS?
RB: Saya juga main Valorant, bahkan hampir setiap hari.

Ligagame: Tapi, mas Rere mmg penggemar/main semua game shooting?
RB: Yes betul, sedari dulu, jaman 2006 cs 1.6 pun main juga.

Ligagame: Jadi untuk komunitas FPS, networknya masih sangat kuat ya, mas?
RB: Yes walaupun viewernya jauh dari mobile game di setiap turnya. Makanya banyak vendor lebih memilih ke tour-tour mobile.

valorant turnamen d23de

Ligagame: Nah, kalau untuk touney Valorant? 
RB: Banyak mas, turney AVG juga ada dan kebetulan aku salah satu shoutcaster event besar pertama Valorant yaitu event Valorant Invitational SEA bareng Momochan dan Om  Wawa.

Ligagame: Ohya, kita boleh/diijinkan untuk nanti jadi artikel boleh ya mas?
RB: Monggo. Asal tidak ada kata menjatuhkan atau membandingkan game lain ya, mas.
Ligagame: Baik. Terima kasih atas waktu dan bincang-bincangnya, mas. 

Ligagame mengucapkan terima kasih kepada Rere Bintoro atas waktu dan kesempatan ngobrol  yang menyenangkan  seputar scene game FPS.  Berharap dan yakin bahwasannya masih banyak figur yang betul-betul berdedikasi merawat komunitas dan menginspirasi  dunia esports di Indonesia, sesuai kemampuan dan kapasitas masing-masing, termasuk tunas-tunas muda yang akan tumbuh kemudian. 

Ikuti terus berita esports terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya: BOOM Esports Juara Valorant Ligagame Invitational Indonesia

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!